skip to Main Content
Begini Cara Mudah Membuat SPT PPh 21 Menggunakan Accurate Online

Begini Cara Mudah Membuat SPT PPh 21 Menggunakan Accurate Online

Pajak merupakan kewajiban yang harus ditunaikan. Setiap perusahaan yang terdaftar sebagai Wajib Pajak (WP) Badan wajib menuntaskan dan melaporkan pajak penghasilan setiap karyawan dan non karyawan (PPh 21) kepada Direktorat Jenderal Pajak.

Namun jika Anda harus membuat laporan pajak secara manual, hal itu tentu sangat tidak efektif dan melelahkan. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan software pencatatan pajak seperti Accurate Online.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah mudah membuat laporan dan bukti potong SPT PPh 21 menggunakan Accurate Online.

Langkah-Langkah Membuat Laporan SPT PPh 21 Menggunakan Accurate Online

Pph 21
ABC Palem

Untuk membuat SPT PPh 21, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat Formulir 1721. Formulir 1721 merupakan fitur di software Accurate Online yang berfungsi sebagai bukti potong atas pembayaran pajak penghasilan setiap bulan. Untuk membuat Formulir 1721, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu Laporan, lalu pilih Formulir 1721
  2. Pada tab Formulir 1721, lengkapi informasi Masa Pajak – Bulan, Tahun, Jenis SPT, serta Tanggal Cetak
  3. Kemudian pada tab Lampiran, lengkapi dokumen pendukung dari 1721 yang dilaporkan
  4. Jika sudah, klik Cetak

Setelah membuat Formulir 1721, selanjutnya Anda bisa membuat laporan SPT PPh 21 dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik menu Laporan, lalu pilih SPT PPh Ps. 21
  2. Kemudian, masukkan Formulir 1721 yang telah dibuat dan keterangan-keterangan lain yang meliputi Jenis SPT, Tanggal Cetak, Nama Pemotong, serta NPWP Pemotong
  3. Jika sudah, klik Cetak Formulir 1721 atau klik e-PPh 2126 untuk mengimpornya ke e-PPh Dirjen Pajak

Langkah-Langkah Membuat Bukti Potong SPT PPh 21 Menggunakan Accurate Online

Pph 21
ABC Palem

Selain membuat laporan SPT PPh 21 untuk diserahkan ke Dirjen Pajak, dengan software Accurate Online Anda juga bisa membuat bukti potong SPT PPH sebagai laporan untuk diberikan ke karyawan atau non karyawan yang bekerja di perusahaan Anda. Berikut adalah langkah-langkah membuat bukti potong SPT PPH 21:

  1. Klik menu Laporan, lalu pilih Bukti Potong PPh Ps. 21
  2. Untuk karyawan tetap, pilih tab Formulir 1721-A1, sedangkan untuk karyawan tidak tetap, pilih Formulir 1721-VI
  3. Pilih periode tahun yang ingin Anda cetak bukti potongnya. Lalu klik Cetak Formulir 1721-A1 untuk karyawan tetap atau Cetak Formulir 1721-VI untuk karyawan tidak tetap
  4. Jika ingin mengimpor transaksi pajak ke e-PPh 21 Dirjen Pajak, Anda bisa mengklik tombol e-PPh 2126 untuk mengekspor  file CSV dari transaksi PPh 21 yang telah dicatat di Accurate Online.

Jadi, itulah langkah-langkah membuat laporan SPT PPh 21 di Accurate Online. Untuk info selengkapnya mengenai software akuntansi dan pencatatan perusahaan Accurate Online, kunjungi saja www.abcpalem.com. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top