skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

Pengertian, Ciri-Ciri, Kelebihan dan Kekurangan dari Pasar Modern

Pada dasarnya, pasar modern adalah salah satu jenis pasar yang mana produknya bisa dijual dengan harga pas, sehingga di dalamnya tidak akan ada kegiatan tawar menawar pada harga barang antara pihak penjual dan juga pihak pembeli. Berbagai produk yang diperjual belikan di dalam pasar ini adalah produk yang sudah teruji kualitasnya dan harganya sudah dibandrol dengan harga yang sesuai. Biasanya, pasar modern ini berada di suatu perkotaan atau pinggiran kota dengan kondisi lingkungan yang bersih dan nyaman. Di dalam pasar ini, ada banyak sekali produk yang dijual, mulai dari kebutuhan sandang, pangan, hingga papan. Beberapa contoh dari pasar modern yang ada disekitar kita adalah Matahari Department Store, Ramayana, Hypermart, Carrefour, Hero, Alfamart, Indomaret, dll.

Ciri-Ciri Pasar Modern

Sebagai pembeli, kita bisa dengan mudah mengenali adanya pasar modern berdasarkan ciri-ciri yang ada didalamnya. Beberapa ciri-ciri tersebut adalah:

  • Tidak ada proses tawar menawar harga untuk membeli suatu barang
  • Harga pada setiap barang sudah tertera dan akan diberi semacam barcode untuk mengenalinya.
  • Terdapat banyak sekali jenis barang yang dijual dengan kualitas terbaik.
  • Pasar modern ini biasanya berada pada satu bangunan yang mana pelayanannya dilakukan secara mandiri.
  • Kondisi pasar ini biasanya akan menjaga kebersihan dan kenyamanan dengan dilengkapi AC dan petugas kebersihan.
  • Umumnya, Kondisi pasar lebih bersih dan nyaman karena dilengkapi dengan Air Conditioner dan petugas kebersihan.
  • Terdapat campur tangan pemerintah di dalam kegiatan ekonomi pada pasar ini.
  • Pembayaran produk dilakukan di kasir.
  • Pelayanan yang disediakan pada pasar ini mampu memuaskan para konsumennya.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Modern

1. Kelebihan Pasar Modern

  • Menjual Produk Berkualitas

Setiap produk yang diperjual belikan pada pasar ini harus mampu melalui standar kualitas tertentu untuk memberikan kualitas yang baik. Setiap pedagang juga umumnya akan memberikan diskon untuk beberapa barang berkualitasnya agar bisa tetap laku.

  • Kondisi Pasar Bersih dan Nyaman

Kebersihan lingkungan di dalam pasar ini adalah hal wajib karena sangat berkaitan erat dengan kenyamanan dan juga kepuasan konsumen untuk berbelanja. Dalam memenuhi hal tersebut, maka umumnya pasar ini akan menyediakan petugas kebersihan dan penyejuk udara.

  • Membuka Lapangan Pekerjaan

Pasar ini akan memerlukan banyak sekali karyawan untuk melayani setiap konsumennya, seperti petugas kebersihan, security, kasir, customer service, dll. hal tersebut tentu saja akan mampu membuka banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat yang berada di sekitar wilayah pasar tersebut.

  • Meningkatkan PDB

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa produk domestik bruto atau pdb adalah suatu nilai total dari jumlah produksi barang dan jasa pada suatu negara pada kurun waktu tertentu. Dengan hadirnya pasar modern ini, maka perekonomian negara akan turut terbantu.

2. Kekurangan Pasar Modern

  • Konsumen Beralih ke Pasar Modern

Dengan adanya beberapa kelebihan yang ada pada pasar ini, tentunya akan menarik perhatian banyak konsumen, sehingga banyak konsumen pasar tradisional beralih ke pasar modern, dan mengurangi pembeli di pasar tradisional secara otomatis.

  • Terjadi Kesenjangan Ekonomi

Adanya peralihan konsumen yang ada dari pasar tradisional ke pasar modern akan menurunkan pendapatan para pedagang yang ada di pasar tradisional. Terlebih lagi, sebagian besar pedagang tersebut adalah mereka yang berasal dari golongan kelas menengah ke bawah, sedangkan pemilik pasar modern umumnya berasal dari golongan menengah keatas. Sehingga, hal tersebut akan melahirkan kesenjangan ekonomi yang semakin tinggi.

  • Terjadi Eksploitasi Terhadap Pemasok

Biasanya, pasar modern yang ada pada suatu wilayah bisa dihitung dengan jari, sedangkan jumlah pemasoknya adalah sangat banyak. Adanya persaingan antar pihak pemasok atau distributor ini seringkali dimanfaatkan dan juga dieksploitasi oleh pasar ini dengan tujuan agar produk dari pemasok tersebut bisa diminati oleh pasar.

  • Terjadi Pengurangan Devisa Negara

Karena potensi sumber daya dari pasar domestik cenderung besar, maka akan ada pasar asing yang turut masuk ke pasar Indonesia. kegiatan penanaman modal atau investasi di Indonesia oleh pihak asing ini terjadi terus menerus hingga hari ini. Efek yang bisa terjadi dalam jangka panjang adalah pihak asing tersebut mampu mengurangi penghasilan devisa negara, seperti meningkatnya aktivitas impor, selain itu keuntungan bunga dan dana yang ada di dalamnya juga akan bisa dikirim ke negara lain.

Karakteristik Pasar Modern

  • Pemilihan Lokasi

Lokasi sangat berhubungan langsung dengan target pasar yang ingin diperoleh. Untuk itu, setiap pasar modern memiliki target pasar yang berbeda.

  • Tata Letak Barang dan Desain

Tata letak dan pengaturan barang pada pasar modern biasanya akan dikelompokkan berdasarkan jenis pada produknya.

  • Sarana Pelayanan Berbelanja

Bentuk pelayanan yang diberikan di dalam pasar modern biasanya dimulai dengan hadirnya pramuniaga dan sarana dalam berbelanja. Sarana tersebut biasanya dilengkapi dengan mesin kasir, ruang coba baju, dan tas atau keranjang belanja. Ketiga hal ini sudah lumrah dan ada di pasar modern. Dengan adanya sarana tersebut, maka akan mempermudah setiap konsumen untuk berbelanja, sehingga mereka bisa lebih cepat mendapatkan seluruh produk yang diinginkannya. Sebaliknya, jika sarana dan pelayanan tersebut terganggu, maka konsumen akan menjadi tidak nyaman. Pasar modern ini akan memberikan keleluasaan yang besar kepada pihak konsumen untuk memilih barang, baik itu dari sisi ukuran, model, harga hingga keutuhan dari barang tersebut, sehingga pihak konsumen akan memilih barangnya sendiri sepuas-puasnya. Hal tersebut juga akan meminimalisir adanya kerusakan barang. Meskipun begitu, biasanya pihak pasar modern tetap memberikan pelayanan berupa customer service sebagai layanan purna jualnya.

Sistem Pengadaan Barang

Biasanya akan ada satu tim yang diberikan tanggung jawab untuk melakukan pembelian barang dan memenuhi keperluan setiap toko yang ada. Tim pembelian tersebut akan menggunakan anggaran pembelian tahunan yang selanjutnya akan disesuaikan dengan sistem kontrol bulanan untuk bisa mendapatkan gambaran yang jelas terkait jumlah pembelian barang. Selain itu, tim tersebut juga akan melakukan negosiasi terkait harga pembelian dengan pihak distributor seta akan menentukan harga penjualan yang tepat.

Sistem Penjualan

Penjualan produk yang ada pada pasar modern biasanya akan dilakukan secara langsung oleh konsumen. Produk tersebut sudah diberikan label harga, sehingga dalam prosesnya tidak ada proses tawar menawar barang seperti pasar tradisional. Proses penjualan yang dilakukan dalam jumlah sedikit pada pasar ini umumnya akan dilakukan secara cash atau kontan, bisa dengan kartu kredit ataupun debit.

Pendistribusian Barang

Setiap pasar modern memiliki jaringan toko yang cukup luas, sehingga pendistribusian barang akan menjadi sangat penting. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya penumpukan stok di gudang yang bisa meningkatkan biaya. Biasanya, produk barang tersebut sudah dipusatkan pada gudang pusat sebelum akhirnya disebarkan oleh tim penyalur barang. Setelah melalui pemeriksaan kualitas, selanjutnya barang-barang tersebut akan disalurkan pada toko lain secara cepat. Sedangkan untuk pemeriksaan barang, biasanya akan dilakukan secara sentralisasi pada beberapa gudang agar proses negosiasi dengan pihak pemasok menjadi lebih cepat dan juga efisien.

Sistem Pembayaran

Pembayaran produk yang terdapat di pasar modern akan dilakukan secara cash, atau menggunakan kartu kredit. Kartu kredit yang digunakan bisa berupa kartu kredit yang diterbitkan oleh penerbit bank, atau dari pasar modern itu sendiri.

Sistem Keamanan Barang

Pencurian barang dagang pada pasar modern adalah suatu masalah yang sangat serius dan bisa mempengaruhi tingkat rentabilitas pada suatu departemen store. Beberapa bentuk pencurian tertinggi biasanya terjadi pada pakaian wanita, pakaian pria dan aksesoris tertentu. Sedangkan beberapa tempat yang rawan pencurian adalah daerah sekitar pintu masuk, ruang uji coba pakaian, dan ruang penerimaan ataupun penyerahan barang. Untuk mengatasi hal tersebut, setiap pasar modern memiliki berbagai macam cara, seperti dengan memasang cermin berbentuk cembung, kamera cctv, dll.

Penutup

Demikianlah artikel tentang pasar modern, baik itu dari pengertian , ciri-ciri, kelebihan dan kekurangannya. Jadi, pasar modern adalah salah satu jenis pasar yang mana produknya bisa dijual dengan harga pas, sehingga di dalamnya tidak akan ada kegiatan tawar menawar pada harga barang antara pihak penjual dan juga pihak pembeli. Nah, biasanya, pasar modern sudah mampu menggunakan tekonologi terkini dengan baik agar mampu membantu kesuksesan bisnisnya, seperti dengan menggunakan teknologi software akuntansi dari Accurate Online. Accurate Online adalah aplikasi akuntansi yang mudah digunakan dan sangat praktis, bahkan oleh Anda yang tidak memiliki pengetahuan tentang akuntansi sekalipun. Accurate Online juga akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai proses akuntansi yang rumit. Selain itu, Anda juga bisa mengelola stok barang, aset perusahaan, sampai dengan laporan laba rugi perusahaan secara instan. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×