fbpx
skip to Main Content
Ini 7 Manfaat Accurate Bagi Usaha Bisnis Anda

Ini 7 Manfaat Accurate bagi Usaha Bisnis Anda

Laporan keuangan jelas dibutuhkan oleh perusahaan besar maupun UKM (Usaha Kecil Menengah), termasuk bisnis skala kecil. Laporan keuangan UKM ini tercantum dalam SAK ETAP, Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik dari Ikatan Akuntan Indonesia.

Nah, lalu apa yang dimaksud dengan Program Accurate dan yang bisa dihasilkan program ini, sehingga bisa memberikan manfaat yang begitu besar bagi bisnis Anda? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Program Accurate sebagai Software Akuntansi

accurate

Sofware Accurate adalah Software Akuntansi paket yang dikembangkan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera sejak tahun 2000. Program ini telah sukses menarik perhatian para pemilik bisnis di Indonesia dengan prinsip dasar 3M yaitu Murah, Massal, dan ber-Manfaat. Terbukti lebih dari 300 ribu perusahaan telah menggunakan Software Accurate ini hingga akhir tahun 2017.

Selain digunakan oleh banyak perusahaan, program Accurate juga dipakai oleh universitas sebagai kurikulum Praktikum Lab Komputer Akuntansi. Apalagi di tahun 2017 lalu, Software Accurate ini telah mendapatkan penghargaan sebagai Top Brand Awards.

Terdapat dua jenis Software Accurate yang bisa dipilih sesuai kebutuhan perusahaan, terutama untuk pembukuan back office, yaitu:

  • Accurate Desktop, khusus untuk perusahaan yang memiliki satu kantor usaha dengan seluruh kegiatan tersentral, sebaiknya menggunakan Software Accurate Desktop.
  • Accurate Online, untuk perusahaan yang memiliki banyak cabang bisa memilih Accurate Online agar memudahkan memantau semua aktivitas perusahaan.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya, tentunya Anda ingin mengetahui perkembangan terkait Software Accurate ini.

  1. Accurate 2000, menjadi yang pertama kali dirilis pada tahun 2000 berbentuk sebuah Software Buku Besar atau General Ledger.
  2. Accurate Versi 2, adalah perkembangan Accurate 2000 yang ditambahkan modul inventory.
  3. Accurate Versi 3, hadir pada tahun 2003 dan memiliki modul yang lebih lengkap yaitu Buku Besar, Kas Bank, Inventory, Sales, Purchase, Project, dan Manufaktur.
  4. Accurate Versi 4, hadir dengan penyesuaian dan penambahan fitur unggulan sesuai kebutuhan UKM.
  5. Accurate Versi 5, hadir pada tahun 2015 dengan penyempurnaan fitur Ekspor ke E-Faktur sesuai kebutuhan UKM.
  6. Accurate Versi Online, hadir pada tahun 2016 untuk memenuhi kebutuhan pencatatan yang lebih luas dan mobilitas tinggi.

Nah, setelah mengetahui perkembangan Sofware Accurate, inilah fitur-fitur yang dimilikinya.

Fitur-Fitur yang dimiliki oleh Software Accurate 5

accurate

  1. Fitur Export Import (untuk Requisition, Item Transfer, PO, RI), Eksport ke E-faktur, Eksport ke E-PPh23 NEW FEATURE.
  • Fitur Export Import Transaction yang terdapat pada Software Akuntansi Accurate ini berfungsi untuk mengambil transaksi pada sebuah database dan memasukkannya pada database lain. Dengan demikian, melibatkan 2 database berbeda untuk menggabungkannya dalam satu database.
  1. Modul Pembelian (Purchase Module).
  • Modul ini terdiri dari Formulir Permintaan Pembelian, Formulir Pesanan Pembelian, Formulir Penerimaan Barang, Formulir Faktur Pembelian, Formulir Retur Pembelian, Formulir Pembayaran Pembelian atau Pembayaran Hutang.
  1. Modul Penjualan (Sales Module).
  • Modul Penawaran Penjualan, Modul Pesanan Penjualan, Surat Jalan, Modul Pengiriman Pesanan, Faktur Penjualan, Penerimaan Penjualan, Retur Penjualan.
  1. Modul Buku Besar (General Ledger).
  • Daftar akun untuk mendaftarkan akun yang digunakan dalam transaksi, Daftar Mata Uang, Info Perusahaan, Formulir Jurnal Umum, Proses Akhir Bulan, Laporan Keuangan.
  1. Modul Persediaan (Inventory).
  • Barang dan Jasa,, Formulir Penyesuaian Persediaan, Formulir Pembiayaan Pesanan, Daftar Gudang, Grup Barang, Penyesuaian Harga Jual Barang, Pindah Barang.
  • Metode perhitungan persediaan ini bisa dipilih FIFO (First in First Out) atau Rata- rata (Average). Sedangkan untuk Inventory Control tersedia Serial Number dengan Unique Number atau Batch Number beserta informasi Tanggal Kadaluarsanya.
  1. Modul Aktiva Tetap (Fixed Asset).
  • Formulir Aktiva Tetap Baru, Tipe Aktiva Tetap Pajak, Tipe Aktiva Tetap, dan Aktiva Tetap.
  1. Modul Kas atau Bank.
  • Formulir Pembayaran Lain, Formulir Penerimaan Lain, Buku Bank, Formulir Rekonsiliasi Bank.
  1. Modul Pembiayaan Pesanan (Job Costing).
  • Digunakan untuk industri rumah tangga yang mengeluarkan persediaan bahan A, B, dan C + Biaya menjadi barang X atau menjadi barang X,Y,Z, atau bisa dibiayakan untuk pemakaian sendiri.
  1. Modul RMA (Return Merchandise Authorization Module).
  • Formulir RMA dan Formulir RMA Action.

Fitur-fitur umum ini tentunya sudah dipastikan bisa dipakai oleh perusahaan di Indonesia, karena sudah didesain sedemikian rupa terkait fungsinya sebagai software akuntansi.

Oleh karenanya Software Accurate ini tidak bisa dilakukan perubahan pada modul softwarenya. Yang bisa dimodifikasi hanyalah tampilan print out beserta informasi laporan sesuai field program yang ada di dalamnya.

Sedangkan Software Accurate ini bisa dilakukan upgrade seperti halnya Software Windows. Namun, tentu saja ini tergantung pada Anda sebagai pengguna. Meskipun sudah ada Accurate versi 5, tetapi jika Anda menggunakan Accurate versi 4 tidak ada masalah sejauh masih memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Jika ingin melakukan upgrade, pengguna bisa membeli versi terbaru. Namun, jika hanya membutuhkan tambahan fitur kecil bisa melakukan upgrade minor yang masih dalam satu versi. Sebagai contoh dari versi 5.0.1.0989 menjadi versi 5.1.8.8987 yang bersifat gratis dan dapat diunduh langsung dari situs ACCURATE.

7 Manfaat Accurate bagi Manajemen Keuangan Usaha Bisnis

accurate

Nah, jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan Software Accurate ini, sebelum memahami manfaat yang akan diperoleh bagi manajemen keuangan, perlu diketahui kelebihan dari program ini.

  • Sesuai PSAK dan Perpajakan Indonesia.

Berhubung program Accurate adalah karya anak bangsa, tentunya program ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan sesuai PSAK dan perpajakan Indonesia. Ini meliputi baik Accurate versi awal hingga versi terakhir, apalagi versi Accurate online yang jauh lebih memudahkan.

  • User Friendly

Pengguna umum bisa memakai program ini, tidak perlu harus orang yang memahami akuntansi. Bahkan pemula pun bisa menggunakan program Accurate ini dengan mudah.

  • Sudah Teruji

Pengguna program yang dirilis sejak tahun 1998 ini telah mencapai lebih dari 100 ribu perusahaan dalam berbagai jenis dan skala. Terlebih program Accurate ini juga banyak digunakan oleh para konsultan bisnis. Oleh karenanya, cukup membuktikan bahwa program Accurate sudah teruji.

  • Tidak Membutuhkan Biaya Pemeliharaan Software

Program Accurate ini tidak membutuhkan biaya pemeliharaan. Dengan demikian, Anda hanya mengeluarkan uang pada saat melakukan pembelian di awal saja. Selanjutnya, pun masih bisa melakukan chat dengan support accurate.

  • Mampu membuat Database Sebanyak Mungkin

Accurate ini mampu membuat database dalam jumlah banyak, sehingga jika Anda memiliki beberapa usaha bisnis tidak perlu lagi membeli program baru.

Ini 7 Manfaat yang Bisa Diberikan oleh Accurate bagi Bisnis Anda

accurate

Akuntansi merupakan sebuah seni mengukur, mengkomunikasikan, serta menginterpretasi keuangan bisnis Anda. Dilihat dari fungsi akuntansi tersebut, software akuntansi jelas sangat penting untuk mendukung dan memperlancar pengolahan laporan keuangan perusahaan.

  1. Memudahkan proses pengerjaan laporan keuangan dalam waktu yang singkat.
  2. Lebih efektif karena dapat menghindarkan kesalahan perhitungan seperti yang sering terjadi jika menggunakan proses manual.
  3. Jika terjadi kesalahan input, Anda tidak perlu mengubahnya dari awal melainkan hanya perlu memperbaiknya saja.
  4. Meningkatkan efisiensi pekerjaan mengolah laporan keuangan.
  5. Mengotomatisasikan seluruh proses sehingga Anda tinggal menginput data atau transaksi.
  6. Membantu Anda dalam proses pengambilan keputusan bisnis dengan tepat menggunakan data yang disajikan secara akurat.
  7. Mengetahui kondisi bisnis secara real time.

Nah, dari manfaat tersebut tentu sudah saatnya usaha bisnis Anda beralih menggunakan Software Accurate. Dengan menggantikan pekerjaan manual, akan dapat memudahkan pekerjaan, sekaligus mengembangkan usaha bisnis Anda. Selain itu, data Anda juga dapat lebih aman tersimpan dalam server.

Penggunaan Software Accurate termasuk Pembayaran Pajak Online

accurate

Lalu apa yang bisa dilakukan oleh Software Akuntansi ini bagi bisnis Anda terkait aktivitas pada perusahaan Anda? Inilah yang bisa dihasilkan dari penggunaan Software Accurate, yang bisa Anda unduh untuk trial selama 3 bulan. Dengan teknologi berbasis cloud akan memudahkan Anda untuk mengontrol data kapan saja dan di mana saja selama Anda masih terhubung dengan koneksi internet.

  • Neraca (Balance Sheet).
  • Laporan Laba Rugi ( Profit/Loss).
  • Neraca Saldo (Trial Balance).
  • Cash Flow.
  • Laporan Piutang dan Umur Piutang.
  • Laporan Persediaan dan Laporan Gudang.
  • Laporan Buku Besar dan Jurnal.
  • Laporan Penjualan, Pembelian, Mutasi kas atau Bank, Petty cash.
  • Laporan Pajak (Modul Ekspor ke E-faktur). E-faktur merupakan aplikasi untuk membuat faktur pajak elektronik atau bukti pungutan PPN secara elektronik yang saat ini telah diberlakukan oleh Dirjen Pajak. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, serta keamanan bagi para pemilik perusahaan, terkait kewajiban perpajakan dalam hal ini untuk membuat faktur pajak.

Inilah daftar dan penjelasan lebih detailnya:

  1. Aktivitas Pembelian Barang dan Jasa seperti membuat dan mencetak PO, membuat surat penerimaan barang, faktur pembelian untuk mencatat hutang usaha serta PPN-nya bila ada, mencatat pembayaran utang pada vendor baik melalui transfer bank, cash, atau melalui cek dan giro, serta membuat retur pembelian dan mencetak notanya.
  2. Aktivitas Penjualan Barang dan Jasa, misalnya membuat Surat Penawaran, Surat Pesanan (SO), Surat Jalan (Delivery Order), Mencatat Sales Invoice, Penerimaan Pembayaran serta Retur Penjualan jika ada.
  3. Aktivitas Finance atau Cash dan Bank terkait operasional perusahaan, seperti mencatat Pembayaran Beban Pajak, pengeluaran dari Petty Cash atau bank untuk biaya operasional perusahaan, seperti perjalanan dinas dan ATK, serta biaya operasional bulanan.
  4. Aktivitas Jurnal Umum, seperti untuk mencatat jurnal gaji, mutasi antar kas atau bank, serta jurnal penyesuaian.
  5. Aktivitas Inventory atau Gudang bagi Perusahaan Dagang atau Manufaktur, terkait modul pembelian dan penjualan, penyesuaian barang, surat jalan internal, penyesuaian harga jual barang dan jasa.
  6. Mampu membaca barcode barang melalui Scanner meski tidak bisa mencetak barcode produk tersebut.

Cara Mudah Menggunakan Accurate bagi Pemula

accurate

Bagi pemula tidak perlu merasa khawatir jika akan menggunakan Software Accurate ini. Pasalnya setiap orang termasuk Anda yang tidak memahami masalah akuntansi, bisa membuat perhitungan, melakukan penjurnalan, posting, dan membuat laporan keuangan.

Semua itu bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan bantuan Software Accurate ini. Anda tinggal melakukan input transaksi sehari-hari di perusahaan, lalu laporan keuangan akan terupdate secara otomatis saat itu juga.

Perusahaan yang Menggunakan Software Accurate termasuk untuk Persediaan Barang

accurate

Banyak perusahaan dari berbagai jenis dan skala telah menggunakan Sofware Accurate seperti perusahaan trading, jasa, kontraktor, dan pabrikasi atau manufakturing. Apalagi perusahaan besar yang memiliki persediaan barang dan cabang di mana-mana, tentu membutuhkan Software Accurate.

Hal ini disebabkan data keuangannya lebih rumit, sehingga tidak cukup untuk menggunakan jasa akuntan untuk membuat laporan keuangan. Oleh karenanya, perusahaan besar biasanya menggunakan Accurate Versi 5 karena mengusung fitur EABT, yaitu Exclusive Access for Branch Office Transaction. EABT dapat mengelola laporan keuangan perusahaan dari berbagai cabang dengan satu database.

Nah, inilah kelebihan Accurate Versi 5 yang memiliki performa andal.

  • Multi Database. Pengguna dapat memasukkan data dari semua transaksi dari setiap cabang perusahaan tersebut. Dengan demikian, Anda bisa melakukan transaksi meski tidak berada di cabang perusahaan tersebut.
  • Fitur E-Faktur, yang memungkinkan pengguna membuat faktur secara online dan data dirancang memakai program dan disimpan dalam format Excel, selain format CSV. Jadi pembuatan laporan menjadi lebih mudah.
  • Lebih Akurat. Seperti versi-versi sebelumnya, hitungan akuntansi untuk perusahaan jasa versi 5 ini juga lebih akurat. Ini karena Accurate 5 unggul dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan jasa.
  • Kustomisasi financial statement. Dengan adanya kustomasi financial statement, akan lebih menguntungkan saat pengguna ingin mengatur format laporan seperti menampilkan neraca atau menyusun laporan lebih dari satu jenis.
  • Kriteria PSAK. Accurate 5 telah memenuhi kriteria PSAK.

Ini Tiga Versi Accurate yang Bisa Anda Pilih Sesuai Kebutuhan

accurate

  • Accurate 5 versi standar cocok digunakan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha dagang, jasa, dan distributor sederhana. Fitur yang diusung dari Multi Currency, Warehouse dan User, serta ekspor ke E-faktur dan online pajak.com serta e-SPT, hingga mencetak bukti potong pph23 secara instan.
  • Accurate 5 Versi Deluxe, cocok digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor atau konstruksi. Accurate ini dilengkapi dengan fitur Project Management yang komprehensif.

Dengan adanya analisa harga pekerjaan, anggaran pemakaian bahan, anggaran biaya, hingga laporan kemajuan proyek membuat kontraktor bisa mengelola proyek dengan jauh lebih mudah.

  • Accurate 5 versi Enterprise terbaru yang telah dilakukan penyempurnaan, cocok untuk industri skala besar dan manufakturing seperti pabrik. Formulir manufaktur terdiri dari Daftar Bahan Baku, Daftar Biaya Produksi, Formula Produk, Perintah Kerja, Pengeluaran Bahan Baku, Produk dan Bahan Baku Keluaran.

Kini Accurate versi ini memiliki fitur Export Import, Ekspor ke e-Faktur dan Eksport ke e-PPh23.

Dengan kualitas Accurate yang bisa dipercaya, tak heran jika telah ada lebih dari 150 ribu perusahaan yang menggunakannya bahkan merekomendasikan pada rekan bisnisnya. Performanya juga andal karena telah dikembangkan dengan pengalaman lebih dari 15 tahun. Demikian juga dengan fitur-fitur Accurate versi terbaru yang semakin lengkap, lebih user friendly, dan stabil.

Dengan demikian, pembukuan perusahaan Anda pun menjadi lebih mudah. Accurate akan mempercepat pembukuan dengan E-faktur ready, sehingga mempercepat dan mempermudah proses validasi laporan pajak.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan informasi selengkapnya terkait Software Accurate ini, silakan kunjungi abcpalem.com/accurate-online/ dan abcpalem.com/accurate-desktop/.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top