skip to Main Content
Perlukah UKM Menggunakan Software Akuntansi?

Perlukah UKM Menggunakan Software Akuntansi?

Ingatkah Anda pada krisis ekonomi global pada tahun 2008 silam? Saat itu, Indonesia menjadi salah negara terdampak krisis. Namun, berkat dukungan UKM, Indonesia mampu menghadapi masalah tersebut dan mengembalikan stabilitas ekonomi.

Karena itu, sudah selayaknya, UKM mendapatkan kesempatan besar untuk berkembang pesat. Salah satu yang mampu menunjang perkembangan UKM adalah teknologi keuangan, misalnya Accurate software untuk mengelola manajemen finansial.

Peran Software Akuntansi terhadap Perkembangan UKM

Accurate Software

Manajemen keuangan merupakan kunci utama pertumbuhan UKM. Sementara fungsi utama perangkat lunak akuntansi adalah mengelola manajemen keuangan. Secara rinci, berikut ini peran software keuangan bagi pengelolaan finansial UKM.

1. Menyajikan Laporan Keuangan secara Cepat

Accurate Software

Perangkat lunak akuntansi—khususnya Accurate software—memiliki fitur pencatatan transaksi harian. Jadi, Anda tak perlu mencatat secara manual di buku akuntansi atau Excel. Semua data bisa langsung diinput ke Accurate untuk diproses menjadi laporan.

Laporan keuangan ditampilkan secara cepat dalam waktu kurang dari 5 detik. Isi laporan pun lengkap, mulai dari rugi laba, neraca, arus kas, dan aktiva. Anda juga bisa mencetak laporan tersebut melalui printer yang terintegrasi dengan software.

2. Menyimpan Data secara Aman

Perangkat lunak akuntansi biasanya berbasis cloud. Karena itu, data yang Anda masukkan, otomatis tersimpan di folder cloud. Folder tersebut bisa diakses melalui berbagai perangkat yang terhubung internet.

Di samping itu, software keuangan mampu menyimpan data secara aman. Jika data terhapus, sistem memiliki cadangan data sebelum terjadi perubahan. Dengan begitu, Anda bisa mengembalikan data yang hilang.

3. Menganalisis Kondisi UKM di Periode Tertentu

Accurate Software

Selain produk, finansial menjadi tolok ukur kondisi usaha. Dengan fitur analisis rasio yang dimiliki oleh perangkat lunak akuntansi, Anda bisa mengetahui kondisi usaha secara cepat.

Fitur analisis rasio menilai—salah satunya—melalui perhitungan BEP dan kemampuan membayar. Dari hasil analisis tersebut, Anda dapat mengetahui, apakah UKM dalam kondisi sehat atau perlu evaluasi.

Jadi, Perlukah UKM Menggunakan Software Akuntansi Terbaik?

Accurate Software

Besarnya peran perangkat lunak akuntansi dalam mengelola manajemen keuangan membuktikan bahwa UKM perlu menggunakan software tersebut mulai sekarang. Terlebih, tuntutan untuk bersaing di skala global semakin tinggi, UKM membutuhkan software akuntansi sebagai senjata.

Penggunaan perangkat lunak akuntansi secara tidak langsung menunjukkan kredibilitas UKM di mata dunia. Tentunya, dengan menampilkan manajemen keuangan yang baik, UKM mendapatkan kepercayaan penuh dari konsumen, investor, maupun pemerintah. Pada akhirnya, UKM bisa total berkontribusi demi kemajuan bangsa dan negara.

Demikian ulasan seputar pentingnya software akuntansi bagi UKM di Indonesia. Accurate software merupakan contoh perangkat lunak akuntansi yang bisa diandalkan. Yuk, manfaatkan fitur-fiturnya untuk mengembangkan UKM Anda dengan mengunjungi situs resminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top