skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

Peran Pentingnya GIF dalam Kegiatan Kampanye Content Marketing Suatu Perusahaan

Selama ini, umumnya GIF hanya digunakan sebagai bahan pelengkap dalam kegiatan kampanye content marketing suatu perusahaan. Padahal, GIF adalah salah satu format grafis kesayangan generasi milenial yang mampu menawarkan berbagai manfaat untuk para pemasar. Bahkan, seperti yang disadur dari laman Clickz, dua perusahaan raksasa saat ini, seperti Netflix dan Ogilvy, sudah merasakan kesuksesannya ketika merilis 100 GIF dalam kampanye marketing-nya di Paris, Prancis. Lalu, apa saja keuntungan yang akan didapatkan oleh para pemasar bila menggunakan GIF di dalam strategi pemasaran mereka? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang GIF di bawah ini.

Pengertian GIF

Graphics Interchange Format atau GIF adalah salah satu jenis format yang di dalamnya menggunakan format gambar bitmap dan mendukung 8 bits per pixel di setiap gambarnya. Jenis file ini akan membuat Anda bisa memberikan penambahan warna secara transparan. Hal yang paling menarik dari GIF adalah kemampuannya dalam membuat animasi walaupun masih dalam suatu tingkatan yang sangat sederhana. Untuk saat ini, format file GIF bisa mendukung sampai 256 warna RGB (Red, Green, Blue) 24 bit. Karena adanya keterbatasan tersebut, format seperti ini kurang mendukung jika digunakan dalam dunia percetakan ataupun dunia fotografi.

Tapi, format GIF tetap bisa digunakan untuk kebutuhan lain, seperti desain grafis ataupun pembuatan logo agar pilihan warnanya bisa tampil lebih solid. Gambar yang memanfaatkan format ini umumnya akan melalui proses kompresi agar bisa menurunkan ukuran file. Hal yang paling mengejutkan dalam pembuatan GIF adalah proses kompresnya yang tidak membuat kualitas gambar menjadi turun. Fitur tersebut dikenal dengan teknik lossless compression. Teknik tersebut sudah dipatenkan di tahun 1985 dan sempat terjadi kontroversi di beberapa perusahaan.

Karena kualitas di dalamnya yang kurang baik, lalu apa tujuan dibuatnya GIF? Format GIF sebenarnya masih sesuai untuk digunakan pada beberapa keperluan. Contohnya adalah untuk pembuatan logo dengan pilihan warna yang terbatas. Selain itu, tujuan dibuatnya GIF adalah untuk menyimpan data games dengan animasi yang sederhana dan resolusi yang rendah.

Kelebihan dan Kekurangan File GIF Adalah

Bila kita membicarakan kekurangan, maka sebenarnya file GIF mempunyai banyak sekali kekurangan, terlebih lagi di zaman saat ini. Format GIF sangat tidak sesuai untuk digunakan dalam dunia fotografi modern karena mempunyai tingkat resolusi yang cenderung rendah. Selain itu, terdapat keterbatasan pada penyimpanan data di gambarnya, sehingga akan berdampak pada ukuran dan juga kualitas gambar secara menyeluruh. Sebagian orang terkadang membandingkan file GIF dengan file JPG. Padahal bila dilihat dari sisi ukurannya saja, kedua file tersebut mempunyai perbedaan yang sangat jelas.

Gambar yang dibuat dengan format GIF memiliki ukuran yang lebih rendah daripada file JPG. Hal ini tentunya menjadi masalah yang cukup serius dalam dunia desain grafis saat ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Kenapa? Karena dibalik kekurangan yang terdapat pada format tersebut, tetap saja ada kelebihannya. Salah satu kelebihan dari format GIF adalah mampu membuat animasi gambar. Keunggulan ini tentunya bisa menjadi daya tarik tersendiri karena tidak semua format memilikinya.

Selain itu, format GIF juga mampu mendukung sampai 256 warna RGB 24 bit, sehingga mampu menghasilkan warna yang sangat baik. Terlebih lagi dengan adanya fitur lossless compression yang akan membuat Anda bisa melakukan proses kompresi tanpa menurunkan kualitas gambar tersebut secara menyeluruh. Tentunya fitur ini sangat jarang ditemukan pada format lainnya. Kelebihan lainnya dari format GIF adalah mampu membuat logo secara lebih menarik. Setiap detail yang ada pada logo bisa terdefinisi secara lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa membuat suatu ikon dengan menggunakan beberapa warna. Kelebihan terakhir dari format GIF adalah mampu mendukung transparansi gambar.

Manfaat GIF untuk Marketer

Karena GIF memiliki elemen animasi yang bergerak, maka format ini cenderung mempunyai daya tarik yang lebih tinggi di mata audiens. Selain itu, saat ini sebagian besar browser juga sudah banyak yang mendukung format GIF. Untuk Anda para marketer, berikut ini adalah manfaat yang akan Anda dapatkan saat menggunakan format gambar GIF:

1. GIF Membuat Kampanye Mudah Dipahami

Di zaman sekarang, tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa menarik para audiens adalah masalah yang sangat serius. Saat ini, mereka lebih cenderung hanya tertarik pada konten yang lebih praktis dan mudah untuk disimpulkan. Hal tersebut terjadi karena banyaknya hal yang bisa mereka konsumsi. Berdasarkan laman Vye Agency, GIF adalah salah satu sarana paling baik dalam membuat kampanye sosial media marketing yang lebih mudah untuk dipahami para audiens. Kenapa? karena animasi GIF mampu membuat para audiens lebih cepat terlibat dengan format tersebut, sehingga mereka bisa mengonsumsi suatu konten secara lebih mudah.

2. GIF Adalah Elemen Visual yang Kuat

Berdasarkan penelitian yang dirilis dalam laman Visually, sebagian besar orang hanya akan mengingat 20% teks yang mereka baca tanpa adanya bantuan visual. Fakta ini mengingatkan kita bahwasanya elemen visual mempunyai peran yang sangat penting dalam suatu kampanye pemasaran. Selain itu, format GIF juga bisa Anda jadikan sebagai suatu elemen visual yang kuat dalam menjalankan kampanye marketing. GIF juga mampu memberikan gerakan motivasi yang tepat untuk para audiens dalam mendengarkan brand massage, seakan-akan mereka berguna sebagai call-to-action yang sangat ideal.

3. GIF dapat Dijadikan Sebagai Sarana Storytelling

Seperti yang sudah kita singgung sebelumya, menarik perhatian para audiens adalah suatu masalah yang serius, bahkan untuk para marketer yang sudah memiliki jam terbang tinggi sekalipun. Tapi, terdapat salah satu strategi jitu untuk menangkap minat kelompok audiens dengan jumlah yang besar. Strategi tersebut adalah storytelling. Menurut laman enx2marketing, format GIF adalah suatu sarana storytelling paling baik yang bisa Anda tempatkan dalam suatu kampanye pemasaran. Kenapa? karena format ini mampu menyampaikan cerita secara lebih efektif dan cuplikannya pun sangat singkat. Hanya dalam beberapa detik saja, format GIF mampu menjelaskan seluruh konteks dan juga emosi yang harus dipahami oleh para audiens.

4. Lebih Efektif dan Murah Dibandingkan Video

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Reuters, sebanyak 84% komunikasi sudah mulai berbentuk visual sejak tahun 2018 lalu. Alhasil, banyak perusahaan yang mulai mencari jenis konten visual yang mampu meningkatkan efektivitas kegiatan pemasaran mereka. Untuk itu, setiap brand mulai menyukai gagasan penggunaan GIF di dalam strategi pemasaran mereka setelah sebelumnya menganggap hal tersebut sebagai gambar yang biasa saja. Lebih dari itu, mereka juga berpendapat bahwa GIF adalah konten yang lebih murah dan juga lebih mudah untuk dibuat dibandingkan konten video. Oleh karena itu, jangan heran bila di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini banyak perusahaan yang menggunakan GIF dalam kegiatan kampanye marketing-nya.

5. GIF Adalah Konten yang Mobile Friendly

Manfaat terakhir yang bisa Anda rasakan saat menggunakan GIF adalah membuat konten Anda menjadi lebih mobile friendly. Kenapa begitu? Karena, GIF hanya akan muncul selama beberapa detik saja. Selain itu, ukuran file nya juga cenderung sangat kecil, sehingga proses dalam melakukan upload juga akan terasa lebih cepat daripada format video, hal ini sesuai dengan apa yang dijelaskan di dalam laman Clickz. Lebih dari itu, integrasi file GIF di beberapa media sosial terbesar di dunia juga memberikan kontribusi pada peningkatan penggunaan mereka pada smartphone milik audiens.

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang GIF. Jadi, GIF adalah salah satu jenis format yang di dalamnya menggunakan format gambar bitmap dan mendukung 8 bits per pixel di setiap gambarnya. Beberapa contoh penggunaan file GIF adalah stiker chat, gambar status media sosial, pengganti video, dan pembuatan ikon tertentu. Untuk kegiatan pemasaran, format GIF sangat berguna dalam membuat kampanye yang lebih mudah untuk dipahami, mampu memberikan elemen visual yang kuat, bisa dijadikan sebagai sarana storytelling, lebih mobile friendly, dan lebih efektif serta lebih murah daripada membuat video.

Pada akhirnya, brand Anda nantinya akan lebih banyak dikenal audiens dan mampu meningkatkan penjualan serta memberikan keuntungan yang besar. Namun, jangan lupa untuk selalu mencatat keuntungan tersebut di dalam laporan keuangan agar Anda bisa mengetahui kondisi terkini tentang finansial perusahaan Anda. Namun, membuat laporan keuangan secara manual tentunya akan sangat memakan banyak waktu dan sumber daya, serta sangat rentan terjadi human error. Oleh karena itu, cobalah beralih dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga Anda bisa lebih fokus dalam membuat strategi pemasaran yang jitu dan menjalankannya dengan baik. Anda bisa mencoba seluruh keunggulan dan fitur dari Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

×