logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

5 Tips Manajemen Keuangan agar Sukses Menjalankan UMKM

ABC Palem > Accurate Online  > 5 Tips Manajemen Keuangan agar Sukses Menjalankan UMKM
Accurate Online

5 Tips Manajemen Keuangan agar Sukses Menjalankan UMKM

Manajemen finansial yang baik adalah kunci utama menuju kesuksesan berbisnis. Pembukuan yang rapi bisa menjadi semacam penopangagar usaha tetap bisa bertahan di tengah kondisi ekonomi yang fluktuatif.

Nah, bagi Anda yang ingin sukses di bidang UMKM, tips-tips manajemen keuangan berikut mungkin bisa menjadi panduan—salah satunya menggunakan software Accurate Online.

 

  1. Financial Planning yang Jelas

Accurate Online

ABC Palem

 

Syarat utama dari manajemen keuangan yang efisien adalah adanya rencana keuangan yang jelas. Financial planning akan membantu Anda memantau arus keuangan perusahaan. Anda pun dapat mengetahui aliran dana masuk dan keluar secara jelas sehingga risiko kebocoran finansial dapat dihindari sebaik mungkin.

 

  1. Jangan Campur Aset Pribadi dengan Bisnis

 

Accurate Online

Dictio.id

 

Salah satu penyebab umum kolapsnya bisnis adalah keteledoran pemilik mencampurkan dana pribadi dengan bisnis. Meski terkesan sepele, hal ini ternyata punya dampak yang buruk bagi kehidupan usaha, lho.

Campur aduk aset pribadi dan bisnis akan membuat Anda semakin permisif menggunakan dana usaha untuk keperluan pribadi. Akhirnya, arus finansial bisnis pun terganggu. Selain itu, rasio laba investasi juga akan semakin sulit dihitung.

 

  1. Tidak Menunggak Utang

 

Accurate Online

Muslim.or

 

Utang-piutang dalam bisnis adalah sesuatu yang sangat wajar. Utang bisa berupa invoice pembelian produk tertentu atau modal untuk mengembangkan usaha. Segera lunasi kewajiban membayar utang usaha yang Anda miliki. Jangan biasakan menunggak agar operasional bisnis semakin lancar.

 

  1. Ada Dana Cadangan

 

Accurate Online

ABC Palem

 

Jika UMKM yang Anda kelola mendapat keuntungan dalam jumlah besar, lebih baik poskan sekian persen untuk dijadikan dana cadangan. Dana cadangan ini sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu bisnis terjebak masalah keuangan atau ketika Anda ingin mengembangkan usaha—yang tentu perlu modal yang lebih besar lagi.

 

  1. Pakai Software Akuntansi

Accurate Online

ABC Palem

 

Untuk membantu kerapian pembukuan dan keuangan perusahaan, gunakan software akuntansi seperti Accurate Online. Teknologi canggih berbasis cloud ini siap membantu kelancaran operasional bisnis Anda dengan beragam fitur yang bermanfaat, antara lain:

 

  • Live Dashboard

Live Dashboard memungkinkan Anda untuk memantau kondisi keuangan perusahaan secara real time, seperti nilai laba/rugi, tahun berjalan, berapa besar utang/piutang perusahaan, ketersediaan kas, produk terlaris, dan lain-lain.

 

  • Faktur Profesional

Tak perlu pusing dengan kegiatan membuat faktur bisnis, karena Accurate Online sudah menyiapkan template-nya untuk Anda. E-faktur ini dilengkapi dengan Customer Statement, Reminder Piutang, dan Laporan Faktur Belum Lunas.

 

  • Pencatatan Beban

Software ini memungkinkan Anda untuk melacak pengeluaran dengan rapi dan mudah lewat fitur Pencatatan Beban. Bisnis pun lebih teratur dan bebas dari pengeluaran tak jelas.

 

Tentu diperlukan kecermatan dalam mengatur keuangan perusahaan. Bagi pebisnis yang tertarik menggunakan software Accurate Online, silakan kunjungi website ABC Palem, dan selamat membenahi manajemen finansial bisnis Anda!

Admin
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website