Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

Mudahnya Menyusun Faktur Penjualan E-Commerce dengan Accurate Online

ABC Palem > Accurate Online  > Mudahnya Menyusun Faktur Penjualan E-Commerce dengan Accurate Online
Accurate Online

Mudahnya Menyusun Faktur Penjualan E-Commerce dengan Accurate Online

E-commerce merupakan salah satu model bisnis digital yang sedang populer di Tanah Air. Ini didukung dengan makin tingginya minat dan kebutuhan masyarakat akan aktivitas belanja yang praktis. Survei dari We Are Social melaporkan setidaknya terjadi peningkatan konsumsi belanja online di Indonesia sebanyak 26% pada tahun 2018.

Nah, salah satu komponen penting dalam transaksi e-commerce adalah faktur atau invoice. Bukti transaksi antara penjual dan pembeli ini bisa berupa dokumen fisik (lembaran nota) yang biasanya dibuat lewat software akuntansi semacam Accurate Online.

Seberapa Pentingkah Faktur dalam Bisnis E-Commerce?

Accurate Online

ABC Palem

Selain berfungsi sebagai dokumen dalam pencatatan arus keuangan usaha, faktur juga bisa digunakan sebagai bukti sah jika sewaktu-waktu pembeli melakukan komplain, berapa pun nilai atau nominalnya. Jadi, penting bagi bisnis apa pun, termasuk e-commerce, menggunakan faktur dalam setiap transaksinya.

Adapun komponen-komponen penting yang wajib ada dalam faktur yaitu:

  • Identitas perusahaan (e-commerce)
  • Nama pembeli
  • Kode dan nomor transaksi
  • Tanggal transaksi
  • Detail transaksi (jumlah, jenis barang, nominal)
  • Nama & tanda tangan pembeli
  • Nama & tanda tangan penjual
  • Stempel perusahaan
  • Keterangan lainnya

Selain faktur, ada juga e-faktur, yang merupakan dokumen elektronik yang memuat detail transaksi antara penjual dan pembeli. Direktorat Jenderal Pajak per 2014 mengharuskan setiap perusahaan kena pajak untuk menggunakan e-faktur demi menghindari penyalahgunaan laporan pajak.

Accurate Online: Software Akuntansi untuk E-Commerce

Accurate Online

ABC Palem

Faktur penjualan berguna untuk mendokumentasikan dan mencatat semua transaksi jual beli, sehingga perusahaan memiliki rekam akuntansi yang rapi. Nah, salah satu software canggih yang sangat disarankan untuk para pebisnis e-commerce adalah Accurate Online.

Di Accurate Online, Anda bisa membuat faktur dengan mudah, cepat, dan praktis. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Customer Statement, Reminder Piutang, serta Laporan Faktur Belum Lunas yang diperlukan dalam setiap transaksi penjualan.

Dengan desain yang sederhana dan aplikatif, software berbasis cloud ini memiliki beragam template faktur yang profesional. Anda pun bisa meng-custom faktur sesuai dengan selera dan kebutuhan. Dengan Accurate Online, arus penagihan dan penerimaan pembayaran pun bisa lebih terkontrol dan tepat waktu.

Tertarik menggunakan Accurate Online untuk kebutuhan e-commerce Anda? Coba gratis 30 hari di ABC Palem sekarang!

Admin
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website