skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%
Apa Saja Perbedaaan Accurate Desktop Dan Accurate Online

Apa Perbedaan Accurate Desktop dan Accurate Online

Bagi Anda yang masih bingung perbedaan Accurate Desktop dan Accurate Online, pada artikel ini akan dirangkum poin-poin yang membedakan kedua software akuntansi tersebut.

Platform

Accurate Desktop dikembangkan sejak 1999 merupakan aplikasi pembukuan Desktop berbasis Windows. Pada waktu itu aplikasi pembukuan masih didominasi DOS, dimana fitur dan kenyaman yang ditawarkan sangat terbatas.

Perkembangan Accurate Desktop dari sebuah aplikasi pembukuan sederhana menjadi sangat lengkap seiring permintaan pengguna Accurate. Berbagai fitur canggih dikembangkan mulai dari perusahaan dagang, jasa, hingga pabrikasi.

Accurate Online mulai direlease oleh CPSSoft pada pertengahan tahun 2016, sebagai sebuah Software as a Service (SaaS) berbasis Web Based. Pada era Industri 4.0 saat ini, kebutuhan aplikasi dengan layanan berbasis web based sudah menjadi kebutuhan baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari. Hal itulah yang melatar belakangi release-nya Accurate Online.

Jadi, perbedaan Accurate Desktop dan Accurate Online adalah pada platform antara desktop (offline) atau cloud (online).

Skema Harga

Accurate Desktop dijual dengan sistem putus (one-time payment) dengan harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung varian produk yang Anda pilih. Harga Starterpack yang ditawarkan mulai dari Rp9 juta-an dan harga tambahan per 1 (satu) lisensi sebesar Rp3,3 juta.

Sedangkan Accurate Online menggunakan sistem berlangganan (subscribe) dengan 1 (satu) skema harga yang sederhana. Harga berlangganan bulanan mulai dari Rp200.000/database dan sudah termasuk 1 user. Tambahan user dikenakan Rp20.ooo/bulan

License

Pada Accurate Desktop, lisensi dihitung per komputer (PC/Laptop). Pada pembelian Starterpack sudah termasuk 2 (dua) lisensi yang artinya Anda bisa install dan pakai di 2 komputer.

Untuk Accurate Online tidak ada sistem lisensi melainkan menggunakan Add-on Pengguna. Pengguna cukup di-invite via email maka yang bersangkutan bisa login ke Accurate dari perangkat apa saja selama ada koneksi internet.

Aplikasi dan Database

Aplikasi Accurate Desktop perlu di-install pada komputer berbasis Windows baik pada komputer server (dedicated) maupun pada salah satu komputer pengguna. Aplikasi Accurate Desktop bisa digunakan Multi Company, yang artinya Anda bisa buat berapa pun database perusahaan yang dibutuhkan. Ingin coba pakai? Download Aplikasi Accurate Desktop.

Sedangkan Aplikasi Accurate Online tidak perlu di-install pada perangkat tertentu, Anda bisa Login Accurate melalui web browser langsung. Oleh karena Accurate Online menggunakan sistem berlangganan maka berapa banyak database yang bisa dibuat tergantung Anda berlangganan berapa database. Lihat Harga Accurate Online

Fitur baru

Accurate Online hadir dengan beberapa fitur baru yang belum ada pada Accurate Desktop. Beberapa fitur baru tersebut adalah sebagai berikut:

Approval System

Memungkin Anda untuk lebih mudah monitoring transaksi yang dibuat oleh pengguna. Anda bisa menentukan transaksi apa dan nilai transaksi berapa besar, yang harus membutuhkan Approval (persetujuan) dari Anda sebagai pemilik bisnis maupun manajer yang ada diperusahaan.

Auto Numbering

Pada Accurate Desktop hanya ada auto numbering statis, namun pada Accurate Online lebih canggih. Anda bisa menentukan auto numbering yang lebih dinamis, misalnya auto reset per bulan/tahun. Bahkan, untuk transaksi pada rekening bank, bisa dibuat unique numbering.

Comment & Attachment

Fitur Accurate Online yang satu ini memang milenial banget. Kenapa begitu? Bayangkan Anda bisa buat komentar pada transaksi tertentu dan sekaligus menyertakan lampiran. Misalnya, Anda bisa memberi komentar berupa instruksi untuk memperbaiki transaksi, entah karena salah account ataupun nominal langsung dari transaksi terkait.

Business Dashboard

Fitur ini paling disukai pemilik bisnis. Anda senantiasa bisa memantau kinerja bisnis Anda melalui indikator-indikator keuangan yang sudah ditentukan dan semua itu ditampilkan dalam 1 (satu) halaman utama yaitu di dashboard. Mulai dari Kinerja Profit Loss, Arus Kas, Piutang Jatuh Tempo, Grafik Pengeluaran, hingga aktivitas terakhir yang dilakukan oleh karyawan Anda. Menyenangkan bukan?

Dukungan Fitur Pajak

Ya benar fitur pajak, Anda tidak salah baca! Urusan pajak bisa menghabis banyak energi perusahaan jika tidak dikelola dengan baik dan benar. Beruntungnya, Accurate Online menghadirkan berbagai fitur pajak tersebut. Apa saja 7 Fitur Pajak di Accurate Online itu?

Tabel Perbedaan Accurate Desktop dan Accurate Online

Lebih detil beda Accurate Online dengan Accurate Desktop, bisa Anda dilihat pada tabel dibawah ini:

KeteranganAccurate DesktopAccurate Online
Skema PembelianOne Time PaymentSubscription (berlangganan) bulanan
Jumlah DatabaseBisa buat multi database perusahaanBerlangganan per database (perusahaan)
DatabaseDi komputer perusahaan masing-masing.Database berada di Server Cloud Accurate .
Akses DataHanya bisa diakses pada komputer yang ter-install dan terhubung dalam jaringan yang sama.Bisa diakses dari mana saja selama terhubung ke internet melalui browser.
ProgramHarus di-install pada komputer dengan Operating System Windows.Tidak perlu di-install karena database di akses melalui browser seperti Chrome, Safari, Mozilla.
Multi CabangTidakYa
Sistem Approval TransaksiTidakYa

Kesimpulan

Jadi manakah yang Anda harus pilih? Pilihan selalu ada di tangan Anda. Namun beberapa hal ini, boleh Anda pertimbangkan dalam menentukan pilihan Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Accurate Desktop

  • Kelebihan: Accurate Desktop sangat powerfull jika Anda tidak memerlukan akses mobile. Karena hanya menggunakan jaringan lokal, akses dan input transaksi menjadi lebih nyaman dan cepat.
  • Kekurangan: Tidak bisa akses dari luar dan harga pembelian yang “lebih mahal” di awal.

Kelebihan dan Kekurangan Accurate Online

  • Kelebihan: Accurate Online sangat cocok bagi Anda yang memerlukan akses dari mana saja dan kapan saja tanpa harus ke kantor. Kedepan update Fitur Accurate “mungkin” lebih banyak dan integrasi dengan third-party application.
  • Kekurangan: Karena mengandalkan koneksi internet maka Anda sangat tergantung pada keberadaan dan kecepatan internet yang tersedia. Anda tidak bisa akses dan input transaksi jika tidak ada koneksi internet.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Accurate Desktop dan Accurate Online. Selanjutnya Anda bisa mempelajari modul dan fitur yang ada di halaman Accurate Desktop atau Accurate Online.

 

 

 

×