fbpx
skip to Main Content
Mudahnya Pembukuan Bisnis Ritel Dengan Accurate Online

Mudahnya Pembukuan Bisnis Ritel Dengan Accurate Online

Selain pembukuan yang baik, pada bisnis ritel juga ada memiliki tantangan lain yaitu penghitungan stok yang harus selalu up to date. Menyimpan catatan akurat tentang uang Anda sangat penting untuk setiap bisnis, tetapi beberapa aspek ritel membedakannya dari industri lain ketika menyangkut akuntansi. Pemantauan stok harus mencakup menghitung biaya serta memantau jumlah setiap item yang Anda miliki dalam stok.

Dengan Accurate Online Anda dengan mudah mengelola pembukuan berbagai jenis bisnis dengan benar, termasuk bisnis ritel. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Accurate Online lakukan untuk pembukuan bisnis ritel yang lebih optimal :

1. Manajemen Stok

Ini adalah faktor pembeda utama antara pembukuan bisnis ritel dan lainnya. Sebagai pemilik usaha ritel, Anda harus memiliki stok yang memadai untuk menghindari rak kosong.

Di sisi lain, memiliki stok lebih dari yang diperlukan berarti  menghabiskan lebih banyaj biaya untuk barang yang Anda jual, tentunya ini akan mengurangi biaya untuk pos pengeluaran lainnya. Oleh karena itu, manajemen persediaan adalah bagian penting dari proses akuntansi ritel yang sangat baik.

Untuk memantau volume berbagai produk, perusahaan ritel harus memiliki manajemen stok yang terkomputerisasi melalui barcode. Dengan begitu produk secara otomatis dimasukkan ke dalam sistem setelah pembelian dan dikurangi ketika terjual. Tentunya ini akan membuat kontrol stok dan transaksi jauh lebih mudah dikelola.

Untuk akuntan di sektor ritel, tugasnya tidak hanya untuk melacak biaya barang yang dijual tetapi juga untuk memantau nilai persediaan yang tersisa pada tanggal batas tertentu – hari terakhir bulan itu atau saat finalisasi neraca misalnya. Ada beberapa metode untuk menghitung biaya persediaan.

  • LIFO – Ini berarti “terakhir masuk, keluar pertama” yaitu, penambahan inventaris terbaru diasumsikan telah dijual terlebih dahulu. Biasanya untuk barang-barang yang tidak mudah rusak.
  • Rata-rata tertimbang (Avarage) – Untuk sampai pada nilai persediaan dalam metode ini, biaya setiap item pada persediaan harus dikalikan dengan jumlah unit dalam persediaan masing-masing dan semua sub-total harus ditambahkan. Ini bisa menjadi proses yang lama untuk toko ritel besar.

Dengan Accurate Online, Anda dengan mudah memilih metode persediaan yang tepat untuk bisnis Anda. Hal ini akan membuat setiap laporan stok lebih rapi dan minim kesalahan.

Tidak hanya itu, pada Accurate Online juga terdapat fitur stok opname dan penyesuaian stok yang dapat Anda gunakan pada saat laporan stok dan stok sebenarnya tidak sesuai.

2. Pelaporan Pajak Penjualan

Sistem pajak di Indonesia memungut pajak atas setiap penjualan ritel, Undang-undang juga menetapkan bahwa uang yang dikumpulkan harus segera dikirim ke kas Pemerintah. Karena itu, dalam akuntansi ritel, semua pajak atas penjualan harus dicatat sebagai hutang.

Oleh karena itu, akuntan ritel dapat mengetahui jumlah pajak yang harus dibayar pada waktu tertentu dari “hutang pajak.” Di industri lain, ini dicatat sebagai pendapatan yang akan dibalik pada waktu pajak.

Accurate Online sendiri memiliki fitur perpajakan lengkap untuk setiap bisnis yang belaku di indonesia mulai dari pencatatan per faktur penjualan, impor faktur pajak, email faktur pajak, SPT PPN / PPNBM, ePPH 2326 dan ePPH 1771, SPT PPh pasal 23, SPT PPh pasal 4 (2), dan  SPT PPh pasal 15.

3. Pemrosesan Penggajian

Proses penggajian dapat menjadi kegiatan yang rumit untuk sektor ritel. Hutang gaji akan terus ada dasetiap bulan, ditambah lagi itu adalah tugas penghitungan pajak yang rumit setiap tahun di mana pajak bisnis dan perorangan untuk karyawan tetap dan sementara harus dihitung dan pengembalian diajukan.

Accurate Online memiliki fitur penggajian atau payroll yang memudahkan Anda dalam menghitung besaran gaji sekaligus pajak yang dikenakan untuk setiap karyawan.

4. Laporan Keuangan dan Laporan Hutang Piutang

Akuntansi untuk sektor ritel unik adalah berisi banyak data yang perlu diproses untuk menghasilkan setiap laporan yang berhubungan keuangan. Pemilik ritel harus mendapatkan laporan tentang pengeluaran, harga pokok penjualan, volume penjualan, saldo persediaan dan piutang dan hutang.

Maka harus ada jadwal penagihan untuk piutang sehingga dana yang tertahan bisa ditindaklanjuti. Semua ini adalah proses pembukuan yang rumit, karena ada sejumlah besar variabel yang harus dipertimbangkan. Bisa dibayangkan jika Anda menggunakan proses pembukuan manual?

Dengan Accurate Online Anda bisa membuat pengingat pada setiap transaksi yang berhubungan dengan hutang dan piutang dalam bisnis.  Jika Anda menemukan pelanggan berhutang banyak uang kepada Anda, Anda harus mengurangi kredit yang Anda berikan.

Di sisi lain Anda juga harus memperhatikan laporan keuangan. Laporan ini sangat penting karena banyak keputusan manajemen ritel didasarkan pada mereka. Dengan laporan keuangan Anda bisa melacak barang-barang yang dijual cepat dan memesan lebih banyak barang tersebut dan perlahan-lahan menghilangkan produk yang kurang laku dan tidak perlu menempati ruang rak.

Accurate Online adalah software akuntansi dengan laporan keuangan terlengkap. Tidak hanya laporan keuangan standar seperti laporan laba rugi, neraca, dan arus kas. Dengan Accurate Online Anda bisa mendapatkan laporan keuangan lebih terperinci seperti rasio keuangan, umur piutang, porsi penjualan perbarang, rincian penjualan perbarang, target penjualan per-kategori, dan masih banyak lagi.

Laporan- laporan pembukuan tersebut tentunya sangat penting untuk meningkatkan efisiensi operasional toko ritel.

5. Terintegrasi dengan Software Kasir

Hampir kebanyakan sektor ritel menggunakan software POS atau kasir untuk mempermudah pencatatan transaksi. Perbedaan penggunaan pasti akan terjadi. Sebagai contoh, keperluan toko buku akan berbeda dari toko kelontong atau toko pakaian.

Dengan menginstal software kasir untuk toko ritel Anda, Anda mendapatkan lebih banyak kemudahan yang Anda perlukan untuk mengoptimalkan jalannya bisnis Anda. Anda bisa mendapatkan perangkat lunak akuntansi ritel umum dan kemudian menyesuaikannya sesuai kebutuhan Anda.

Contoh software kasir atau POS yang banyak digunakan di Indonesia adalah Rene POS dan Moka Pos. Jika Anda menggunakan software POS seperti RENE atau Moka POS, maka Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan laporan penjualan dan transaksi yang terjadi di Accurate Online melalui fitur marketplace.

Dengan penggabungan perekaman dan pencatatan transaksi yang mudah dan cepat, tentunya ini akan membuat proses bisnis Anda menjadi lebih optimal dan berkembang dengan cepat.

Terapkan Pembukuan yang Teratur untuk Bisnis Anda

Dengan software akuntansi yang tepat, Anda tidak hanya dapat melacak stok dan biaya atau mengintegrasikan ke aplikasi lain untuk mengelola bagian spesifik dari bisnis Anda.

Software akuntansi memungkinkan pemilik ritel untuk mengelola keuntungan mereka dengan lebih baik. Dengan semua angka di ujung jari Anda, perangkat software akuntansi yang baik dapat menyusun laporan dan presentasi yang akan membantu Anda melihat dengan tepat bagaimana kinerja bisnis Anda.

Jadi apa yang Anda tunggu? Accurate Online adalah software pembukukan bisnis ritel yang tepat akan membantu Anda menjaga denyut nadi bisnis Anda dan memenuhi kebutuhan pelanggan Anda yang selalu berubah.

Coba gratis 30 hari sekarang disini.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top