logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

Nomor Seri FP via E-NOFA

ABC Palem > Info Terkini  > Nomor Seri FP via E-NOFA

Nomor Seri FP via E-NOFA

Mulai 1 Juni 2013, seluruh Wajib Pajak Pengusaha Kena Pajak (PKP) sudah bisa meminta Nomor Seri FP via E-Nofa (Elektronik peNomoran faktur pajak). E-Nofa adalah sistem atau aplikasi baru penomoran faktur pajak.

Penerapan E-Nofa merupakan salah satu bentuk sistem komputerisasi berbasis Sistem Informasi yang tengah digencarkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak. Adanya E-Nofa, diharapkan dapat mencegah penggunaan faktur pajak fiktif dan mempermudah dalam pengawasan penomoran faktur pajak dari PKP.

Tidak semua PKP bisa mendapatkan E-Nofa ini. Hanya pengusaha yang tertib dan diyakini keberadaannya saja yang akan mendapat jatah nomor faktur pajak ini, yaitu mereka yang telah dilakukan kegiatan verifikasi dan registrasi ulang.

Bagaimana PKP bisa mendapatkan E-Nofa ini?
  1. PKP harus mengajukan surat permintaan kode aktivasi dan kata sandi (password) ke kantor pajak setempat. Apabila disetujui, maka kode aktivasi dan kata sandi akan diberikan kepada PKP tadi. Kode aktivasi akan dikirim melalui pos sementara kata sandi (password) akan dikirimkan melalui e-mail.
  2. Setelah PKP mendapatkan kode aktivasi dan kata sandi (password), PKP sudah bisa mengajukan surat permintaan kode dan nomor seri faktur pajak secara online melalui aplikasi E-Nofa tanpa harus mendatangi Kantor Pajak lagi.

E-Nofa merupakan bentuk peningkatan pelayanan Ditjen Pajak kepada masyarakat khususnya PKP melalui pengendalian nomor seri faktur pajak yaitu penomoran faktur pajak yang kini tidak lagi dilakukan sendiri secara manual oleh PKP tetapi dikendalikan oleh Ditjen Pajak.

Admin
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.