skip to Main Content
Pentingnya Influencer Dalam Pengembangan Bisnis Di Era Digital

Pentingnya Influencer dalam Pengembangan Bisnis di Era Digital

Di dunia saat ini yang didorong oleh teknologi, yang terhubung secara virtual, perubahan luar biasa terjadi dalam cara orang memahami brand awareness dan membuat keputusan pembelian. Mereka tidak lagi yakin dengan apa yang dikatakan suatu merek tentang produknya; sebaliknya, mereka membentuk pendapat mereka sendiri melalui informasi yang mereka dapatkan dari berbagai platform online dan offline salah satunya melalui influencer. Meskipun tren perilaku konsumen ini sedang meningkat, ini tidak berarti bahwa cara tradisional pertumbuhan bisnis seperti referensi dari mulut ke mulut, referensi dan iklan reguler telah kehilangan kemanjurannya. Hanya saja konsumen rata-rata saat ini mampu menyaring volume data yang luar biasa dengan kecepatan tinggi.

Banyak pengusaha, eksekutif dan pemimpin bergantung pada lingkungan yang dapat diprediksi untuk menumbuhkan karier mereka, secara tradisional bisnis atau organisasi. Tetapi dalam lingkungan yang terus berubah, akan menjadi lebih penting untuk mengembangkan strategi karier dan bisnis yang masuk akal dan memanfaatkan peluang. Waktunya telah tiba bagi setiap pemimpin dan pengusaha yang bermaksud untuk berhasil mengambil alih lintasan pertumbuhan mereka alih-alih hanya mengandalkan strategi pemasaran digital dan sosial tradisional mereka.

Bangkitnya Influencer Marketing

Influencer telah berevolusi menjadi segment kecil, spesifik, khusus pengguna media sosial. Mereka memiliki kehadiran media sosial yang signifikan dan basis pengikut yang layak yang dapat berkisar dari beberapa ratus hingga beberapa juta. Dari Facebook, Instagram dan Twitter hingga LinkedIn, YouTube, Google+, situs blogging, Snapchat, dan semua platform media sosial lainnya, influencer kini ada di mana-mana, mendukung produk, membuat rekomendasi, dan memengaruhi persepsi, perilaku, dan keputusan pembelian orang.

Hal yang harus Anda Perhatikan

Tidak semua individu atau merek yang mendekati influencer akan dapat memanfaatkan jasanya secara optimal. Bahkan, ada beberapa yang tidak mendapatkan dampak apapun jika Anda salah memilih influencer untuk pemasaran bisnis Anda

Perhatikan posisi influencer berdasarkan tiga faktor ini :

• Kekuatan dan karakter individu atau merek

• Persona, persepsi, dan reputasi mereka

• Hubungan mereka dengan influencer lain

Gabungkan semuanya, dan voila! Anda memiliki strategi penentuan posisi influencer langsung.

Sederhananya, individu atau merek harus berinvestasi dalam membangun pengaruh mereka sendiri serta mengembangkan hubungan yang kuat dengan influencer sampai mereka dapat memanfaatkan posisi influencer terbaik.

Korelasi Antara Karakter Merek Dan Posisi Influencer

Perhatikan contoh dua merek. Merek A memiliki pesan merek yang kuat, menekankan proposisi penjualan yang unik dan memiliki reputasi yang baik. Merek B, di sisi lain, memiliki pendekatan yang buruk terhadap persona dan dampaknya dan hanya mengandalkan inisiatif pemasaran digitalnya. Sekarang, jika kedua merek memposisikan merek mereka masing-masing melalui influencer, yang mana di antara mereka yang dapat memanfaatkannya dengan baik?

Sebuah merek yang tidak memiliki pesan, kepribadian, dan kredibilitas yang kuat dan hanya mengandalkan kekuatan influencer untuk mengirimkan pesannya dan menciptakan dampak pasti akan sangat menyedihkan. Merek ini hampir seperti parasit yang hanya berharap berkembang pada pengaruh influencer. Tanpa pesan yang pasti dan singkat, mereka mungkin menarik minat beberapa kepribadian media sosial, tetapi mereka tidak akan mendapatkan dampak pemasaran melalui influencer secara optimal

Disisi lain, jika Anda atau merek Anda tidak memiliki integritas, kekuatan, reputasi, dan kredibilitas, bisa saja hal itu malah tidak hanya akan merugikan bisnis Anda, namun juga merugikan influencer itu sendiri. Dalam kasus terburuk, mempromosikan merek yang tidak memiliki kredibilitas dapat merusak kredibilitas influencer itu sendiri. Sebaliknya, jika sebuah merek yang sudah mempertahankan reputasi dan pengaruh pasar berusaha untuk terhubung dengan influencer sejati, hal itu akan menciptakan simbiosis yang baik bagi merak Anda dan influencer yang bersangkutan, dan dampaknya pada audiens target bertambah secara eksponensial.

Ini mungkin terdengar seperti proses yang membosankan, tetapi percayalah, itu akan secara signifikan membantu merek Anda menonjol, membuat dampak, memengaruhi massa, dan mendorong keterlibatan.

Kesimpulan

Kegiatan branding yang efektif adalah membuat orang menunjukkan minat pada merek Anda. Semakin banyak orang membicarakannya, semakin banyak keterlibatan yang akan Anda dapatkan dan semakin kuat jadinya. Sudah saatnya merek menyadari bahwa pemasaran influencer adalah pilihan jenis pemasaran yang baik. Jika Anda masih ragu dengan opsi ini, itu berarti Anda melewatkan kesempatan bagi merek bisnis Anda untuk dikenal lebih jauh. Namun agar efektif, Anda harus membangun kredibilitas merk Anda dengan cara menghargai konsumen dan memperbaiki produk yang Anda hasilkan.

Jika Anda kesulitan dalam melakukan pembukuan bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan telah memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang. Memiliki fitur terbaik dengan harga yang paling terjangkau di Indonesia, Anda juga dapat mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×