skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

Mengenal Budidaya Ternak Bebek, Kelebihan dan Cara Budidaya Ternak Bebek

Melakukan budidaya ternak bebek mampu mendatangkan keuntungan apabila Anda mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan baik. Terlebih lagi, permintaan daging bebek untuk dijadikan santapan akan selalu ada, sehingga akan lebih mudah bagi setiap pebisnis dalam mendapatkan keuntungan.

Mengenal Budidaya Ternak Bebek

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bebek adalah hewan yang memiliki daging dengan tekstur sedang dan memiliki serat yang sedikit. Makanan olahan daging bebek bisa kita temui dengan mudah di masakan lokal Indonesia ataupun makanan tiongkok. Namun ternyata, budidaya ternak ternak bebek sendiri dibagi menjadi dua yaitu bebek petelur dan juga bebek pedaging. Untuk cara budidaya ternak bebek petelur bisa dibilang lebih kompleks, karena di dalamnya akan melibatkan banyak hal. Seperti harus memelihara bibit bebek sejak masih kecil, memelihara bebek harus dilakukan lebih lama karena mereka harus bertelur berulang kali, pengaturan suhu kandang agar telur memiliki kualitas yang baik, memerhatikan masa kawin si bebek, dll. Sedangkan untuk budidaya bebek pedaging tergolong lebih mudah dengan nilai keuntungan yang agak lebih banyak daripada bebek petelur, sehingga akan lebih mudah untuk dilakukan oleh para pemula. Perlu Anda garis bawahi juga bahwa ada dua jenis bebek pedaging, yaitu bebek peking dan juga bebek hibrida. Kedua bebek ini mempunyai tekstur daging yang lebih lembut dan juga rasa yang lebih gurih. Oleh karena itu, jangan heran apabila daging bebek ini lebih laris di pasaran.

Kelebihan Budidaya Ternak Bebek Pedaging

  • Langkah membudayakan bebek pedaging lebih mudah daripada bebek petelur.
  • Masa perkembangan bebek pedaging lebih cepat, yaitu hanya 40 hari.
  • Pemasaran hasil panen bebek pedaging lebih mudah karena permintaan pasar yang akan selalu ada.
  • Bagian lain dari bebek pedaging masih bisa dijual, yaitu seperti bulu untuk kerajinan tangan dan kotorannya untuk pupuk atau pakan lele.

Cara Budidaya Ternak Bebek

1. Persiapan Sebelum Memulai Budidaya

Berikut ini adalah beberapa hal lain yang harus Anda siapkan sebelum memulai usaha budidaya bebek:

  • Anda harus bisa mencari pemasok Day Old Duck (DOD) atau bibit bebek yang baru pertama kali menetas dengan kualitas yang baik, ciri tubuh yang tegap, berat sekitar 40 gr, mata jernih, bulu bersih, dan juga terbebas dari berbagai penyakit.
  • Anda juga harus membuat kandang box untuk bibit bebek dengan kandang besar untuk ukuran bebek dewasa. Bentuk kandang bebek dewasa bisa bertingkat, lantai, atau kombinasi dari keduanya. Suhu minimum kandang adalah 30 derajat celcius dan maksimal 40 derajat celcius dengan pencahayaan yang cukup.
  • Memilih dan membeli pakan, jerami, vitamin, antibiotik, cairan desinfektan kandang, dan alat lainnya untuk budidaya bebek.
  • Menyiapkan pemanas untuk kandang bebek
  • Membersihkan kandang dengan cairan desinfektan secara rutin
  • Mencari pihak pengepul yang bersedia memasarkan bebek panen.

2. Membangun Kandang Bebek

Untuk bisa menampung sekitar 100 ekor bebek, Anda memerlukan ukuran kandang sekitar 4 x 14 m2. Untuk kandang bebek sendiri, Anda bisa memilih membuat kandang bebek panggung dan kandang litter. Kandang panggung mempunyai bentuk layaknya panggung yang berada di atas tanah, kandang ini memiliki kelebihan terhindar dari risiko penyakit karena alasnya akan selalu tetap kering. Namun, bebek tidak bisa mendapatkan asupan mineral yang berada di dalam tanah. Untuk kandang litter, bentuknya sama seperti kandang biasanya, yakni hanya berupa pagar persegi dengan ruangan yang tertutup dan terbuka. Selain itu, kandang suhu kandang bebek juga harus bisa terjaga dengan baik. Suhu ideal kandang bebek adalah sekitar 27-10 derajat celcius. Cara untuk menjaga suhu kandang agar tetap ideal adalah dengan menutup sebagian sisi ruangan dengan menggunakan terpal. Selain itu, Anda juga harus bisa memerhatikan beberapa hal seperti di bawah ini:

  • Usahakanlah agar kandang bebek tetap bersih dengan cara membersihkan kandang secara rutin
  • Dinding utama kandang harus dibuat sedikit tertutup agar mereka tidak gelisah atau risih saat melihat hewan lain.
  • Kelembaban udara di dalam kandang harus sekitar 60% dan berada di angka 35 sampai 40 derajat celcius.
  • Selalu menyediakan tempat makan dan minum yang bersih
  • Mendapatkan pencahayaan yang cukup
  • Bebek tidak dibuat berdesak-desakan
  • Ada ruang yang cukup untuk mengambil bebek
  • Perhatikan tinggi kandang agar Anda tidak kesulitan ketika mengurus bebek

Pada intinya, kandang apapun yang Anda ingin buat, Anda harus bisa pastikan bahwa kandang bebeknya bisa lebih mudah untuk dibersihkan, memiliki sirkulasi udara yang baik dan bersih, serta memperoleh sinar matahari yang cukup. Untuk modal awal pembuatan kandang bebek adalah sekitar 800rb, dan Anda bisa mengerjakannya sendiri. Anda bisa menggunakan bahan bambu atau kayu bekas untuk lantai dan dindingnya. Gunakanlah kayu yang tahan air dan atap yang terbuat dari seng. Beberapa hal ini harus Anda perhatikan dalam membuat kandang, karena selain baik bagi hewan, juga akan baik untuk Anda dalam memelihara bebek. Kandang bebek yang ideal akan menghasilkan bebek yang produktif.

3. Proses Pembibitan

Tahapan selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan bibit bebek yang akan Anda pelihara. Pada langkah ini, dalam tahap ini, Anda bisa memilih bebek petelur atau bebek pedaging untuk dibudidayakan. Bebek petelur adalah bebek yang akan Anda ambil telurnya dan bebek pedaging adalah bebek yang akan Anda olah dagingnya. Namun, hal yang terlebih dahulu harus Anda persiapkan adalah modal untuk bisa membeli bibit bebek. Anda bisa memilih bebek yang sudah siap bertelur atau bebek yang masih kecil, sesuai dengan budget atau anggaran Anda. Walaupun bibit unggul dan berkualitas umumnya akan dijual lebih mahal, tapi hal tersebut akan sangat memengaruhi usaha Anda. Bila saat ini Anda memilih bibit bebek yang unggul maka Anda juga bisa mendapatkan bebek yang unggul untuk kedepannya. Dalam mengeluarkan modal tersebut juga disarankan agar Anda mencatat dan membuat anggarannya dengan baik. Selain itu, disarankan juga untuk membedakan uang pribadi dan uang bisnis agar keuangan Anda menjadi lebih jelas dan terkelola secara lebih baik.

4. Merawat Bebek

Jika kandang dan bibit sudah tersedia, maka tiba saatnya bagi Anda untuk memproses bebek. Tahapan ini akan menentukan bagaimana keberhasilan Anda dalam membudidayakan bebek Anda. Selain itu, Anda juga harus bisa merawat dan memantau setiap perkembangan bebek Anda dengan baik. Beberapa hal yang wajib Anda perhatikan dalam tahapan ini adalah:

  • Mengelompokan setiap bebek berdasarkan ukurannya agar bisa meminimalisir risiko penyakit pada bebek yang lebih kecil
  • Membersihkan kandang secara rutin
  • Menyimpan bebek pada kandang yang bersih
  • Menjaga pakan dan minum bebek
  • Mengobati bebek yang sakit.

Kelima poin diatas adalah hal dasar yang wajib untuk Anda lakukan apabila ingin membangun peternakanan bebek yang sukses. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan hal lain, seperti nutrisi tambahan agar bebek bisa terbantu perkembangannya. Perlu dicatat juga bahwa bebek memerlukan jenis makanan dan juga nutrisi yang berbeda-beda tergantung usia bebek. Apabila pada tahap perawatan bebek Anda mampu melakukan yang terbaik, maka kemungkinan besar juga Anda akan memperoleh hasil yang memuaskan.

5. Panen Bebek atau Telur Bebek

Memanen hasil budidaya adalah salah satu proses yang sangat dan paling dinantikan. Pada bebek petelur, maka masa panen akan selesai apabila produksi telurnya sudah cukup atau sudah selesai. Sedangkan untuk bebek pedaging, masa panennya adalah ketika bebek sudah memiliki ukuran yang ideal untuk bisa dikonsumsi. Apabila Anda memelihara bebek petelur, disarankan untuk mengeluarkan sang induk dari kandang agar bisa memudahkan Anda memanen telurnya.

Penutup

Walaupun budidaya  bebek kelihatan lebih mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang, namun dalam prosesnya Anda hanya perlu memiliki semangat dan tetap konsisten agar hasilnya nanti bisa lebih memuaskan. Nah, agar Anda lebih mudah dalam mengatur anggaran bisnis bebek atau melakukan setiap anggaran yang tepat. Maka, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi dari Accurate Online. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari laporan arus kas, rekonsiliasi bank, laporan perubahan modal, dll. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×