skip to Main Content
ACCURATE Authorized Partner.

Rekonsiliasi Bank (Bank Reconcile)

Seringkali pada akhir bulan didapati perbedaan Saldo Bank pada pembukuan perusahaan dengan rekening koran yang dikeluarkan oleh pihak bank. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, ACCURATE Accounting Software menyediakan fitur Rekonsiliasi Bank (Bank Reconcile) sehingga Saldo Bank bisa disamakan/disesuaikan.

  1. Pilih Activitas | Cash/Bank | Bank Reconcile
  2. Pilih Bank yang akan di rekonsiliasi
  3. Tentukan tanggal Reconcile. Tanggal rekonsiliasi identik dengan saldo Rekening Koran yang sedang ingin direkonsiliasi dengan pencatatan kita di ACCURATE Accounting Software, misalnya Rekening Koran per 31 Januari 2011, maka isi rekonsliasi date dengan tanggal tersebut.
  4. Isi kolom New Statement Balance dengan Saldo Rekening Koran per tanggal ReconcileDate(lihat poin 3 diatas).t
  5. Centang kolom Clear yang ada disetiap baris transaksi bank tersebu jika transaksi sudah sesuai dengan rekening koran.

Catatan :

  • Calculate Statement Balance merupakan saldo akumulatif dari semua transaksi yang sudah Clear dari awal sampai dengan rekonsiliasi sekarang ini atas Bank yang bersangkutan.
  • Apabila ditemukan ada Clear yang warna Merah di baris transaksi tertentu, hal itu disebabkan transaksi sudah di rekonsiliasi di tanggal Reconcile Date didepan tanggal Reconcile Date yang sedang dikerjakan. Misalnya sekarang rekonsiliasi 31 Januari, namun per 1 Februari kita sudah rekonsiliasi dan clear transaksi yang bersangkutan.
  • Apabila ditemukan transaksi yang ada di Rekening Koran dan di ACCURATE Accounting Software belum ada, silakan input di ACCURATE Accounting Software dari form transaksi biasanya transksi tersebut diinput.
  • Apabila sebalikannya, jika diperlukan adjustment silakan buat adjustment, atau barangkali revisi transaksi di ACCURATE Accounting Software, tanggal-nya barangkali dsb.
  • Pada dasarnya rekonsiliasi tidak memgaruhi ke Laporan Keuangan, hanya sebuah tools untuk membantu menyamakan saldo dengan rekening koran.
Back To Top