skip to Main Content
4 Alasan Penting Anda Perlu Menerapkan Manajemen Keuangan Bagi Perusahaan

4 Alasan Penting Anda Perlu Menerapkan Manajemen Keuangan bagi Perusahaan

Membangun sebuah perusahaan membutuhkan perjuangan yang tidak main-main. Setelah perusahaan terbentuk, tentu hal berikut yang Anda inginkan adalah bisnis yang langgeng, tertata baik, dan mendatangkan keuntungan. Semua hal tersebut nantinya juga akan menentukan apakah usaha Anda bisa berkembang lebih besar lagi atau tidak.

Untuk itu, perusahaan membutuhkan penerapan pengelolaan yang mumpuni di berbagai bidang. Salah satunya adalah dalam bidang keuangan. Bagi Anda yang sedang bersemangat mengembangkan bisnis, berikut adalah 4 alasan mengapa manajemen keuangan penting untuk Anda laksanakan.

1.     Mengelola Modal

Manajemen Keuangan

Modal yang Anda keluarkan haruslah memiliki tujuan yang mendatangkan keuntungan. Misalnya saja, dalam menentukan mana aset yang perlu dibeli, disewa, atau perlukah  utang dalam bermodal, Anda memerlukan perhitungan keuangan yang mantap.

Jangan sampai, uang yang Anda keluarkan atau utang yang Anda ajukan malah menimbulkan masalah bagi laju keuangan di perusahaan.

2.     Mengatur Pengeluaran Operasional

Manajemen Keuangan

Dalam ilmu manajemen keuangan perusahaan, proses analisis yang kuat wajib untuk dilaksanakan. Hasil analisis ini digunakan untuk menentukan prioritas pengeluaran biaya perusahaan dan menyeimbangkannya dengan pendapatan yang ada.

Tidak akan ada istilah “besar pasak daripada tiang” karena semua pengeluaran dihitung dengan cermat sehingga keuntungan pun bisa digunakan untuk perkembangan perusahaan selanjutnya.

3.     Perusahaan Menjadi Taat Pajak

Manajemen Keuangan

Perusahaan yang baik haruslah tunduk pada peraturan perpajakan negara. Jika tidak, bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. Nah, manajemen keuangan juga mencakup penghitungan pajak yang harus Anda bayar sesuai dengan jenis dan jangka waktunya.

Dengan menjadi pembayar pajak yang taat, perusahaan bisa mendapatkan keuntungan lain. Di antara keuntungan tersebut adalah kemudahan perizinan dari instansi negara, terbukanya peluang investasi, serta reputasi perusahaan yang terus meningkat.

4.     Mengelola Keuntungan

Manajemen Keuangan

Setelah semua biaya terbayar, manajemen keuangan perusahaan akan menghitung semua profit. Selain menjadi dividen bagi para pemegang saham, profit juga bisa diputar kembali menjadi modal demi berkembangnya perusahaan. Tanpa pengelolaan yang baik, sulit untuk bisa menghitung keuntungan dengan teliti.

Lalu, Bagaimana Cara Terbaik untuk Mengelola Keuangan Perusahaan?

Manajemen Keuangan

Saat ini, semua bisa dimudahkan dengan adanya teknologi. Mari berkenalan dengan Accurate Lite, sebuah aplikasi manajemen keuangan bisnis berbasis cloud. Ditujukan bagi para pelaku UMKM di Indonesia, Accurate Lite memiliki sistem pemantauan keuangan dari hulu hingga hilir.

Aplikasi ini dapat melakukan pencatatan penjualan, pemindaian barcode barang, pencetakan struk, pencatatan arus kas, pencatatan pengeluaran serta utang dan piutang, hingga menyediakan format laporan keuangan yang mudah untuk dipahami.

Dengan Accurate Lite, kinerja manajemen keuangan di perusahaan Anda akan semakin efektif. Bahkan, karena berbasis aplikasi cloud, semua proses bisa dipantau melalui smartphone Anda. Nah, Anda mau mempelajari Accurate Lite lebih lanjut? Temukan informasinya di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top