skip to Main Content
Sehubungan Pandemi COVID-19, kantor kami tutup sampai 24 April 2020. Kami tetap siap melayani Anda via telepon, chat, & email.
Membahas Lebih Jauh Pengertian Freelance Dan Beberapa Contohnya

Membahas Lebih Jauh Pengertian Freelance dan Beberapa Contohnya

Pengertian Freelance

Pengertian freelance atau tenaga lepas adalah seseorang yang bekerja sendiri, tidak terikat jam kerja, dan biasanya memiliki keahlian tertentu. Jika dulu freelancer dianggap sebelah mata, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, pekerjaan ini mulai mendapat pengakuan dan banyak orang yang alih profesi menjadi pekerja lepas.

Keuntungan Freelancer

Tidak Terikat Waktu

Pengertian freelance adalah pekerja lepas, tentu saja salah satu keuntungan utama menjadi freelancer adalah tidak terikat waktu kerja. Pekerjaan dinilai bukan dari kehadiran, namun dari hasilnya. Jadi, pekerjaan ini sangat cocok bagi orang yang memiliki kendala waktu atau lokasi, bisa juga untuk orang yang tidak menyukai kehidupan formal dan birokrasi seperti di kantor.

Bebas Bekerja

Keuntungan berikutnya tentu saja kebebasan kerja. Sebagai freelancer, Anda bebas bekerja dari mana saja dan di mana saja. Apalagi di era modern dan serba  internet seperti saat ini, Anda dapat dengan mudah menyampaikan hasil kerja Anda dari mana saja selama Anda terkoneksi dengan jaringan internet. Sangat praktis dan mudah kan?

Dapat Melakukan Hobi dan Dibayar

Sebagian besar freelancer melakukan pekerjaan yang sangat erat kaitannya dengan hobi mereka seperti menulis, desain grafis, fotografi dan lain sebagainya. Sangat menyenangkan kan bisa melakukan hobi dan dibayar.

Contoh Pekerjaan Freelance

Penulis Freelance

Penulis merupakan salah satu pekerjaan freelance yang cukup banyak digemari. Apalagi kebutuhan terhadap artikel konten yang berkualitas saat ini semakin meningkat seiring dengan perkembangan dunia digital dan internet. Untuk menjadi penulis freelance dibutuhkan kemampuan membuat tulisan yang menarik, rapi, dan sistematis. Selain itu juga dibutuhkan komitmen yang tinggi dan manajemen waktu yang baik agar dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Penulis freelance dapat dibayar per artikel, per bulan, maupun per proyek, tergantung kesepakatan awal dengan klien.

Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis juga merupakan salah satu pekerjaan freelance yang menjanjikan. Selain jasa membuat desain grafis, Anda juga dapat menjual template desain, seperti template logo, template presentasi, template poster, dan lain sebagainya. Saat ini, jasa desain grafis sangat dibutuhkan, hampir menyamai kebutuhan para pemilik website dalam mencari penulis konten karena konten akan semakin menarik dengan tambahan gambar atau ilustrasi yang relevan.

Jasa Arsitek

Saat ini kebutuhan terhadap hunian yang nyaman, elegan dan kekinian semakin meningkat. Tak heran jika jasa arsitektur juga semakin dibutuhkan. Kemampuan untuk membuat desain rumah yang apik ini tentu dapat menjadi salah satu peluang usaha freelance yang menjanjikan.

Editor Freelance

Pekerjaan editor freelance erat kaitannya dengan dunia penulisan. Ada beragam pekerjaan editor yang ditawarkan secara freelance, mulai dari editor konten website, editor buku, hingga proofreader.

Fotografer Freelance

Kemampuan mengambil gambar atau foto yang menrik dan eksotis dapat menjadi peluang usaha freelance yang menjanjikan. Foto-foto yang menarik dapat dijual di beragam situs penyedia langganan foto berbayar seperti shutterstock, stockfresh, Alamy, dan lain sebagainya. Ada situs fotografi yang memberikan royalti dari setiap foto yang terjual, ada juga yang memberikan honor dari banyaknya jumlah unduhan foto.

Kursus Online

Bagi yang memiliki hobi mengajar, Anda dapat memilih pekerjaan freelance sebagai penyedia kursus  online. Hampir sama dengan kursus pada umumnya, hanya saja penyampaian materi dan diskusinya melalui media online. Kemudian materi disampaikan secara berkala agar peserta kursus dapat memahami materi tahap demi tahap.

Kesimpulan

Pengertian freelance yaitu pekerjaan lepas waktu, di mana seseorang bekerja tanpa terikat oleh jam kerja. Beberapa keuntungan menjadi  freelancer antara lain memiliki kebebasan dalam bekerja, tidak terikat waktu, dan dapat melakukan hobi yang dibayar. Beberapa contoh pekerjaan freelance yaitu penulis lepas, editor lepas, jasa desain grafis, jasa arsitek, fotografer freelance, dan kursus online.

Untuk bisnis apapun, pembukuan sangat dibutuhkan untuk bisnis yang lebih baik, tidak terkecuali bagi freelance. Catat setiap pengeluaran dan pemasukan pada bisnis secara terperinci, jika kesulitan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk pembukuan yang mudah dan efisien. Tidak percaya?

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *