logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

Membuat SPT Masa PPN Kini Semakin Mudah dan Praktis dengan Accurate

ABC Palem > Accurate Online  > Membuat SPT Masa PPN Kini Semakin Mudah dan Praktis dengan Accurate
spt masa ppn

Membuat SPT Masa PPN Kini Semakin Mudah dan Praktis dengan Accurate

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) merupakan pungutan dalam kegiatan transaksi jual beli barang atau jasa yang dilakukan oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP). Sebagai perusahaan yang terdaftar menjadi Wajib Pajak, Anda tentu harus memungut pajak dari setiap transaksi jual beli yang Anda lakukan dari konsumen akhir.

Namun, selain itu, Anda juga berkewajiban untuk melaporkan PPN ke Dirjen Pajak setiap bulannya. Dalam hal ini, maka Anda harus membuat Surat Pemberitahuan Masa PPN atau yang disingkat SPT Masa PPN.

SPT Masa PPN sendiri merupakan sebuah formulir yang digunakan oleh Pengusaha Kena Pajak untuk melaporkan pembayaran atau pelunasan PPN. Nantinya, formulir ini wajib diserahkan ke Dirjen Pajak paling lambat pada akhir bulan (tanggal 30 atau 31). Apabila terlambat melaporkan, maka Anda akan dikenakan denda sebesar Rp500.000.

Accurate, Solusi Pelaporan Pajak di Era Digital

spt masa ppn
abcpalem.com

Bagi perusahaan, pengurusan pembayaran dan pelaporan pajak seperti ini terkadang menjadi PR tersendiri karena prosesnya yang rumit dan memakan waktu. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir karena telah hadir software pencatatan pembukuan yang dapat memudahkan proses pelaporan pajak, yaitu Accurate.

Dengan sistem yang terintegrasi dan terhubung dengan internet, Accurate akan membantu Anda membuat SPT Pajak dan melaporkannya langsung ke Dirjen Pajak. Jadi, Anda tidak perlu datang ke Kantor Pajak Pratama terdekat untuk mengurus pelaporan pajak secara manual.

Langkah Mudah Membuat SPT Masa PPN Menggunakan Accurate

spt masa ppn
solusiukm.com

Pembuatan SPT Masa PPN di software Accurate terbilang sangat praktis dan mudah.  Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Klik menu Laporan, lalu pilih SPT PPN/PPNBM
  2. Pilih PPN Masa, lalu masukkan periode pajak yang ingin Anda laporkan
  3. Pilih tipe pelaporan pajak yang ingin Anda laporkan. Beberapa pilihan tipe pelaporan pajak antara lain ada Pajak Masukan, Pajak Keluaran, serta Pajak Masukan dan Keluaran. Apabila Anda memilih Pajak Masukan dan Keluaran, aplikasi akan menampilkan transaksi Pajak Masukan dan Pajak Keluaran di laporan SPT Masa
  4. Apabila ingin mengubah informasi dari daftar transaksi, Anda bisa mengklik satu kali pada transaksi yang akan diubah datanya.
  5. Setelah semua transaksi sudah benar dan sesuai, selanjutnya Anda bisa mengklik tombol e-faktur yang terletak di pojok kanan atas untuk mengekspor file CSV. File CSV ini nantinya diperlukan untuk impor transaksi ketika Anda menyetorkan laporan di aplikasi e-faktur Dirjen Pajak
  6. Ketika mengekspor file CSV, Anda bisa memilih Unduh Semua untuk mengunduh semua file atau memilih masing-masing transaksi sesuai dengan pilihan yang ada di software Accurate

Demikianlah langkah-langkah praktis membuat SPT Masa PPN menggunakan Accurate. Dengan adanya kemudahan tersebut, maka Anda tidak perlu bingung lagi dalam membuat pelaporan PPN setiap bulannya. Bisnis pastinya juga akan berjalan dengan lancar dan terkontrol karena Anda bisa lebih fokus melakukan langkah-langkah praktis untuk pengembangan bisnis.

Apabila Anda ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai Accurate Online dan berencana menggunakan software tersebut sebagai solusi pembukuan dan pencatatan pajak perusahaan, kunjungi saja  www.abcpalem.com. Semoga bermanfaat.

Admin
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website