skip to Main Content
Promo Cermat Accurate Online, diskon hingga Rp 2.000.000,- Kode Promo: CERMAT
Mengenal Fungsi Dan Jenis Kemasan Pada Sebuah Produk

Mengenal Fungsi Dan Jenis Kemasan Pada Sebuah Produk

Kemasan merupakan pembungkus luar produk. Fungsi kemasan pada umumnya adalah mencegah kerusakan barang produksi, menghindarkannya dari benturan keras serta guncangan tertentu, dan pencegahan  kerusakan produk karena cuaca ekstrem. keseluruhan hal tersebut merupakan bagian dari fungsi kemasan. Selain itu, kemasan juga menyiratkan jati diri perusahaan. Semakin bagus dan unik sebuah bungkus produk, respek pembeli terhadap perusahaan pembuat juga besar.  Atas dasar itu, kemasan produk tidak boleh dibuat sembarangan.

Harus ada ciri khas dan desain tertentu, yang membuat pelanggan tertarik untuk membeli. Untuk mendapat informasi yang lebih jelas, berikut kami jelaskan fungsi-fungsi kemasan. Semoga dari ini, Anda mendapatkan wawasan tentang sesuatu yang terkadang dianggap remeh ini.

Fungsi Kemasan

1. Mewadahi Produk

Fungsi kemasan yang pertama adalah mewadahi produk. Tujuannya adalah mencegah barang jatuh atau tercecer saat pengiriman. Sehingga barang sampai ke konsumen masih terbungkus utuh.

2. Melindungi Dan Mengawetkan Produk

Ada produk yang aman dari cuaca, ada yang justru rentan. Apalagi jika terpapar mikroba, kotoran, panas dan udara yang terlalu lembap. Nah, kemasan berfungsi melindungi barang dari gangguan-gangguan di atas. Sehingga, produk lebih awet dan terlindungi.

3. Sebagai Identitas Produk

Jika perusahaan sudah memiliki nama tenar, tentu pembeli sudah bisa menentukan jika ada produk baru hanya dengan melihat kemasannya. Terkadang, Dia langsung membeli sekalipun tidak mengetahui kualitas produk tersebut. Maka dari itu, kemasan sangat penting. Karena itu berhubungan dengan jati diri perusahaan.

4. Meningkatkan Efisiensi

Jika produk masih dalam bentuk batangan apalagi pecahan, tentu proses penghitungannya lebih rumit dan lama. Sehingga efisiensi tidak terjadi. Nah, dengan adanya kemasan, cara menghitungnya lebih mudah. karena barang sudah menjadi satu dan siap untuk dikirimkan.

5. Melindungi Pengaruh Produk Lain

Dalam pengiriman satu produk, biasanya dicampur dengan produk lain sekalipun jenis berbeda. Jika tanpa kemasan, dikhawatirkan, produk terkontaminasi senyawa jahat dari produk di sampingnya. Apalagi jika berkaitan dengan produk kimia. tentu berbahaya jika masuk ke produk makanan. Maka dari itu, kemasan penting untuk dibuat.

6. Memberikan Nilai Berbeda

Dengan adanya kemasan, nilai produk lebih tinggi dibandingkan yang telanjang. Sehingga, daya tarik dan animo masyarakat meningkat. Dalam kondisi ini, bentuk kemasan tidak terlalu diperhatikan. Yang terpenting, produk terbungkus dengan rapi.

7. Menjadi Sarana Informasi

Produk akan laris, jika promosi lengkap. Nah, dengan adanya kemasan, Anda tinggal memasang website, nomor hubung dan alamat di sana. Sehingga, masyarakat lebih mengenal produk. Karena informasi dan layanan promo bisa didapatkan dengan mudah.

Jenis-jenis Kemasan

Setelah mengetahui fungsi kemasan, berikut kami jelaskan tentang jenis-jenis kemasan. Ini dia penjelasannya yang kami bagi menjadi dua menurut struktur isi dan berdasar frekuensi pemakaian, yaitu:

Kemasan Berdasar Struktur Isi

1. Kemasan Primer

Kemasan primer adalah kemasan yang langsung membungkus produk jadi. Biasanya ini berbentuk botol dari plastik maupun kaleng.

2. Kemasan Sekunder

Kemasan sekunder adalah kemasan yang membungkus kemasan lebih kecil. Biasanya, kemasan ini dibentuk dengan ukuran besar. seperti karton, kotak kayu dan wadah buah.

Berdasar Frekuensi Pemakaian

Jenis kemasan selanjutnya adalah tergantung pemakaian. Ada yang bisa dipakai berulang-ulang. Bisa juga sekali pakai langsung dibuang. Biasanya untuk kemasan yang dipakai berulang-ulang, pembeli tidak membuang melainkan dikembalikan ke agen.

Kesimpulan

Mengingat fungsi kemasan yang sangat penting dalam suatu produk, membuat kemasan harus sesuai standar yang berlaku agar terjamin keamanannya. Penting juga bagi Anda untuk membuat kemasan yang unik dan bagus agar barang yang Anda jual lebih mudah di ingat oleh pelanggan Anda. Jika Anda membutuhkan pembukuan yang lebih mudah dalam menjalankan bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi sebagai solusi kemudahan pencatatan transaksi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja. Dengan fitur terlengkap dan harga yang paling terjangkau, menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi pilihan konsumen Indonesia dan memenangkan Top Brand Award untuk kategori software akuntansi selama 4 tahun berturut-turut

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×