skip to Main Content
Membaca Laporan Keuangan Dan Memahaminya Layaknya Seorang CEO

Membaca Laporan Keuangan dan Memahaminya Layaknya Seorang CEO

Membaca laporan keuangan sekaligus memahaminya menjadi kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang CEO. Lewat kemampuan tersebut, seorang pemimpin perusahaan bisa mengetahui kondisi bahwa bisnisnya berjalan dengan lancar. Hanya saja, tak semua pemilik usaha memiliki kemampuan membaca dan memahami laporan keuangan. Apalagi, bagi seorang pengusaha pemula yang sebelumnya tak pernah berkecimpung dalam dunia akuntansi.

Namun, kesulitan dalam membaca laporan keuangan perusahaan kini bukan lagi menjadi hambatan bagi seorang pengusaha pemula. Kehadiran aplikasi akuntansi Accurate memberikan kemudahan bagi seorang pengusaha dalam membaca sekaligus memahami laporan keuangan. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara detail dan akurat.

Sebagai panduan awal dalam memahami laporan keuangan perusahaan, ada 3 hal penting yang harus Anda perhatikan. Tiga hal penting tersebut adalah neraca keuangan, laporan laba rugi, sertai laporan arus kas. Ketiga jenis laporan tersebut memiliki fungsi dan ada keterkaitan satu sama lain. Keterkaitan ketiga jenis laporan ini bisa Anda lihat dengan jelas ketika menggunakan aplikasi Accurate.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membaca Laporan Neraca Keuangan

Membaca laporan keuangan
infonessia.blogspot

Ketika ingin mengetahui situasi finansial sebuah perusahaan, keberadaan neraca keuangan merupakan hal yang mutlak. Dengan membaca laporan keuangan ini, Anda bisa mengetahui seberapa besar kekayaan yang dipunyai oleh perusahaan. Ketika sebuah perusahaan tak mampu menyusun neraca keuangan dengan baik, bisa dibilang kalau perusahaan itu tak mampu menjalankan fungsi manajerialnya dengan baik.

Neraca keuangan juga biasa disebut sebagai laporan posisi keuangan perusahaan. Ketika membaca laporan keuangan ini, Anda akan menemukan beberapa komponen sebagai berikut:

Aktiva

Membaca laporan keuangan
artikelsiana

Aktiva adalah aset yang dimiliki oleh perusahaan. Sebagai contoh, ketika Anda menjalankan usaha perkebunan, maka aset yang dimiliki terdiri dari kepemilikan lahan, buah yang ditanam, serta peralatan yang dipakai untuk mengolah area perkebunan.

Aktiva dalam neraca keuangan terbagi menjadi 3 jenis, yakni:

  • Aktiva lancar

Aktiva lancar adalah jenis aset atau aktiva yang bisa dimanfaatkan dalam jangka pendek. Di waktu yang sama, aktiva lancar merupakan aset yang bisa dikonversi menjadi kas dalam waktu paling lama setahun.

  • Aktiva tetap

Aktiva tetap merupakan jenis aset dari sebuah perusahaan yang pemanfaatannya bisa dilakukan dalam jangka panjang. Dalam praktiknya, beberapa aset seperti lahan perkebunan, peralatan pabrik, bangunan pabrik, dan sebagainya, merupakan aset yang masuk dalam kategori aktiva tetap.

  • Aktiva tak berwujud

Selain itu, ada pula jenis aktiva tak berwujud, merupakan jenis aset yang tak memiliki wujud secara fisik. Beberapa contoh aset yang masuk dalam kategori aktiva tak berwujud di antaranya adalah hak merek dagang, hak paten, serta hak cipta.

Pasiva

Selain aktiva, Anda juga akan menjumpai komponen bernama pasiva dalam laporan neraca keuangan. Pasiva dikenal sebagai kewajiban dari sebuah perusahaan yang wajib dibayarkan kepada pihak ketiga. Dalam pencatatannya, utang beserta modal masuk dalam kategori pasiva.

Seperti halnya aktiva, pasiva dalam neraca keuangan juga terbagi menjadi beberapa jenis, yakni:

  • Utang jangka pendek
Membaca laporan keuangan
sportaanews.blogspot

Utang jangka pendek yang juga disebut current liabilities merupakan jenis kewajiban yang harus dilunasi dalam jangka pendek, selambat-lambatnya adalah satu tahun pembukuan. Beberapa jenis utang yang masuk dalam kategori current liabilities di antaranya adalah utang dagang kepada rekanan, utang wesel, penghasilan yang ditangguhkan, serta utang gaji. 

  • Utang jangka panjang

Sesuai dengan namanya, utang jangka pendek atau long term liabilities merupakan jenis utang dengan waktu kewajiban pelunasannya cukup panjang, lebih dari satu tahun pembukuan. Beberapa jenis utang yang termasuk dalam utang jangka panjang di antaranya adalah utang bank, utang hipotik, ataupun utang obligasi.

Dalam proses penyusunannya, komponen aktiva ditempatkan pada lajur sebelah kiri. Sementara itu, komponen pasiva, ditempatkan pada lajur kanan. Penyusunan neraca yang baik bisa dilihat dengan adanya keseimbangan antara jumlah aktiva sama dengan jumlah pasiva.

Ketika membaca laporan keuangan ini dengan rinci, Anda pun bisa melakukan analisis mengenai kondisi finansial perusahaan. Ada 4 hal dalam laporan neraca yang selanjutnya bisa Anda gunakan sebagai bahan analisis kondisi keuangan perusahaan, yakni:

Rasio lancar

Membaca laporan keuangan
aldigozali

Rasio lancar atau rasio likuiditas bisa menjadi tolok ukur kekuatan keuangan perusahaan. Rasio lancar dihitung dengan membagi total aset lancar dengan jumlah kewajiban lancar. Rasio lancar dengan poin yang tinggi merupakan indikasi bahwa adanya pemanfaatan kas yang tak maksimal.

Rasio cepat

Rasio cepat menjadi tolok ukur bagi pimpinan perusahaan dalam mengetahui tingkat likuiditas perusahaan. Cara perhitungannya adalah, menghitung aset perusahaan yang likuid, lalu membaginya dengan kewajiban lancar. Informasi terkait rasio cepat, bisa digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam menangani kondisi keuangan yang buruk.

Modal kerja

Modal kerja dalam laporan neraca harus selalu bernilai positif. Perhitungan modal kerja dilakukan dengan mengurangi total aset lancar dengan total kewajiban lancar. Jumlah modal kerja, kerap digunakan sebagai bahan untuk evaluasi kemampuan perusahaan dalam menghadapi situasi sulit.

Rasio utang

Rasio utang merupakan data yang digunakan untuk mengetahui tingkat ketergantungan perusahaan pada dana utang dibandingkan dengan modal pemilik. Perhitungan rasio utang dilakukan dengan membagi total kewajiban dengan modal.

Poin-Poin Penting Dalam Laporan Laba Rugi Perusahaan

Membaca laporan keuangan
forum-ukm.blogspot

Ketika Anda sudah berhasil membaca laporan neraca keuangan dengan baik, langkah selanjutnya adalah memahami laporan laba rugi perusahaan. Dengan membaca laporan keuangan yang satu ini, Anda bisa mengetahui tingkat keberhasilan operasional perusahaan dalam jangka tertentu.

Sesuai dengan namanya, laporan laba rugi merupakan jenis laporan keuangan yang bisa dipakai untuk menampilkan laba rugi dari sebuah perusahaan. Seorang CEO perusahaan bisa memahami dan membaca laporan keuangan laba rugi dan menggunakannya untuk menghitung nilai investasi serta profitabilitas perusahaan. Selanjutnya, laporan laba rugi juga dapat digunakan sebagai sarana untuk memprediksi arus kas.

Dalam penyusunan laporan laba rugi, ada beberapa komponen yang wajib ada, yaitu:

Pendapatan

Pendapatan menjadi komponen utama yang ada dalam laporan laba rugi perusahaan. Definisi pendapatan adalah adanya penambahan aktiva yang kemudian juga berpengaruh pada bertambahnya modal. Pendapatan bisa bersumber dari penjualan barang ataupun jasa kepada pihak lain.

Beban

Beban merupakan jenis pengeluaran yang bisa muncul karena pemakaian aktiva. Beban juga bisa muncul karena adanya liabilitas pada periode tertentu karena adanya pengiriman produksi atau penyelesaian jasa. Contoh beban pada laporan laba rugi di antaranya adalah biaya operasional, biaya nonoperasional, serta biaya produksi.

Keuntungan

Kondisi untung didapatkan ketika adanya peningkatan modal yang terjadi karena transaksi dari perusahaan. Dalam laporan laba rugi, Anda perlu tahu bahwa terdapat berbagai jenis laba, termasuk di antaranya adalah laba kotor, laba operasional, serta laba bersih.

Laba kotor merupakan jenis pendapatan perusahaan yang berasal dari angka penjualan barang dan jasa dikurangi harga pokok penjualan. Ketika sebuah perusahaan memiliki laba kotor yang tinggi, mereka pun punya potensi keuntungan yang cukup tinggi.

Sementara itu, laba operasional merupakan hasil selisih antara laba kotor dengan biaya operasional. Laba operasional berguna sebagai sarana untuk menganalisis tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan sebenarnya.

Terakhir, laba bersih merupakan indikator profitabilitas sebuah perusahaan. Perusahaan mendapatkan laba ketika secara total angka pendapatan lebih tinggi dibandingkan dengan semua jenis beban yang harus mereka bayarkan. Selanjutnya, sebagian laba dibagikan dalam bentuk dividen dan sisanya dipakai untuk tambahan modal usaha.

Kerugian

Kerugian merupakan kondisi ketika terjadi penurunan modal yang dimiliki perusahaan karena transaksi atau beban perusahaan.

Dibandingkan dengan neraca, cara membaca laporan keuangan laba rugi lebih sederhana. Anda bisa mengetahui ada kerugian atau keuntungan dengan memperhitungkan jumlah pendapatan yang dikurangi dengan beban perusahaan. Dari situ, Anda pun bisa mengetahui kerugian atau keuntungan perusahaan pada periode pembukuan tertentu.

Informasi penting lain yang bisa Anda dapatkan ketika menyusun laporan laba rugi perusahaan adalah mengetahui break even point (BEP). BEP bisa Anda dapatkan pada kondisi angka pemasukan bisa digunakan untuk menutupi seluruh biaya serta harga pokok penjualan yang menjadi beban perusahaan.

Lebih lanjut, Anda juga bisa mengetahui return of assets (ROA) perusahaan yang dilakukan dengan cara menghitung rasio laba bersih dengan aset perusahaan. Laporan ini juga bisa menjadi landasan dalam melakukan analisis marjin laba bersih, marjin laba kotor, marjin laba operasional, marjin kenaikan atau penurunan pendapatan, serta, return of equity (ROE).

Informasi yang Bisa Didapatkan Ketika Membaca Laporan Keuangan Arus Kas

Membaca laporan keuangan
akurat

Setelah menyusun laporan neraca dan laba rugi, Anda juga perlu membuat laporan arus kas. Laporan ini dibuat dengan tujuan untuk melihat aliran keluar masuk kas perusahaan. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika membaca laporan keuangan arus kas, yakni:

  • Menghitung kemampuan perusahaan dalam melakukan pembayaran kewajiban lancar;
  • Menilai kemampuan dari perusahaan dalam menangani arus kas masuk, arus kas keluar, serta arus kas bersih, termasuk di dalamnya adalah kemampuan dalam melakukan pembayaran dividen;
  • Menjadi landasan bagi seorang investor dan kreditur dalam memproyeksikan return yang bersumber dari kekayaan perusahaan;
  • Membaca laporan keuangan arus kas memungkinkan pemilik usaha untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mendatangkan arus kas masuk di masa mendatang; dan
  • Menjadi dasar dalam menilai kemampuan pengelolaan perusahaan.

Proses penyusunan laporan arus kas dilakukan setelah pembuatan neraca dan laporan laba rugi. Dalam pembuatannya, Anda harus memasukkan semua masukan yang ada pada neraca, diawali dengan mencatat semua pemasukan dan diikuti pencatatan pengeluaran.

Terkait pembuatan laporan arus kas, Anda perlu mengetahui bahwa ada 3 jenis laporan arus kas, yakni:

Arus kas operasional

Membaca laporan keuangan
infonessia.blogspot

Laporan arus kas operasional merupakan jenis laporan yang ditujukan untuk melakukan pencatatan biaya terkait operasional pada durasi tertentu. Hal-hal yang termasuk dalam laporan arus kas operasional di antaranya adalah, penerimaan piutang, pembayaran pajak, pendapatan piutang, ataupun, pembayaran gaji pegawai.

Arus kas pembiayaan

Laporan arus kas pembiayaan merupakan laporan arus kas yang ditujukan untuk pencatatan yang berkaitan dengan penambahan atau pengurangan modal yang terjadi pada periode tertentu. Contoh pencatatan yang masuk dalam laporan arus kas pembiayaan di antaranya adalah penerbitan obligasi, pinjaman bank, penerbitan saham lewat initial public offering (IPO), serta penerbitan saham baru lewat hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Arus kas investasi

 Laporan arus kas investasi dilakukan dengan tujuan untuk mencatat arus kas masuk serta keluar yang berkaitan dengan kegiatan investasi perusahaan yang terjadi pada periode tertentu. Beberapa contoh aktivitas yang tercatat dalam laporan ini di antaranya adalah pembelian atau penjualan aset tetap.

Memahami dan Membaca Laporan Keuangan dengan Mudah Berkat Aplikasi Accurate

Membaca laporan keuangan
abcpalem

Kemampuan dalam membaca laporan keuangan, baik neraca keuangan, laporan laba rugi, ataupun arus kas dan melakukan analisis secara manual bakal membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu, kehadiran aplikasi akuntansi Accurate bisa membantu Anda dalam menyusun, membaca, sekaligus melakukan analisisi terhadap laporan keuangan.

Ada beberapa fitur yang memungkinkan Accurate dalam memberi kemudahan melakukan menyusun, membaca, ataupun menganalisis laporan keuangan, yakni:

Cara penyusunan yang ringkas

Ketika menggunakan aplikasi Accurate, Anda dapat melakukan penyusunan laporan keuangan dengan begitu mudah. Laporan ini dapat disusun tanpa harus membuat buku jurnal, buku besar, serta neraca. Cukup dengan memasukkan bukti transaksi dan pajak di modul Accurate, Anda bisa memperoleh laporan keuangan secara real time. Di waktu yang sama, Anda juga tetap bisa memperoleh laporan buku besar, neraca, ataupun jurnal umum.

Dengan cara penyusunan laporan yang ringkas, beban kerja dalam perusahaan bisa diringankan. Selanjutnya, hal ini bisa berpengaruh pada efektivitas kerja para karyawan, terutama karyawan yang bertanggung jawab dalam pembukuan keuangan perusahaan.

Audit trail

Ketika menggunakan aplikasi Accurate, Anda dapat melakukan pemeriksaan laporan keuangan dengan akurat. Pemeriksaan tersebut bisa dilakukan berkat adanya pencatatan dalam tabel log yang ada pada aplikasi ini. Dalam tabel log tersebut, Anda bisa mengetahui setiap aktivitas dalam Accurate, termasuk di antaranya adalah pengubahan data, nama pengguna, ataupun waktu aktivitas.

Bisa dipakai dalam berbagai jenis perangkat

Membaca laporan keuangan
abc palem

Pemakaian aplikasi Accurate juga memungkinkan Anda untuk membaca laporan keuangan di mana saja dan kapan saja. Anda perlu tahu, bahwa terdapat 2 jenis aplikasi akuntansi yang disediakan oleh Accurate, yakni Accurate Online dan Accurate 5. Keduanya sama-sama mampu membantu Anda dalam menyusun laporan keuangan secara ringkas.

Accurate Online merupakan jenis aplikasi Accurate yang bisa digunakan dalam berbagai perangkat. Aplikasi ini dapat Anda buka lewat perangkat Android, komputer, ataupun tablet, dengan syarat perangkat tersebut terhubung dengan internet. Sementara itu, Accurate 5 hanya tersedia untuk perangkat komputer berbasis Windows.

Dapat digunakan untuk berbagai jenis perusahaan

Berbagai jenis perusahaan juga dapat memanfaatkan fasilitas dari Accurate dalam menyusun laporannya, termasuk di antaranya adalah perusahaan industri, kuliner, jasa, retail, ataupun distributor. Sebagai buktinya, saat ini Accurate telah digunakan oleh ribuan perusahaan Indonesia, baik perusahaan berskala kecil ataupun besar. Sebagian besar perusahaan yang telah menggunakan Accurate pun mengaku puas dengan hasil yang mereka dapatkan.

Itulah informasi yang bisa Anda gunakan dalam memudahkan cara membaca laporan keuangan perusahaan. Dengan cara ini, proses pembacaan dan analisis laporan keuangan bisa dilakukan oleh siapa saja. Hasil analisis yang didapatkan pun tidak kalah jika dibandingkan dengan seorang CEO sekalipun.

Anda bisa memperoleh aplikasi Accurate dengan sangat mudah dan murah lewat ABCPalem.com. Tersedia beberapa paket yang bisa Anda gunakan, termasuk di antaranya adalah Accurate Online, Accurate Standard Edition, Accurate Deluxe Edition, serta Accurate Enterprise Edition. Tersedia kesempatan untuk mencoba aplikasi Accurate secara gratis selama 30 hari, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top