skip to Main Content
Konsep Manajemen Keuangan Perusahaan, Seperti Apa Prinsipnya?

Konsep Manajemen Keuangan Perusahaan, Seperti Apa Prinsipnya?

Seiring berkembangnya bisnis Anda, pastinya perusahaan membutuhkan sebuah sistem yang solid agar bisa terus berkembang. Salah satu yang terpenting adalah memiliki manajemen keuangan perusahaan yang baik. Sebelumnya, Anda harus mengenali konsep dasar dari pengelolaan keuangan itu sendiri.

Tiga Konsep Dasar Pengelolaan Uang Perusahaan

Manajemen Keuangan Perusahaan

Terdapat tiga konsep penting dalam pelaksanaan manajemen keuangan:

1.     Sumber Dana

Manajemen keuangan mengatur dari mana sumber dana perusahaan akan didapat. Ini juga termasuk perolehan dana dari internal dan eksternal, serta merencanakan sumber keuntungan perusahaan.

2.     Pemakaian Dana

Konsep ini mengatur tentang bagaimana sebuah perusahaan menggunakan dana yang sudah didapat. Pemakaian dana meliputi biaya operasional, biaya produksi, serta beban modal atau mengubahnya menjadi aset.

3.     Pengelolaan Aset

Sebagian dana yang sudah diubah menjadi aset harus dikelola sehingga bisa bermanfaat atau mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Efektivitas dan efisiensi pengelolaan sangat penting dalam konsep ini.

Bagaimana Prinsipnya?

Manajemen Keuangan Perusahaan

Dari ketiga konsep dasar tersebut, fungsi dan tugas manajemen keuangan memiliki cakupan yang cukup luas. Setidaknya, ada 6 prinsip dasar yang harus dijalani oleh sebuah divisi keuangan di perusahaan:

·         Konsistensi

Setiap kebijakan harus dibuat dan dilaksanakan secara konsisten. Jika diperlukan perubahan, maka harus dilakukan dengan pertimbangan matang terkait kepentingan perusahaan dan setiap perangkatnya.

·         Transparansi

Setiap pencatatan keuangan nantinya harus dituangkan dalam laporan yang jelas, lugas, dan transparan. Pengambilan keputusan juga harus dilakukan secara terbuka agar tidak ada peluang manipulasi keuangan.

·         Akuntabilitas

Akuntabilitas adalah tanggung jawab hukum dan moral perusahaan untuk melaksanakan pengelolaan keuangan yang baik. Perusahaan juga harus memiliki batas yang jelas antara hak dan kewajiban setiap elemennya.

·         Integritas

Setiap elemen harus memiliki integritas yang tinggi dalam menjalani kewajibannya di perusahaan. Hal ini berarti melaksanakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya dan memberikan laporan atas hasil pekerjannya.

·         Kelangsungan Hidup

Pelaksanaan pengelolaan keuangan perusahaan wajib mempertimbangkan kelangsungan hidup perusahaan. Caranya adalah dengan menyeimbangkan pengeluaran dan pemasukan yang didapat.

·         Kaidah Akuntansi

Pencatatan dan pelaporan harus menggunakan sistem akuntansi yang sesuai dan berlaku di negara tempat perusahaan berada.

Pemanfaatan Teknologi dalam Penerapan Manajemen Keuangan Perusahaan

Manajemen Keuangan Perusahaan

Selain mencari tim yang solid untuk berada di divisi keuangan perusahaan Anda, sebaiknya pertimbangkan juga untuk menggunakan teknologi dalam pelaksanaannya. Misalnya saja dengan menggunakan aplikasi pembukuan Accurate Lite, sebuah sistem akuntansi terkini bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

Berbasis komputasi cloud, Accurate Lite dapat menangani pencatatan penjualan hingga pelaporaan keuangan perusahaan Anda. Selain itu, aplikasi pembukuan Accurate Lite ini juga bisa membantu Anda mencatat utang dan piutang yang ada pada perusahaan. Cara penggunaan yang sederhana akan mempermudah proses pengelolaan keuangan Anda.

Tentu saja, manajemen keuangan perusahaan yang baik akan mempercepat perkembangan perusahaan Anda. Tertarik untuk mulai menggunakan Accurate Lite? Pelajari lebih lanjut di laman ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top