skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

Pentingnya Social Media Management dan 7 Rekomendasi Tools Social Media Management

Social media management memiliki keterkaitan yang erat dengan digital marketing yang pada saat ini sedang banyak diperbincangkan. Penggunaan akun media sosial saat ini memang terus-menerus mengalami pembaruan, sehingga mampu memberikan keuntungan tersendiri. Tapi sayangnya belum banyak pebisnis yang menyadari akan pentingnya mengelola akun media sosial bisnisnya. Mengelola akun media sosial memang tidak bisa kita samakan dengan melakukan marketing seperti biasanya, sehingga kita harus benar-benar memahaminya dengan baik. Social media management yang tepat dan juga benar mampu memberikan keuntungan tersendiri untuk perusahaan. untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara melakukan social media management untuk bisnis Anda.

Apa itu Social Media Management?

Sebagai pebisnis, Apakah Anda sudah akrab dengan pengelolaan akun media sosial bisnis? bila hal tersebut masih asing, maka tidak ada salahnya untuk mempelajari social media management lebih dalam lagi. Khususnya dimulai dari berbagai hal dasar terlebih dahulu terkait pengelolaan akun media sosial. Pada intinya, social media management adalah penggunaan berbagai tools, software maupun layanan yang mampu membantu para pebisnis dalam membagikan konten bisnisnya di media sosial. Beberapa hal yang bisa dikategorikan dalam kegiatan social media management adalah menjadwalkan waktu posting di media sosial, melakukan interaksi dengan target audience, sampai mengelola respon di media sosial secara cepat.

Pentingnya Social Media Management

Sebagian besar pebisnis masih belum banyak menyadari betapa pentingnya social media management. Tujuan utama dari adanya kegiatan social media management adalah untuk mempresentasikan bisnis lewat media sosial. Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh pebisnis bila mereka mampu menerapkan social media management dengan baik, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mampu Meningkatkan Brand Awareness

Menerapkan social media management yang baik dan tepat dengan diiringi konten yang berkualitas serta teratur ternyata mampu meningkatkan kesadaran audiens akan keberadaan brand Anda di media sosial. Tentunya hal ini mampu meningkatkan brand awareness dan akan membuat bisnis Anda jadi lebih mudah untuk tumbuh dan berkembang.

2. Media Promosi, Informasi, dan Berita yang Praktis

Saat ini, masyarakat sudah sangat paham bahwa setiap toko ataupun perusahaan mempunyai presensi tersendiri di media sosial. Sehingga, bila Anda ingin memperkenalkan produk Anda di media sosial, Anda tinggal menguploadnya saja agar bisa memperoleh target pasar yang lebih luas. Terlebih lagi, promosi dengan menggunakan media sosial jauh lebih praktis, murah, dan juga hemat sumber daya.

3. Meningkatkan Penjualan

Dalam mempelajari social media management  terdapat ilmu tentang social media marketing. Sehingga, konten yang Anda upload di media sosial mampu menarik banyak minat dan juga daya beli audiens. Secara langsung hal ini nantinya mampu meningkatkan penjualan dan berbagai keuntungan lainnya untuk bisnis Anda.

4. Memperkenalkan Perusahaan Secara Luas

Dewasa ini, pengguna media sosial di Indonesia sendiri sebenarnya sudah sangat banyak. Sehingga, menjadi salah satu target pasar yang luas. Saat Anda membuat akun media sosial, maka Anda sebenarnya sedang memperkenalkan bisnis Anda secara luas di media sosial. Terlebih lagi bila akun tersebut bisa Anda kelola dengan baik, maka tingkat kepercayaan audiens pun akan meningkat secara otomatis.

5. Menunjukkan Kualitas dan Jati Diri Perusahaan

Di era yang sudah serba digital seperti saat ini, menjual produk atau layanan jasa bukan hanya sekedar menunjukkan apa yang sebenarnya Anda jual. Tapi, masyarakat akan jauh lebih tertarik dengan kualitas dan jati diri perusahaan yang menjualnya. Kualitas dan juga jati diri ini dikenal dengan brand personality. Dampak dari brand personality ini sangatlah besar untuk bisnis.

Tools Social Media Management

Mempunyai akun media sosial tidak hanya sebatas memperkenalkan bisnis Anda agar bisa mendapatkan jaringan yang baru, tapi juga berbagai keuntungan lainnya. Umumnya, perusahaan mempunyai akun media sosial pada platform yang berbeda-beda, seperti media sosial Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, LinkedIn, dll. Nah, agar bisa mempermudah Anda dalam mengelola akun media sosial tersebut, maka Anda bisa menggunakan berbagai tools social media management di bawah ini.

1. HootSuite

HootSuite adalah tools social media management yang sangat terkenal. Dengan menggunakan HootSuite, maka Anda bisa menjadwalkan setiap postingan, membalas pesan, dan juga mengetahui jumlah traffic di media sosial. Untuk itu, Hootsuite memiliki peran yang sangat penting sebagai alat yang mampu membantu Anda dalam mengelola seluruh akun di media sosial bisnis Anda.

2. Buffer

Buffer adalah salah satu tools social media management yang sangat mudah untuk digunakan dalam menjadwalkan konten di media sosial bisnis Anda. Bahkan, penjadwalan ini bisa Anda lakukan sampai satu minggu kedepan tanpa perlu lagi mengkhawatirkan konten. Tools ini sangat cocok untuk Anda yang memang tidak memiliki waktu untuk terus-menerus melakukan update konten di media sosial.

3. SocialOomph

SocialOomph adalah tool social media management yang bisa meningkatkan performa media sosial Anda. Terdapat banyak sekali layanan yang mampu diberikan oleh SocialOomph ini, seperti melacak kata kunci, auto follow secara otomatis, dan berbagai layanan lainnya.

4. Tweepi

Tweepi adalah layanan yang sangat berguna untuk mengelola akun media sosial Twitter bisnis Anda. Dengan menggunakan Tweepi, Anda bisa meningkatkan jumlah follower dan mengelola para follower tersebut dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa melakukan unfollow pada mereka yang tidak melakukan follow back pada akun bisnis Anda secara mudah.

5. Social Bro

SocialBro adalah suatu layanan web yang akan menyajikan data dan juga analisa yang sifat komprehensif. Sehingga, Anda akan lebih mudah untuk meningkatkan penjualan, pendapatan atau mempromosikan berbagai ide Anda di Twitter. Selain itu, seluruh agenda dan kampanye marketing juga bisa Anda buat secara mudah dengan melibatkan para followers yang relevan dengan bisnis Anda.

6. Crowdbooster

Crowdbooster adalah salah satu platform analisis media sosial yang akan membantu Anda dalam melihat tingkat efektivitas kampanye media sosial Anda melalui berbagai dasbor yang intuitif dan dibuat dengan baik. Contohnya seperti fitur pelaporan waktu secara realtime, yang di dalamnya akan menawarkan data terkini terkait siapa saja yang terlibat langsung dengan media sosial Anda. Selain itu, Crowdbooster juga akan membantu Anda dalam memberikan rekomendasi cara menjangkau audiens, dan cara meningkatkan kinerja media sosial Anda. Tentunya crowdbooster juga memiliki fitur penjadwalan dan juga otomatisasi konten. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi mengupload konten secara manual di media sosial Anda.

7. BuzzSumo

BuzzSumo adalah media sosial multifungsi dengan adanya tampilan dashboard analisis konten yang mampu memberikan data terkait topik yang saat itu sedang tren di seluruh channel media sosial. Anda bisa melakukan analisis data dari rentang waktu tertentu, dari 12 jam sebelumnya ataupun beberapa bulan sebelumnya. Sehingga, Anda bisa melihat secara sekilas tentang topik apa saja yang relevan dengan bisnis Anda agar bisa meningkatkan daya tarik media sosial Anda. Selain itu, BuzzSumo juga memiliki fitur tambahan, seperti operator pencarian kata kunci pada tingkat yang lebih lanjut, filter jenis konten, informasi backlink untuk website, dan fitur pemasaran untuk para influencer. Anda juga bisa mengurutkan dan juga mengekspor seluruh data tersebut dalam format yang sesuai agar Anda bisa melakukan pemeriksaan data secara lebih mendalam atau untuk proyek konten Anda selanjutnya.

Penutup

Tidak semua pebisnis mempunyai biaya, waktu dan juga kesempatan yang serupa dalam menerapkan social media management. Bila bisnis Anda memang sudah besar dan mempunyai anggaran yang besar, maka Anda bisa menggunakan layanan social media management dari pihak ketiga. Sehingga, akun media sosial Anda akan dijalankan oleh para profesional dan hasilnya pun akan lebih optimal. Tapi, bila Anda baru menjalankan bisnis dan tidak mempunyai anggaran yang cukup, maka Anda harus mengelolanya seorang diri. Sebenarnya,  mengelola media sosial sendiri tidak terlalu sulit, asalkan Anda sudah mempunyai rencana dan juga strategi pemasaran yang matang.

Jangan biarkan seluruh kebiasaan mengelola akun media sosial pribadi mempengaruhi akun bisnis Anda. Mengelola akun media sosial pribadi dan akun media sosial bisnis tentu berbeda. Untuk itu, Anda harus bisa menjaga profesionalitas Anda dalam menjalankan social media management sendiri. Selain itu, jangan lupa untuk terus mencatat laporan keuangan bisnis Anda secara rapi dan akurat. Tujuannya agar Anda bisa mengetahui posisi keuangan bisnis Anda saat ini dan menjadi bahan referensi yang tepat untuk menentukan bisnis Anda kedepannya.

Tapi jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencatat laporan keuangan, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Software akuntansi ini cocok untuk digunakan oleh industri dan skala bisnis apapun, mulai dari UMKM hingga bisnis skala besar. Di dalamnya, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Selain itu, Anda juga bisa menikmati fitur persediaan, pembelian, penjualan, perpajakan, kas dan bank, pembukuan, dan fitur menarik lainnya. Penasaran? Silahkan coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

×