Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

Ingin Sukses Berbisnis dengan Implementasi Software Akuntansi, Perhatikan Kiat-kiatnya

ABC Palem > Accurate Online  > Ingin Sukses Berbisnis dengan Implementasi Software Akuntansi, Perhatikan Kiat-kiatnya
Software Akuntansi

Ingin Sukses Berbisnis dengan Implementasi Software Akuntansi, Perhatikan Kiat-kiatnya

Akuntansi tidak dapat dilepaskan dari bisnis di bidang apa pun, baik besar maupun kecil. Karena akuntansi digunakan sebagai dasar dalam pembuatan keputusan bisnis oleh pengusaha agar bisnis semakin berkembang. Pengusaha memerlukan informasi dari laporan keuangan untuk memperkecil bahkan menghilangkan risiko yang muncul karena pengambilan keputusan yang salah. Software akuntansi saat ini menjadi solusi untuk menunjang kebutuhan pengusaha.

Perangkat lunak akuntansi akan memberikan dampak yang baik jika diimplementasikan dengan tepat. Untuk mengetahui lebih jauh tentang implementasi software akuntansi dalam perusahaan, simak ulasan berikut.

Pengertian Software Akuntansi Secara Umum

Software Akuntansi

ABC Palem

Software akuntansi merupakan program komputer yang diciptakan khusus untuk mengumpulkan data transaksi dalam perusahaan kemudian memproses menjadi jurnal akuntansi dan laporan keuangan yang diperlukan perusahaan. Perangkat lunak tersebut bekerja dengan sistem manajemen database. Sehingga pengguna dapat bekerja bersama dalam satu database dan saling memperbarui data tanpa mengganggu pekerjaan masing-masing.

Di awal kemunculannya, software akuntansi belum begitu banyak di Indonesia, tetapi sudah ada beberapa perangkat lunak pesanan khusus yang diterapkan di beberapa perusahan menengah ke atas. Meski harganya sangat mahal, bahkan dapat mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah, software akuntansi diminati karena keakuratannya dan mampu menghasilkan laporan keuangan lengkap untuk menunjang perkembangan perusahaan.

Lantaran harga perangkat lunak akuntansi pesanan khusus dinilai sangat mahal, saat ini pengembang berusaha membuat software akuntansi paket yang bisa didapat dengan harga murah. Software paket diciptakan dengan fitur utama mengacu kebutuhan umum semua perusahaan. Dalam perkembangannya perusahaan pengembang akan terus membenahi software berdasarkan peraturan standar akuntansi keuangan yang ada.

Kelebihan dan Kekurangan Software Akuntansi Paket

Software Akuntansi

ABC Palem

Software akuntansi paket merupakan perangkat lunak akuntansi diproduksi secara massal untuk kebutuhan umum, sehingga mampu menjangkau pengguna lebih banyak. Pengguna di mana pun akan memperoleh fitur dan cara penggunaan yang sama. Karena diciptakan untuk kebutuhan umum, fitur tersebut tidak dapat dimodifikasi. Namun, tersedia layanan purna jual yang bersedia mengatasi masalah yang dihadapi pengguna dan mengubah software sesuai dengan keperluan perusahaan.

Selain itu, ciri khas software akuntansi paket yaitu didesain ramah pengguna. Dengan demikian, software dapat dioperasikan oleh karyawan atau pemilik perusahaan yang bukan ahli akuntansi, mulai dari cara melakukan input data hingga menghasilkan laporan keuangan.

Meski demikian, software akuntansi paket memiliki kelemahan yaitu karena fitur dan modul tidak dapat diubah, pengguna harus mengikuti fitur yang sudah ada. Karena harganya cukup terjangkau, biasanya dalam pembelian belum termasuk jasa training untuk mengimplementasikan software. Oleh sebab itu, pengguna perlu membeli jasa training terpisah yang umumnya tidak murah.

3 Software Akuntansi Teratas Paling Banyak Dipakai Perusahaan di Indonesia

Seiring naiknya kebutuhan akan software akuntansi di Indonesia, beragam perangkat lunak untuk pengelolaan keuangan pun bermunculan. Namun, di Indonesia hanya segelintir software paket yang paling banyak digunakan yaitu:

Accurate

Software Akuntansi

ABC Palem

Accurate merupakan software akuntansi produksi Indonesia yang dikembangkan oleh PT Cipta Piranti Sejahtera. Sejak awal kemunculannya di tahun 2000 hingga akhir 2017 Accurate telah memiliki pengguna lebih dari 300.000 perusahaan di Indonesia. Tak hanya itu, Accurate juga diterapkan pada kurikulum praktikum lab akuntansi di lebih dari 70 perguruan tinggi terkemuka dan ratusan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia.

Kini, Accurate sudah meluncurkan software dalam 2 platform yaitu Accurate Online dan Accurate Desktop yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk perusahaan dengan satu kantor saja, software Accurate Desktop paling cocok digunakan, sementara untuk perusahaan yang memiliki beberapa cabang dan memerlukan pemantauan pimpinan dari luar, lebih cocok menggunakan Accurate Online. Software akuntansi ini menyediakan versi trial, sehingga Anda dapat mencobanya secara gratis sebelum membelinya. Karena keakuratan, kualitas, dan sederet kelebihannya Accurate pun berhasil mengantongi Top Brand Awards pada tahun 2017. Program ini bisa Anda dapatkan di abcpalem.com sebagai mitra resmi PT Cipta Piranti Sejahtera.

Zahir Accounting

Software Akuntansi

ABC Palem

Zahir Accounting merupakan salah satu software akuntansi dari Malaysia. Fitur yang ditawarkan oleh Zahir Accounting tidak jauh berbeda dengan Accurate. Namun, keduanya memiliki perbedaan, Accurate dijual dalam bentuk paket utuh, sementara Zahir menjual software per modul yang dibutuhkan oleh perusahaan. Contohnya, sebuah perusahaan memerlukan modul persediaan, maka Zahir dapat menjual modul persediaan saja.

Zahir menjual produknya dalam bentuk dongle atau stik USB yang dicolokkan ke komputer seperti flash disk untuk mengontrol penggunaan lisensi. Berbeda dengan Accurate yang hanya perlu mendaftarkan nomor kode lisensi ke dalam perangkat lunak. Selain itu, Zahir tidak memiliki fitur penghitungan biaya per jam dan per buruh pada akuntansi biaya seperti Accurate.

Myob Accounting

Software AKuntansi

ABC Palem

Myob Accounting merupakan software akuntansi buatan Australia yang dapat dikatakan pionir perangkat lunak akuntansi di Indonesia. Myob sudah hadir terlebih dahulu dibandingkan kedua software di atas. Dengan demikian Myob telah lebih dahulu digunakan di sejumlah perusahaan dan institusi pendidikan di Indonesia sebagai alat praktikum. Namun, setelah Accurate hadir ke pasaran, banyak perusahaan yang beralih ke sana lantaran respons Accurate lebih cepat dalam melakukan pembaruan terkait peraturan akuntansi dan perpajakan yang berlaku.

Persiapan Implementasi Software Akuntansi

Pada usaha di level pemula, implementasi software akuntansi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar sebagai berikut.

  • Pembuatan data perusahaan
  • Penentuan periode pembukuan
  • Penentuan standar akuntansi
  • Pembuatan data master pada software akuntansi
  • Penetapan saldo awal
  • Perekapan data transaksi
  • Pembuatan laporan

Tahap-tahap tersebut sesuai untuk perusahaan yang baru menerapkan sistem komputerisasi, karena tidak memerlukan waktu lama. Untuk menjalankan implementasi software akuntansi dalam perusahaan, beberapa hal yang harus disiapkan yaitu:

  1. Sumber Daya Manusia yang Terampil

Software Akuntansi

ABC Palem

Untuk menerapkan software akuntansi pada sistem pencatatan transaksi perusahaan, harus ada staf yang mempunyai keterampilan memadai untuk menjalankannya. Syarat yang utama yaitu mempunyai pengetahuan tentang operasional sistem dan pengetahuan dasar mengenai software dan hardware yang akan digunakan, di samping mahir dalam pencatatan transaksi dan pembukuan.

Tenaga kerja diperlukan untuk membantu input data ke software, melakukan pemeriksaan data, dan membuat laporan dalam format yang diperlukan. Tenaga yang dibutuhkan meliputi:

  • Administrasi bagian input data.
  • Supervisor akunting, bertugas mengontrol data dan menyajikan dalam bentuk laporan yang dapat dipahami oleh pemangku kepentingan.
  • Staf IT, tenaga kerja yang memiliki keahlian dalam bidang software, hardware, dan jaringan komputer serta internet.
  1. Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Pendukung

Software Akuntansi

ABC Palem

Supaya dapat menjalankan sistem komputerisasi, dibutuhkan pendukung berupa perangkat keras dan lunak, instalasi software, dan jaringan internet yang stabil. Anda harus memilih software akuntansi yang ideal untuk semua jenis usaha serta memiliki kelebihan lain seperti:

  • Sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntasi Keuangan (PSAK) dan perpajakan di Indonesia. Program untuk mengatur keuangan perusahaan harus responsif terhadap peraturan perundang-undangan terkait di Indonesia untuk mempermudah perhitungan pajak.
  • Telah teruji dan diimplementasikan oleh banyak perusahaan.
  • Mudah digunakan, terutama oleh orang yang memiliki pengetahuan terbatas di bidang akuntansi.
  • Database dapat dibuat dalam jumlah banyak. Pilihlah software yang dapat mendukung beberapa database tanpa harus membeli program baru. Sehingga menghemat anggaran pembelian software.

Software dengan sederet kelebihan di atas salah satunya Accurate. Di samping keunggulan tersebut, Accurate juga terjangkau oleh pengusaha UKM. Oleh sebab itu, software akuntansi ini sangat sesuai untuk usaha rintisan atau usaha yang baru didirikan. Dengan implementasi yang tepat, Accurate dapat mengeliminasi beberapa proses seperti menjurnal transaksi, penghitungan stok dan utang piutang, posting ke buku besar, dan pembuatan neraca lajur.

Selain software, infrastruktur yang diperlukan yaitu:

  • Komputer client dan sistem operasinya. Pastikan komputer yang disediakan sesuai dengan spesifikasi software akuntansi tersebut.
  • Komputer server, jika software akuntansi yang Anda gunakan mendukung fitur multi user dan dapat digunakan oleh lebih dari 5 pengguna.

Jika software akuntansi Anda akan dijalankan oleh beberapa user, harus menyediakan kabel jaringan komputer atau LAN (Local Area Network).

  1. Data yang Lengkap

Software Akuntansi

ABC Palem

Kompleksitas perusahaan yang baru berjalan dan langsung menggunakan software akuntansi berbeda dengan perusahaan yang sudah berjalan dan sebelumnya tidak menggunakannya. Untuk mengatasinya, perusahaan yang telah berjalan perlu melakukan persiapan tambahan supaya informasi yang didapat dari software dapat akurat.

Untuk perusahaan yang sudah berjalan, tentukan dahulu tanggal mulai atau cut off. Tanggal ini digunakan sebagai awal input data transaksi ke dalam perangkat lunak. Biasanya yang digunakan adalah tanggal awal periode atau setelah tutup buku. Selanjutnya, kumpulkan data per tanggal cut off yang meliputi:

  • Sales invoice dan nilai serta tanggal jatuh temponya.
  • Purchase invoice beserta nilai dan tanggal jatuhnya tempo.
  • Data stok lengkap.
  • Data akun lengkap.
  • Data aset lengkap.
  1. Sediakan Waktu Pemasangan

Waktu yang diperlukan untuk instalasi software akuntansi dari awal hingga dapat berjalan kira-kira 1 hingga 3 bulan. Namun, tak jarang instalasi software memakan waktu lebih lama dari perkiraan. Jadi, pastikan Anda menyediakan waktu yang cukup dan persiapan yang memadai agar software akuntansi berjalan dengan baik.

  1. Lakukan Uji Coba

Pada awal tahap implementasi, uji coba sangat penting. Setelah melakukan pemasangan dan mendapatkan pelatihan dari tim penyedia software, lakukan uji coba dengan staf terkait. Ambil evaluasi terhadap kinerja perangkat lunak agar lebih baik lagi ke depannya.

  1. Evaluasi Hasil Implementasi

Terakhir, tinjau kembali dari beberapa sisi terkait program yang sudah diterapkan. Pilih fitur-fitur atau bagian yang perlu dilatih ulang, serta memilih pegawai yang berkompeten untuk bekerja dengan software akuntansi tersebut.

Selain keenam poin penting di atas, komitmen Anda sebagai pemilik perusahaan sangat penting untuk menunjang keberhasilan implementasi software akuntansi. Meski tidak terlalu paham tentang akuntansi, Anda harus belajar memahami perbedaan bisnis ketika belum menggunakan dan setelah menggunakan software akuntansi.

Tanda-tanda Implementasi Software Akuntansi dalam Bisnis Anda Sukses

Setelah melakukan implementasi software akuntansi dalam bisnis, Anda perlu melakukan sejumlah pengamatan dan penilaian untuk membuktikan kinerja software tersebut. Implementasi software akuntansi yang berhasil ditunjukkan dengan tanda-tanda sebagai berikut.

  1. Proses Kerja Akuntansi Berjalan Mudah dan Otomatis

Software Akuntansi

ABC Palem

Implementasi software akuntansi yang berhasil terlihat dari kondisi keuangan yang mudah diketahui kapan saja. Manajemen keuangan perusahaan lebih rapi dan berjalan secara otomatis. Proses pencatatan, identifikasi, hingga penyajian data terkait transaksi pun menjadi lebih mudah. Selain itu, pembacaan informasi keuangan untuk memprediksi dan memperkirakan potensi perusahaan serta pencapaian pengambilan laba juga tidak rumit.

Software akuntansi bekerja menyediakan data-data secara lengkap, sehingga pengelolaan utang piutang pun semakin mudah. Tak hanya itu, pengelolaan stok barang pun dapat berjalan otomatis seiring penerapan perangkat lunak tersebut. Pekerjaan karyawan pun akan menjadi jelas, karena tidak setiap orang dapat mengakses software.

  1. Laporan Keuangan Langsung Dapat Disajikan

Software AKuntansi

ABC Palem

Menggunakan software akuntansi, data keuangan dapat disajikan dalam waktu singkat dan cepat. Data pun bersifat akurat dan terukur serta mudah disajikan, sehingga dapat dimonitor sewaktu-waktu. Data yang didapat juga bersifat detail sehingga dapat dipergunakan untuk menyusun laporan keuangan internal dan eksternal perusahaan. Hanya dengan melakukan input data, software akan bekerja menyajikannya secara cepat.

  1. Pengelolaan Keuangan Lebih Cepat dan Efisien

Umumnya, pekerjaan pengurusan masalah keuangan memerlukan waktu cukup lama. Namun, dengan software akuntansi, pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat serta efisien. Bekerja pun menjadi lebih menyenangkan karena tidak perlu membaca laporan keuangan manual. Implementasi software akuntansi sangat cocok untuk dilakukan dalam berbagai bidang usaha mulai dari manufaktur, perdagangan, hingga usaha di bidang jasa. Pengoperasiannya mudah dan dapat diajarkan kepada staf tanpa perlu pengetahuan mendalam di bidang akuntansi.

  1. Akses Informasi di Cabang-cabang Perusahaan Berjalan Mudah

Software Akuntansi

ABC Palem

Perusahaan yang memiliki banyak cabang umumnya lebih sulit mengelola keuangan daripada perusahaan yang tidak memiliki cabang. Akan tetapi, lewat pemanfaatan software akuntansi yang tepat, informasi keuangan antar cabang dan pusat dapat diintegrasikan. Tanda suksesnya implementasi software akuntansi untuk cabang-cabang perusahaan yaitu perusahaan tidak lagi repot mengelola keuangan, karena mempunyai sistem multi gudang yang bisa diakses dari satu komputer.

Informasi bisnis yang diperlukan oleh perusahaan dapat diakses kapan saja secara real-time dan online. Mulai dari input data, pemantauan data pelanggan, data pemasok barang, data inventaris, data-data aktiva, editing, otorisasi, hingga pembacaan laporan di berbagai cabang perusahaan. Karyawan pun tidak lagi susah melakukan input data dan alur kerjanya dapat berjalan sesuai standar operasi perusahaan yang sudah ditentukan.

  1. Biaya Operasional yang Diperlukan Semakin Kecil

Salah satu indikasi suksesnya perusahaan menggunakan software akuntansi yaitu biaya yang dikeluarkan perusahaan cenderung menurun. Hal ini dikarenakan ada pengurangan dari segi sumber daya manusia yang diperlukan untuk mengelola keuangan. Idealnya, sebuah perusahaan memerlukan paling sedikit tiga orang akuntan untuk mengatur arus kas dan pembuatan laporan keuangan. Akan tetapi, dengan penerapan software akuntansi, jumlah tenaga ahli akuntansi dapat dikurangi.

Karyawan untuk melakukan pembukuan keuangan manual juga dapat dialihkan ke bagian lain, sehingga penggunaan sumber daya manusia pun lebih efisien. Hal ini akan berdampak pada berkurangnya anggaran untuk membayar gaji karyawan, sehingga pengeluaran pun dapat dipangkas. Dengan demikian, kerugian-kerugian yang terjadi sebelum implementasi software dapat dikurangi. Jika risiko kehilangan anggaran lebih kecil, keuntungan pun semakin meningkat.

Itulah ulasan mengenai implementasi software akuntansi dalam perusahaan. Berpindah dari pencatatan manual menuju software akuntansi adalah pilihan bijak karena data dapat disajikan secara cepat, akurat, dan real-time. Dengan demikian, Anda perlu melakukan serangkaian persiapan apabila akan menggunakan software akuntansi. Salah satunya membeli software Accurate melalui website atau agen terdekat abcpalem.com.

Admin
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website