skip to Main Content
Sanksi Yang Menanti Akibat Telat Bayar Pajak Dan Solusinya Dengan Accurate Online

Sanksi yang Menanti Akibat Telat Bayar Pajak dan Solusinya dengan Accurate Online

Saat ini telah hadir Software Accurate yang telah mendapatkan Top Brand Award buatan asli Indonesia. Software Accurate merupakan Software Akuntansi paket yang dikembangkan oleh PT Cipta Piranti Sejahtera sejak tahun 2000. Software Accurate yang menyajikan laporan keuangan lengkap secara real time ini hadir dalam dua jenis yaitu Accurate Desktop dan Accurate Online. Penggunaan keduanya sesuai kebutuhan perusahaan terutama pembukuan back office.

“Mau bahasa Accurate versi Online atau Desktop?” Sofware Accurate Desktop ini hanya bisa diinstal di komputer dengan operating sistem berbasis windows. Accurate Desktop ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki satu kantor usaha dengan seluruh kegiatan tersentral. Sedangkan Accurate Online dapat dibuka melalui komputer, laptop, tablet, dan Smartphone. Accurate Online ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak cabang, untuk memudahkan pemantauan segala aktivitas perusahaan.

Mengenal Accurate Online

accurate online

  • Accurate Versi Online. Accurate Online hadir pada tahun 2016 untuk memenuhi kebutuhan perusahaan akan pencatatan yang lebih luas, dengan mobilitas tinggi. Pengguna Accurate Online telah mencapai 1.000 perusahaan pada tahun pertama software ini dirilis.
  • Fitur unggulan Accurate online meliputi digital approval (persetujuan dari atasan untuk sebuah transaksi tanpa perlu datang ke kantor), secure encryption (data aman dari pihak tak bertanggungjawab), multi currency (mencatat transaksi dalam berbagai mata uang asing), backup otomatis (otomatis backup agar data tidak hilang atau server down), multi user (otoritas sesuai job deskripsi masing-masing user), export e-faktur (ekspor transaksi PPN ke e-faktur tanpa perlu melakukan input satu per satu pada program e-faktur).
  • Modul Accurate Online meliputi modul perusahaan, buku besar, kas bank, dan modul pembelian. Laporan meliputi laporan keuangan, buku besar, kas dan bank, piutang, penjualan, hutan, pembelian, persediaan, gudang, aset tetap, pajak dan masih banyak lagi.
  • Harga Produk Accurate Online. Apabila Anda tertarik untuk membeli Software Accurate Online ini, jangan khawatir karena harganya sangat terjangkau. Terlebih dengan segala keuntungan yang bisa Anda peroleh.
  • Anda bisa membayar biaya langganan per bulan untuk membeli Accurate Online. Data base akan disimpan dalam Server Cloud yang bisa Anda akses melalui Laptop, PC, Tablet, dan Smartphone. Data yang tersimpan di Cloud ini akan lebih aman dan nyaman, sehingga Anda dapat bekerja menggunakan software ini di mana saja dan kapan saja.
  • Harga Accurate Online sebesar Rp200 ribu selama satu bulan, satu user utama, dan satu database. Untuk layanan tahunan, sebesar Rp2,4 juta untuk satu user utama dan satu database. Untuk penambahan satu user dikenakan biaya Rp20 ribu selama satu bulan.
  • Jika Anda ingin mendapatkan private cloud, biayanya sebesar Rp25 juta, sehingga Anda bisa memiliki database Accurate online di komputer server milik Anda sendiri. Pembelian Private Cloud ini hanya dilakukan sekali dan untuk selamanya. Sedangkan untuk layanan Accurate Online ini bisa dibayar setiap bulan.

Perlu diketahui bahwa Accurate Online memiliki fitur, yang dapat membantu Anda membuat pelaporan pajak dengan lebih cepat. Accurate Online dapat meng-h­andle beberapa transaksi pajak PPh 21 (karyawan/vendor), PPh 23 (Purchase/Sales), PPN, PPh 4 ayat 2, serta sudah terintegrasi dengan software perpajakan seperti e-Faktur, e-PPh 21/26.

Dengan demikian, Anda terhindar dari segala sanksi yang menanti akibat telat membayar pajak.

Pembayaran Pajak Online

accurate online

Pajak memang sebuah bahasan yang menarik, pasalnya pemerintah berusaha agar wajib pajak tidak lagi mengalami kesulitan dalam melakukan pelaporan dan pembayaran pajak. Nah, Software Accurate karya anak bangsa yang menyandang Top Brand 2017 ini, ikut berpartisipasi mendukung program pemerintah melalui kemudahan meng-update fitur pajak seperti SPT dan E-Faktur.

Selain itu, Sofware Accurate juga telah dilengkapi dengan security data terenkripsi sehingga data Anda akan aman dari pihak yang tidak bertanggungjawab termasuk para hacker. Dengan adanya kesempatan melapor pajak secara online melalui situs pajak.go.id, para pebisnis tinggal login ke e-filling. Sebelumnya, Anda harus meminta EFIN (Electronic Filing Identification Number) ke Kantor Pajak Pratama (KPP) terdekat.

Langkah-Langkah Lapor Pajak Online

accurate online

  • Buka situs Direktorat Jendral Pajak melalui perangkat Google Chrome dan Mozilla Firefox. Pastikan Anda memiliki kecepatan internet serta kuota yang cukup, sebelum memulai melakukan pengisian SPT agar berjalan lancar.
  • Melakukan registrasi layanan e-filling jika belum terdaftar. Setelah itu, tinggal memasukkan NPWP dan password.
  • Jika Anda belum terdaftar, bisa mengeklik link untuk memasukkan NPWP, EFIN, dan kode keamanan yang tercantum.
  • Setelah itu nama wajib pajak badan akan terisi sesuai data yang Anda masukkan setelah mendaftar NPWP.
  • Masukkan alamat email perusahaan, nomor HP pelapor pajak. Lalu buat password dan simpan.
  • Menunggu email verifikasi akun yang dikirimkan dari efilling@pajak.go.id
  • Masuk ke email dan klik link yang dikirim melalui email tersebut.
  • Setelah aktivasi melalui link tersebut, Anda diminta login ke halaman DJP online dan muncul tulisan membuat SPT untuk mulai melaporkan pajak perusahaan Anda.
  • Menjawab semua pertanyaan yang ada dan setelah selesai tinggal memasukkan kode verifikasi yang akan Anda dapatkan lewat email yang dikirimkan.
  • Klik tombol kirim SPT.

Proses lapor pajak secara online pun selesai dan Anda tidak perlu mengantre terlalu lama di Kantor Pajak Pratama (KPP).

Lapor Pajak Online

accurate online

Dengan melakukan lapor pajak online, kerumitan persiapan dokumen untuk lapor pajak dengan SPT badan usaha dapat teratasi. Pasalnya, jika tidak menggunakan lapor pajak online, wajib pajak harus menyiapkan dokumen untuk lapor pajak.

Dokumen tersebut antara lain:

  • SPT 1771 Tahunan PPh Wajib Pajak Badan.
  • Laporan Neraca dan Laba Rugi Tahun Pajak badan serta rekonsiliasi laba rugi fiskal.
  • Datar Perhitungan Penyusutan.
  • Daftar Peredaran Bruto dan Pembayaran.
  • Perhitungan kompensasi kerugian dalam hal kerugian-kerugian tahun yang masih dapat dikompensasikan.
  • SSP PPh 29 apabila ada kekurangan pajak terhutang.
  • Lampiran lain yang dianggap perlu untuk menjelaskan perhitungan besarnya PPh 25.

Dengan membawa dokumen tersebut, Anda bisa langsung menuju ke Kantor Pajak Pratama(KPP) terdekat dan menuju loket pajak badan.

Kemudahan Lapor Pajak Usaha dengan Bantuan Accurate Online

accurate online

Di era digital ini akan lebih mudah jika Anda melapor pajak usaha dengan bantuan Accurate Online ini. Hal ini disebabkan Accurate online merupakan software akuntansi berbasis online, menggunakan teknologi Cloud computing. Dengan demikian, produk software ini bisa diakses dari mana saja menggunakan smartphone Anda.

Dengan menggunakan Accurate online Anda akan mendapatkan manfaat sebagai berikut.

  • Lebih mudah mengelola pekerjaan pembukuan perusahaan.
  • Membuat laporan pajak tanpa perlu melakukan input berulang seperti e-Faktur, bukti potong PPh23, PPh badan.
  • Membuat pekerjaan Anda lebih efisien.
  • Dapat mengontrol pekerjaan pembukuan perusahaan kapan saja dan di mana saja.

Secara khusus inilah yang ditawarkan oleh Accurate Online agar Anda mendapatkan kemudahan pencatatan perpajakan terkait:

  1. SPT Masa PPN dan PPNBM :

  • Accurate online dapat menghitung PPN keluaran dan masukan serta PPN barang mewah.
  • Menggenerate File.CSV untuk diimpor ke e-Faktur Dirjen Pajak agar tidak terjadi penginputan ulang.
  1. Impor Faktur Pajak

Dapat mengimpor data faktur pajak yang sudah diunggah dan disetujui oleh Direktorat Jendral Pajak.

  1. Email Faktur Pajak

Dapat mengirimkan email secara langsung PPN keluaran dari penjualan pada customer.

  1. PPH PS.4 (2)

Dapat menghitung, menjurnal, serta mencetak surat pemberitahuan PPh PS4 (2).

  1. PPH Pasal 15

Dapat menghitung, menjurnal, dan mencetak surat pemberitahuan PPh Pasal 15.

  1. EPPH 23, 26 dan EPPH 1771

Ini Cara Membuat SPT Masa PPN/PPNBM pada Accurate Online

accurate online

Accurate Online memiliki fitur untuk membuat SPT Masa PPN/PPN Bm, yang berfungsi untuk melaporkan PPN dan PPN Bm keluaran dan masukan selama satu periode demi kepentingan pajak badan usaha. Fitur ini dapat menghasilkan file CSV yang dipakai untuk melaporkan melalui e-Faktur.

Inilah langkah-langkah untuk membuat SPT Masa PPN/PPN Bm:

  1. Mengeklik menu laporan SPT Masa PPN/PPN Bm.
  2. Memilih periode pajak yang akan dilaporkan.
  3. Memilih tipe pelaporan yang akan dilaporkan yaitu Pajak Masukan, Pajak Keluaran atau Pajak Masukan dan Keluaran.
  4. Apabila terdapat keperluan mengubah informasi kode dokumen atau tipe pajak, klik 1x pada transaksi yang akan diubah dan akan muncul kotak informasi untuk pengubahan informasi tersebut.
  5. Setelah dilakukan penyesuaian terhadap semua transaksi, klik pilihan e-Faktur di pojok kanan atas untuk dapat melakukan ekspor data CSV dari Accurate Online. Data CSV ini akan dipakai untuk impor transaksi pada aplikasi e-Faktur dari Dirjen Pajak.
  6. Pilih “unduh semua” atau pilihan masing-masing transaksi sesuai dengan pilihan yang ada di Accurate Online untuk ekspor transaksi CSV ini.
  7. Setelah itu file ekspor transaksi e-Faktur akan terunduh dan tersimpan di alamat penyimpanan download pada komputer Anda.

Sanksi Telat Bayar Pajak

accurate online

Seperti kita ketahui wajib pajak badan atau perusahaan yang telat melaporkan SPT dengan batasnya pada akhir April, akan dikenai sanksi yang siap menanti. Terdapat tiga kewajiban wajib pajak setiap warga negara, yaitu menghitung, membayar, dan melaporkan pajak.

Jika kewajiban tersebut tidak dilakukan akan ada konsekuensi hukum yang menanti. Khusus pada kasus pelaporan pajak, sanksi yang dikenakan terbilang lebih longgar, hanya berupa denda. Namun, untuk kasus yang lebih berat seperti tidak membayar pajak sanksi bisa denda atau pidana.

Sudah ada undang-undang Ketentuan umum Perpajakan (KUP) bila Anda mengalami keterlambatan melaporkan SPT tahun ini. Pasal 7 ayat 1 UU KUP besaran denda setiap jenis SPT atau pelaporan pajak.

Denda-denda yang Menanti jika Telat Bayar Pajak

accurate online

Perlu diketahui bahwa pajak badan terdiri dari PPn dan PPh yang terpecah menjadi beberapa pasal antara lain:

  • PPh (Pajak Penghasilan) yaitu PPh 21, 22,23, 25, 26, 29, PPh 4 ayat 2.
  • PPN (Pajak Pertambahan nilai) yaitu pajak yang dipotong akibat adanya transaksi barang dan jasa kena pajak di Indonesia.

SPT Masa merupakan SPT yang dilaporkan di masa tertentu atau bulanan.

Terdapat 9 jenis SPT Masa meliputi PPh:

  • Pasal 21, Pajak penghasilan PPh 21 ini merupakan jenis pajak yang dikenakan terhadap penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lain yang diterima oleh pegawai, bukan pegawai, mantan pegawai, penerima pesangon.
  • Pasal 22, Pajak penghasilan pasal 22 dikenakan pada badan-badan usaha tertentu, baik milik pemerintah maupun swasta yang melakukan kegiatan perdagangan ekspor, impor, dan reimpor.
  • Pasal 23, Pajak yang dikenakan pada penghasilan atas modal, penyerahan jasa atau hadiah, dan penghargaan lain, selain yang telah dipotong pada PPh Pasal 21. Penghasilan jenis ini umumnya terjadi saat ada transaksi antara dua pihak.
  • Pasal 25, Pembayaran Pajak Penghasilan secara angsuran dengan tujuan untuk meringankan beban Wajib Pajak. Hal ini mengingat bahwa pajak yang terutang harus dilunasi dalam waktu satu tahun. Sedangkan pembayarannya tidak dapat diwakilkan, harus dilakukan sendiri.
  • Pasal 26, Pajak penghasilan yang dikenakan atas penghasilan yang diterima wajib pajak luar negeri dari Indonesia selain bentuk usaha tetap (BUT) di Indonesia.
  • Pasal 4 ayat2, sering disebut sebagai PPh final merupakan pajak yang dikenakan pada wajib pajak badan maupun wajib pajak pribadi atas beberapa jenis penghasilan yang mereka dapatkan dan pemotongan pajaknya bersifat final. Tarif PPh ini berbeda-beda untuk setiap jenis penghasilannya.
  • Pasal 15, merupakan jenis pajak penghasilan yang dikenakan atau dipungut dari wajib pajak yang bergerak pada industri pelayaran, penerbangan internasional, dan perusahaan asuransi asing.
  • PPn Bm, yaitu Pajak Penjualan Atas Barang Mewah atau disebut Pajak Barang Mewah, merupakan pajak yang dikenakan atas transaksi Barang Kena Pajak yang tergolong mewah, baik yang diproduksi di dalam negeri maupun yang diimpor.
  • Serta Pemungut PPN. Bagi pemungut PPN, pemerintah menetapkan mekanisme pemungutan pajak yang berbeda dibandingkan mekanisme pemungutan PPN umumnya. Pemungut PPn dan PPnBm ini dari kalangan bendaharawan pemerintah yaitu pejabat yang ditunjuk menteri atau ketua lembaga sebagai bendahara, Dirjen Perbendaharaan, serta Bendahara pemerintah pusat dan daerah.
  • Untuk masa pajak SPT PPN atau Pajak Pertambahan Nilai besaran dendanya adalah Rp500 ribu untuk setiap Masa Pajak. Sedangkan besaran denda SPT masa lain sebesar Rp100 ribu untuk setiap Masa Pajak.
  • SPT tahunan yaitu SPT yang digunakan untuk pelaporan tahunan untuk badan dendanya sebesar Rp1 juta/tahun pajak.

Demikianlah manfaat Software Accurate online beserta penjelasannya. Dengan Software Accurate ini, Anda dapat memantau, membuat, serta memproses pajak perusahaan Anda dengan lebih mudah kapan saja dan di mana saja.

Lalu siapa yang harus menggunakan Accurate online ini? Accurate Online dapat membantu perusahaan perorangan dan perusahaan multi cabang. Bahkan produk ini telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu perusahaan, 206 partner SMU/SMK, serta 78 partner universitas.

Nah, jika Anda tertarik sebelum memutuskan untuk membeli Software Accurate, Anda dapat mencoba softwarenya secara gratis selama sebulan. Software ini bisa Anda dapatkan di ABCpalem.com sebagai dealer resminya.

Data hasil percobaan bisa Anda isi sesuai dengan data asli, sehingga tinggal melanjutkan datanya saja bila Anda telah melakukan pembelian software Accurate ini. Namun, jika memang dibutuhkan, Anda pun bisa membuat data yang baru.

Jadi, segera manfaatkan Software Accurate Online ini agar pembayaran pajak online usaha Anda berjalan lancar. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari sanksi yang menanti apabila telat bayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top