skip to Main Content
Ketahui 6 Prinsip Psikologi Marketing Untuk Menarik Perhatian Konsumen

Ketahui 6 Prinsip Psikologi Marketing untuk Menarik Perhatian Konsumen

Seorang pemasar bukan hanya bertugas menjual produk semata. Ia harus mampu memahami bagaimana orang lain berpikir dan bertindak. Itulah mengapa Anda perlu menguasai psikologi marketing.

Psikologi marketing membantu Anda memahami motif apa saja yang berpengaruh pada emosi dan tindakan konsumen ketika berhadapan dengan suatu produk. Cara Anda memasarkan produk itu penting, sehingga dapat menarik konsumen untuk mengenal dan mendorongnya bertindak membeli produk.

Untuk itu, Anda bisa menerapkan 6 prinsip psikologi marketing berikut :

Prinsip priming

Menarik Konsumen

Saat terpapar satu stimulus, maka cara Anda merespons akan dipengaruhi oleh stimulus tersebut. Dengan kata lain, bagaimana suatu warna, benda, simbol, atau hal lain yang dilihat konsumen langsung mengingatkan mereka pada produk Anda. Praktikkan prinsip ini dengan memaparkan informasi produk secara berulang di website atau buat sesuatu yang mencolok tetapi sederhana agar tertanam dalam benak konsumen.

Prinsip timbal balik

Menarik Konsumen

Anda ingin konsumen mengambil tindakan pada produk, maka Anda harus menawarkan kelebihan pada mereka. Penawaran menarik seperti promo dan potongan harga adalah penerapan prinsip timbal balik. Bahkan, sentuhan personal kepada konsumen, misalnya thank you note atau member card, bisa membuat konsumen kembali belanja di toko Anda.

Prinsip decoy effect

Menarik Konsumen

Ketika satu titik harga sengaja diselipkan supaya konsumen tertarik membeli produk berharga lebih mahal disebut prinsip decoy effect. Anda dapat menerapkan trik ini guna mendorong konsumen belanja lebih banyak. Sebagai contoh, di sebuah toko online harga satu buah kaos Rp55.000. Jika konsumen membeli dua kaos, totalnya adalah Rp110.000. Namun, Anda memberi opsi tambahan, yaitu beli tiga kaos cukup bayar Rp150.000 saja. Kira-kira mana yang akan dipilih konsumen? Tentu saja opsi ketiga!

Prinsip social proof

Menarik Konsumen

Mengapa Anda perlu mencantumkan testimoni atau review pelanggan? Hal ini berdasar pada prinsip social proof. Seseorang dapat mengadopsi atau menaruh rasa percaya pada pihak-pihak yang disukai, dipercayai, dan diikuti. Testimoni orang terdekat, artis, atau influencer terhadap produk Anda nyatanya mampu mempengaruhi konsumen lain untuk membeli produk tersebut.

Prinsip kelangkaan

Prinsip ini berdasarkan pada hukum penawaran dan permintaan. Ketika peluang atau produk menurun, nilai suatu barang justru meninggi. Kelangkaan produk mendorong konsumen untuk segera membeli produk. Anda dapat menjual konsep kelangkaan dengan membangun persepsi konsumen tidak akan memperoleh produk serupa di masa mendatang. Bahkan, memiliki produk eksklusif atau limited edition menjadi sebuah prestise bagi konsumen kalangan tertentu.

Fenomena Baader-Meinhof

Menarik Konsumen

Fenomena ini berkaitan erat dengan marketing automation. Ketika Anda mengenal suatu produk, tampak seolah produk itu muncul di mana pun Anda saat itu. Secara digital, algoritma internet membuat laman produk yang sudah pernah Anda akses, terus muncul dalam bentuk iklan setiap Anda membuka browser. Anda pun menyangka ini sebagai sesuatu yang kebetulan, sehingga tercetus pemikiran bahwa sudah waktunya membeli produk itu.

 

Keenam prinsip psikologi marketing di atas bisa Anda terapkan untuk menarik konsumen. Cari mana formula yang sesuai dengan produk dan rumuskan sesuai strategi pemasaran bisnis Anda. Di sisi lain, Anda juga perlu menerapkan pengelolaan bisnis secara efektif dan efisien, khususnya dari segi pembukuan.

Memilih Accurate Online, software akuntansi berbasis cloud, akan membantu Anda mencatat seluruh proses bisnis secara mudah, praktis, dan cermat. Supaya tidak penasaran, Anda bisa mencoba program gratis trial 30 hari untuk merasakan sendiri manfaat software akuntansi online pilihan lebih dari 10.000 UMKM dan perusahaan di seluruh Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top