skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

Rekomendasi 6 Instagram Analytics Terbaik

Dilansir dari laman statista, satu milyar orang aktif menggunakan Instagram dalam setiap bulannya. Hal ini menjadikan Instagram sebagai salah satu media paling terkenal di dunia. tingkat popularitas ini menjadi salah satu target marketing untuk para pebisnis, sehingga mereka memerlukan tools Instagram analytic. Tools Instagram analytic ini akan membantu Anda dalam menilai suatu konten dan juga profil Instagram. Nah, untuk Anda yang sedang kebingungan mencari tool Instagram analytic, berikut ini kami berikan 5 Instagram analytic terbaik di tahun 2021.

Apa itu Instagram Analytics?

Pada dasarnya, Instagram analytic adalah suatu alat yang berguna untuk menilai performa konten dan juga profil Instagram secara menyeluruh. Alat ini nantinya akan melacak dengan menggunakan berbagai matriks dan menyajikan data yang mampu mendukung keperluan penggunanya. Terdapat beberapa manfaat dari Instagram analytic, yaitu:

1. Mengetahui Target Audiens

Tools Instagram analytic akan membantu Anda mengetahui data spesifik, seperti jenis kelamin, lokasi, usia, sampai dengan bahasa yang digunakan. Anda juga bisa memanfaatkan data ini agar bisa mengetahui target audiens dan memutuskan konten apa yang sabaiknya untuk diposting.

2. Menghemat Waktu dan Sumber Daya

Untuk Anda yang tengah kebingungan apa saja yang harus dilakukan saat melakukan Instagram analytic, maka Instagram analytic akan membantu Anda dengan maksimal. Berbagai laporan yang disajikan di dalamnya akan mampu menekan setiap kesalahan dan menghemat waktu Anda dalam mengembangkan akun Instagram.

3. Evaluasi Strategi Pemasaran

Dengan menggunakan Instagram analytic, Anda bisa mengikuti perkembangan Instagram Anda dalam kurun waktu tertentu. Biasanya, alat ini akan menginformasikan apa saja yang harus Anda tingkatkan ataupun Anda pertahankan. Sehingga, Anda bisa melakukan penyesuaian yang tepat agar akun Instagram Anda mempunyai performa yang sangat baik. Agar bisa mengakses fitur bisnis Instagram, Anda harus mengubah Instagram personal Anda ke Instagram bisnis. Nantinya, Anda bisa melihat laporan insight, yang merupakan tool bawaan Instagram analytic. Tapi, karena Instagram insight memiliki keterbatasan, maka Anda bisa menggunakan analytic Instagram yang tersedia di luar. Beberapa diantaranya bahkan ada yang gratis juga.

Rekomendasi 6 Instagram Analytics Terbaik

1. Squarelovin

Rasanya, saat ini sangat sulit sekali untuk memperoleh tools gratis yang mampu menyediakan fitur lengkap seperti Squarelovin. Squarelovin merupakan salah satu Instagram analytic gratis yang mampu menyediakan hampir seluruh informasi yang Anda perlukan agar bisa menganalisa kinerja akun bisnis Instagram Anda. Alat ini mampu memberikan analisa bulanan konten dan juga perkembangan akun Instagram Anda secara cepat. Selain itu, tools ini juga mampu mengkategorikan riwayat konten berdasarkan jam, hari, bulan, hingga tahun.

Seluruh insight yang diberikan oleh tools ini akan mempermudah Anda dalam meningkatkan engagement. Mulai dari insight yang lebih menarik dan disukai oleh followers Anda, rekomendasi waktu terbaik dan terburuk untuk melakukan posting, sampai rekomendasi hashtag terbaik. Kelebihan utama dari tools ini adalah gratis untuk basic. Namun, analisa bulanan baru akan dilakukan oleh tools ini setelah satu bulan penggunaan.

2. Pixlee

Pixlee adalah tools  analytic Instagram yang dimanfaatkan oleh brand terkenal Kenneth Cole, Levi’s, Sonso, dan brand terkenal lainnya. Tools ini mampu menyediakan banyak fitur yang mampu memonitor performa akun Instagram bisnis Anda. Di dalamnya, Pixlee mempunyai laporan mingguan yang bisa Anda bagikan ke semua tim marketing Anda. di dalamnya mencakup laporan statistik dan pelacakan tagar, perkembangan followers, dan data yang dibutuhkan agar bisa mengidentifikasi postingan yang lebih menarik. Selain itu, Pixlee juga mampu menganalisis matriks agar bisa mengetahui cara yang tepat untuk mendorong engagement yang lebih maksimal di akun Instagram Anda.

Terdapat beberapa fitur menarik lainnya dari pixlee, seperti fitur pemantau postingan tentang brand. Fitur ini mampu membantu Anda untuk tetap terhubung dengan percakapan yang melibatkan brand bisnis Anda dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, Anda juga bisa memantau postingan apa yang orang lain rilis, mengidentifikasi konten terbaik Anda, dan juga membuat strategi marketing terbaik dalam waktu beberapa minggu kedepan berdasarkan perilaku audiens Anda. Lalu, ada juga fitur kiriman penggemar teratas. Fitur ini akan menampilkan konten teratas yang diposting oleh followers terkait brand bisnis Anda.

Selanjutnya, Ada juga fitur Top Brand Influencer, yang didalamnya akan mengidentifikasi apa yang dikatakan para influencer terkait brand bisnis Anda. Tapi, Anda harus mengeluarkan biaya investasi yang cukup besar untuk menikmati tools Instagram anytic ini. Walaupun demikian, Pixlee tetap menyediakan free demo untuk Anda yang ingin mencoba atau test tools ini terlebih dahulu.

3. Crowdfire

Crowdfire Instagram Analytics akan membantu Anda dalam menjadwalkan waktu posting, memantau performa postingan dan juga melacak mention brand bisnis Anda. selain itu, tools ini juga akan mengkurasi konten yang berkaitan dengan brand Anda dari seluruh dunia maya. Selain itu, crowdfire juga akan memberikan rekomendasi artikel dan gambar dari website lainnya agar bisa memudahkan Anda dalam mengembangkan strategi Instagram marketing. tampilan yang diberikan oleh tools ini juga sangat detil yang terkait dengan kinerja akun Instagram Anda dalam kurun waktu yang bisa Anda tentukan sendiri.

Tools ini akan membantu Anda dalam memilih matriks yang nantinya ingin Anda bandingkan, termasuk di dalamnya postingan, komentar, likes, followers, profile views, sampai text message clicks. Crowdfire juga mampu menampilkan data Instagram dengan bentuk visual yang sederhana, sehingga akan memudahkan Anda yang tidak terlalu terbiasa dengan statistik. Tapi karena di dalamnya menangani berbagai informasi secara bersamaan, maka tampilan Crowdfire akan terlihat membingungkan dan juga sangat padat. Sehingga, perlu waktu untuk membiasakan diri dalam menggunakannya.

4. Minter.io

Instagram analytic ini mampu menyediakan analisa yang jelas dan juga sangat detail. Anda akan memperoleh data dari berbagai jenis data yang diperlukan untuk membuat strategi Instagram marketing. Sebagai contoh , tools ini mampu mengidentifikasi filter foto dan juga video terbaik untuk para followers Anda. identifikasi ini akan memungkinkan Anda dalam menentukan filter postingan terbaik selanjutnya.

Minter.io juga akan membatu Anda dalam melacak mention brand bisnis Anda dalam deskripsi postingan ataupun komentar yang ada di media sosial dengan adanya integrasi berbagai platform yang ada pada minter.io, maka Anda bisa langsung merespon feedback terkait brand Anda. Salah satu fitur unggulan mereka adalah mampu melakukan export data dengan bentuk pdf, xls, ataupun .pptx. Lebih dari itu, tools ini juga mampu memberikan pilihan penjadwalan export dalam berbagai matriks dengan tanggal yang Anda butuhkan. Setelah export berhasil dilakukan, maka mereka akan mengirimnya ke email Anda secara otomatis.

5. Iconosquare

Iconosquare mampu memberikan insight lengkap agar bisa memaksimalkan strategi sosial media Anda secara menyeluruh. Iconosquare akan mencakup kalender konten agar Anda bisa membuat perencanaan dan menjadwalkan konten Instagram bisnis Anda, termasuk di dalamnya menandai akun bisnis kompetitor dan menambahkan lokasi. Fitur community analytics yang terdapat di dalam IGTV  juga akan mempermudah Anda dalam memahami insight lain seperti jenis kelamin, usia, hingga kecenderungan bahasa setiap followers Anda. Beberapa fitur menarik lainnya dari Iconosquare adalah penjadwalan laporan dan pemantauan hashtag dari kompetitor bisnis Anda.

Iconosquare adalah alat yang tepat untuk bisnis atau agensi yang memiliki banyak akun media sosial bisnis. pengelolaan akun Instagram bisnis Anda bisa dilakukan secara bersamaan dengan satu dashboard saja. Namun, tools ini memiliki kategori penamaan yang sangat membingungkan. Selain itu, untuk Anda yang ingin memposting konten dengan ukuran yang yang besar, maka Anda harus memperkecil ukuran konten Anda dahulu.

6. Keyhole

Keyhole adalah tools yang tepat untuk memantau performa satuan hashtag di setiap postingan Anda. Tools ini menyediakan matriks yang penting, seperti hashtag teratas postingan Anda berdasarkan engagement, kegiatan kompetitor, sampai kegiatan followers Anda. Selain itu, Keyhole juga menyediakan fitur pengumpulan dan juga pencatatan data secara otomatis. Data pilihan Anda nantinya akan disusun dalam satu spreadsheet yang bisa Anda lihat kapan saja dan di mana saja. Keyhole juga mempunyai fitur track web yang memungkinkan Anda untuk mengetahui apa saja yang orang lain katakan tentang brand ataupun produk Anda.

Untuk Anda pengguna jasa influencer, tools ini bisa Anda gunakan untuk melacak kinerja influencer Anda secara cermat. Keyhole akan melakukan identifikasi influencer mana yang paling baik dalam mempromosikan konten ataupun brand Anda. Tools Instagram analytic ini dibandrol seharga $44 per bulan. Namun, versi trialnya ternyata sedikit berbeda dari versi berbayarnya. Sehingga, Anda bisa mencoba dan menilainya terlebih dahulu. Terlebih lagi, bila Anda tidak memasang trackers di awal, Anda akan kesulitan untuk mengaturnya di lain waktu.

Penutup

Demikianlah 6 rekomendasi Instagram analytic terbaik di tahun 2021 yang bisa Anda coba gunakan. Tools Instagram analytic tersebut adalah  Squarelovin, Pixlee, Crowdfire, Minter.io, Iconosquare, dan Keyhole. Karena setiap Instagram analytic tersebut memiliki karakteristik tersendiri, Anda bisa mencoba keenam tools tersebut terlebih dahulu untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Bila ada salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan Anda ingin menggunakan fitur lebih yang ada pada tools tersebut Anda bisa berlangganan agar bisa memaksimalkan strategi Instagram marketing Anda.

Namun sebelum berlangganan, pastikanlah Anda memilih anggaran pemasaran yang cukup dan sudah terkelola dengan baik. Karena hal ini nantinya akan mempengaruhi kondisi keuangan bisnis Anda.  Selain itu, Anda juga harus mencatat pengeluaran tersebut dalam laporan arus kas bisnis Anda secara rapi dan tepat. Tapi bila Anda kesulitan untuk membuat laporan keuangan tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online. Accurate Online bisa digunakan oleh berbagai jenis industri dan skala bisnis, mulai dari bisnis kecil hingga bisnis besar.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda akan mendapatkan 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, tepat, dan bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Selain itu, Anda juga bisa menikmati fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakan, pembukuan, akun kas dan bank, serta fitur menarik lainnya. Penasaran? Anda bisa menikmati kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

×