skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

Keuntungan dan Manfaat yang Bisa Didapatkan dengan Menerapkan Digital Payment

Kebanyakan bisnis pada umumnya menganggap kegiatan transaksi hanya suatu bagian dari pembayaran konsumen saja. Namun dengan berkembangnya teknologi saat ini, digital payment atau pembayaran digital elektronik mampu memberikan peluang untuk tumbuh bagi para pebisnis, jadi lebih dari sekedar titik transaksi saja. Karena perkembangan dalam hal teknis terus dilakukan, pembayaran yang dilakukan secara elektronik pun terus mengalami perubahan. Salah satunya adalah saat ini kita sudah bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kode QRIS.

Pembayaran elektronik atau digital payment ini mampu menawarkan keamanan, kemudahan, serta kecepatan dalam hal melakukan transaksi. Tapi, beberapa pebisnis masih belum ada yang menerima pembayaran elektronik. Padahal ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan dengan menerapkan digital payment.

Manfaat Menerapkan Digital Payment

1. Pembayaran Instan

Bila kita bandingkan dengan metode pembayaran tradisional seperti tunai ataupun cek, proses pembayaran dengan digital payment jauh lebih cepat. Di dalamnya tidak berlaku batasan waktu dan lokasi dalam hal melakukan pembayaran online. Setiap konsumen bisa melakukan pembayaran kapan saja dan dari mana saja.

2. Keamanan yang Lebih Baik

Sistem pembayaran elektronik mampu menawarkan berbagai macam cara agar bisa meningkatkan sistem keamanan dalam bertransaksi. Contohnya, bila ada gerai ataupun merchant yang mampu menerima pembayaran dengan menggunakan QRIS, maka para konsumen sudah tidak perlu lagi menggunakan kartu kreditnya untuk melakukan transaksi. Para konsumen hanya harus melakukan pemindaian kode dengan menggunakan perangkat smartphonenya dan kegiatan transaksi pun bisa diselesaikan. Selain itu, keamanan informasi terkait data bank milik konsumen juga akan terjaga dengan aman.

Selain lebih aman, digital payment juga mampu menawarkan keamanan yang ekstra untuk para pebisnis. Hal ini berbeda dengan uang tunai yang disimpan di dalam laci kasir. Petugas kasir hanya perlu melakukan dokumentasi receipt dari setiap transaksi yang menggunakan digital payment. Risiko adanya kehilangan ataupun pencurian yang di meja kasir pun akan menurun. Setiap data kegiatan transaksi juga akan tercatat secara akurat dan otomatis pada aplikasi POS, Anda bisa melakukan pemeriksaan kesesuaiannya dengan menggunakan receipt.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan banyaknya pilihan cara pembayaran, maka konsumen akan lebih leluasa dan juga nyaman dalam melakukan transaksi. Mereka bisa bebas dalam memilih cara pembayaran yang dianggap paling aman serta menguntungkan. Seperti yang sudah kita ketahui bersama pula, saat ini sudah banyak sistem digital payment yang memberikan penawaran harga tertentu. Cara ini secara tidak langsung mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, Anda juga sudah berada dalam upaya membangun basis pelanggan yang loyal tanpa Anda sadari.

4. Menghemat Processing Cost dan Lebih Transparan

Jika Anda tertarik untuk menyediakan suatu layanan pembayaran tertentu, Anda hanya harus melakukan kerja sama dengan pihak bank agar menginstall mesin EDC. Tapi, ada beberapa biaya yang harus Anda keluarkan terkait dengan menggunakan mesin EDC. Nominal biaya tersebut tergantung dari kebijakan setiap bank. Anda kemungkinan akan dikenakan biaya install di awal dan akan dikenakan biaya admin per kegiatan transaksi. Bila dihitung secara keseluruhan, maka total processing cost yang harus ditanggung oleh perusahaan akan cukup besar. Tapi jika Anda menggunakan sistem digital payment dengan penyedia layanan khusus, seperti e-money, maka biaya proses tersebut akan cenderung lebih murah. Lalu, setiap data transaksi pembayaran digital payment juga cenderung lebih transparan. Seperti yang sudah kita pahami bersama, bahwa transparansi adalah suatu hal yang sangat penting. Hal ini bisa terus Anda dapatkan bila menggunakan digital payment.

5. Minim Kontak

Di kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang, banyak orang yang mencari cara agar bisa meminimalisir kontak dengan siapapun. Tujuannya adalah agar bisa mencegah diri dari infeksi virus Covid-19. Untuk itu, kegiatan transaksi yang minim kontak akan sangat diperlukan. Dengan menyediakan cara pembayaran yang minim kontak, maka Anda bisa menjamin keamanan dan kenyamanan setiap konsumen. Nah, caranya adalah dengan menyediakan QR Codes yang bisa di scan dengan menggunakan perangkat smartphone konsumen. Sehingga, proses pembayaran akan bisa diselesaikan tanpa adanya kontak sama sekali antara pihak konsumen dan juga pihak staf.

Kesimpulan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penggunaan uang tunai dalam melakukan berbagai kegiatan pembayaran sudah mulai ditinggalkan perlahan-lahan, terutama sejak digital payment sudah menjadi bagian yang penting dan terintegrasi dengan pasar. Itu artinya, setiap UMKM sudah harus mulai menggunakan metode pembayaran bila bisnisnya ingin bertahan. Saat ini, sistem pembayaran elektronik tidak hanya memiliki fungsi sebagai media transaksi saja, tapi juga dianggap nilai yang penting untuk konsumen.

Selain itu, digital payment juga lebih menghemat waktu dan juga biaya. Belum lagi Anda juga bisa merasakan keamanan yang meningkat. Kegiatan transaksi juga bisa dilakukan secara cepat, dan seluruh keuntungan lain karena menerapkan cara pembayaran digital payment. Nah, software point of sales (POS) saat ini sudah banyak yang mampu memfalisitasi digital payment, salah satunya adalah Accurate POS. Dengan aplikasi ini, seluruh pembayaran baik itu tunai ataupun digital, akan tercatat secara otomatis di dalam laporan keuangan Anda. Kenapa? karena Accurate POS sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, cukup dengan berlangganan Accurate Online, maka Anda bisa menggunakan Accurate POS secara gratis untuk satu database per satu outlet.

×