skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

Tertarik Jualan Sayuran Online? Simak 3 Cara Jualan Sayur Secara Online dan Cara Menjualnya

Jualan sayur secara online dalam beberapa tahun terakhir ini sedang sangat populer di Indonesia dan juga banyak dilakukan oleh para anak mudah di Indonesia. Terlebih lagi, sayur adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia, sehingga sayuran menjadi salah satu sumber makanan orang Indonesia, sehingga sayuran selalu dicari oleh banyak orang untuk dikonsumsi. Nah, untuk Anda yang ingin mulai menjadi wirausaha, maka Anda harus mencoba untuk jualan sayuran. Kenapa harus mencoba jualan sayuran? Karena bisnis ini bisa dibilang tidak terlalu sulit untuk dilakukan dan tidak memerlukan modal yang banyak. Tapi, Anda harus bisa menekuni bidang dalam menanam sayuran, karena akan lebih baik bila Anda menanamnya sendiri.

Cara Jualan Sayuran Online

Dalam melakukan jualan sayur, Anda bisa memiliki banyak opsi, seperti menjual sayur dalam keadaan mentah ataupun matang. Keduanya tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Anda bisa mulai berbelanja ke pasar pada jam-jam yang memang masih pagi atau dini hari, lalu Anda bias menjualnya lagi di lapak Anda. Cara menjualnya pun bisa secara online ataupun offline. Bila Anda lebih memilih offline, maka Anda bisa melakukan promosi dari mulut ke mulut, dan memastikan tetangga Anda sudah mengetahui bahwa Anda berjualan sayur. Dengan hanya modal satu juta rupiah, sebenarnya Anda sudah bisa memperoleh banyak sekali jenis sayur yang bisa Anda jual kembali. Selain itu, risiko yang ada didalamnya juga sangat minim, karena sekalipun tidak laku, Anda bisa menyimpannya di lemari es atau memasaknya untuk bahan masakan utama Anda di rumah.

Bisnis ini juga tidak bisa dianggap sebelah mata, karena nilai keuntungannya yang juga sangat lumayan. Untuk Anda yang baru mencoba membuka usaha ini, maka tidak ada salahnya untuk mencoba jualan sayur di depan rumah Anda. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk memulainya dengan modal yang lebih minim terlebih dahulu, Anda bisa sambil mempelajari sayuran apa yang lebih diinginkan oleh para pembeli, dan menjadi favorit para pembeli. Agar tidak lebih singkat lagi, mari kita langsung membahas cara tentang cara berbisnis jualan sayur di bawah ini.

1. Cara Jualan Sayur – Memilih Sayuran Sebelum Dijual

Sebelum jualan sayur, ada baiknya bagi Anda untuk memilih terlebih dahulu sayur yang ingin Anda jual. Untuk itu, pilihlah sayur dengan kondisi fisik yang baik dan sayuran dengan kondisi yang sedikit layu. Lalu, tempatkan kedua sayur tersebut pada dua tempat yang berbeda. Dalam hal ini, Anda bisa tetap menjual kedua sayur tersebut dengan harga yang berbeda.

2. Cara Jualan Sayur – Metode Pre-order Adalah yang Terbaik

Agar menghindari pembusukan pada sayur, maka Anda harus memesan sayur dengan menggunakan metode pre-order. Umumnya, diperlukan waktu selama 30 hari untuk melakukan pre-order. Kenapa? karena sayuran baru akan ditanam saat adanya pesanan. Dengan menggunakan cara ini, maka Anda tidak perlu khawatir lagi bila sayuran yang Anda kirim ke pelanggan menjadi kurang segar.

3. Cara Jualan Sayur – Carilah Penyuplai dengan yang Harga Murah

Bila Anda belum berani untuk menanam sayur sendiri, maka tidak ada salahnya untuk menjadi reseller jualan sayuranCarilah penyuplai yang mempunyai harga lebih murah dan usahakanlah berasal dari tangan pertama, tujuannya adalah agar tidak ada kenaikan harga dari tangan kedua dan juga tangan ketiga. Tentunya jangan terlalu tergiur juga dengan harga yang murah, Anda harus membandingkan dengan kualitas dari sayur tersebut. Bila harga murah tapi kualitasnya jelek, maka Anda harus mencari sayur yang lain dengan harga yang lebih mahal tapi dengan kualitas yang lebih baik.

4. Cara Jualan Sayur – Kemaslah Sayuran dengan Baik

Anda bisa meniru kemasan sayuran yang biasa dijual di supermarket atau minimarket, seperti dikemas dalam plastik wrap ataupun dengan menggunakan styrofoam. Hal tersebut dilakukan agar sayuran tetap bersih dan rapi. Selain itu, mengemas sayuran dengan baik dan menarik juga bisa mampu menarik minat konsumen, sehingga melakukan jualan sayur Anda bisa menjadi lebih cepat meraih kesuksesan.

5. Cara Jualan Sayur – Lapak Harus Selalu Bersih dan Rapi

Lapak yang bersih dan rapi tentunya akan sangat menentukan jualan sayuran segar Anda akan menjadi laku atau tidak. Karena tidak bisa kita pungkiri bersama, bahwa lapak yang bersih dan rapi juga bisa memikat hati para konsumen dan membuat mereka merasa lebih nyaman melakukan belanja sayur di tempat Anda. Selain menjaga kebersihan dan kerapihan lapak, Anda juga harus bisa menata sayuran yang akan Anda jual dengan posisi dan letak yang rapi agar konsumen mudah dalam memilih dan juga mengambil sayuran yang baik.

6. Cara Jualan Sayur – Berikanlah Harga yang Bersaing

Dalam berjualan sayur, hindari untuk memberikan harga yang terlalu mahal ataupun terlalu murah dari harga pasaran yang ada. Kenapa? karena harga menjadi tingkat penentu kesuksesan dalam bisnis, sehingga Anda harus bisa memberikan yang bersaing dengan tempat jualan lainnya.

7. Cara Jualan Sayur – Berikanlah Pelayanan yang Baik

Hal ini juga akan menjadi salah satu cara sukses dalam melakukan bisnis. Anda harus bisa memberikan pelayanan yang baik kepada para konsumennya. Tujuannya agar jualan sayur bisa berjalan lebih sukses. Selain itu, tujuannya juga agar mampu memberikan pelayanan yang baik kepada para konsumen dengan memberikan layanan online ataupun pesan antar.

8. Cara Jualan Sayur – Sediakan Beragam Jenis Sayuran

Lapak Anda akan menjadi lebih ramai didatangi oleh para konsumen bila Anda menyediakan berbagai jenis sayuran, tidak hanya satu jenis sayuran saja. Anda bisa menyediakan berbagai jenis sayuran hijau yang berwarna, seperti bayam, kangkung, sawi, kentang, sawi, terong, dll. Selain itu, Anda juga harus mampu menjual berbagai jenis bumbu masakan ataupun bahan makanan lainnya seperti bawang, daging, telur, tempe, cabai, beras, dan sebagainya agar bisa melengkapi dan serta membantu keuntungan dari lapak Anda. Bila Anda belum memiliki modal yang cukup untuk menyewa suatu warung, Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah Anda yang cukup luas dan strategis sebagai tempat jualan Anda. Selain itu, Anda juga bisa jualan sayur dengan cara berkeliling.

Cara Jualan Sayur Secara Online

1. Buat Akun Media Sosial

Dengan melakukan promosi di media sosial, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas di Internet. Oleh karena itu, cobalah untuk lebih cepat untuk membuat akun media sosial Anda, seperti Instagram dan Facebook, lalu berilah nama akun yang cukup menarik untuk bisnis Anda. Cobalah untuk upload foto yang jelas dan menarik untuk dilihat para konsumen, jangan lupa juga untuk bisa memberikan caption yang menggugah orang untuk membeli sayuran Anda.

2. Promosikan ke Tetangga, Teman, dan Keluarga

Setiap teman dan keluarga Anda pasti akan sangat senang saat Anda mempunyai bisnis baru, untuk itu segeralah informasikan kepada mereka terkait bisnis yang sedang Anda geluti. Jangan lupa juga untuk menawarkan kepada tetangga terdekat Anda untuk membeli sayuran yang Anda jual. Karena kemungkinan besar tetangga Anda akan menjadi langganan tetap Anda, karena jaraknya yang dekat. Selain itu, cobalah untuk menanyakan pendapat mereka terkait pengalaman membeli sayuran Anda, tujuannya adalah agar bisa Anda jadikan sebagai bahan evaluasi dan bisa untuk mengembangkan bisnis Anda.

3. Buka Toko di Marketplace

Anda wajib membuka toko di marketplace yang saat ini sedang terkenal, karena saat ini lebih banyak orang yang percaya berbelanja di sana. Sistem pre-order di sana juga lebih tertata dengan baik. Selain itu, adanya promo cashback dan free ongkir juga membuat lebih banyak orang untuk berbelanja di marketplace. Jangan lupa juga untuk rajin melakukan update stok sayuran dan merespon diskusi, chat ataupun pertanyaan lain dari pelanggan.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari kami tentang bisnis jualan sayur segar. Bisnis ini bisa Anda jadikan sebagai bisnis utama, bisnis sampingan, ataupun bisnis rumahan karena modal yang diperlukan tidak terlalu banyak dan sangat mudah untuk dijual, baik itu secara online ataupun offline. Selain itu, usahakan untuk terus mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran finansial bisnis Anda secara rapi di laporan arus kas pada laporan keuangan. Bila Anda kesulitan untuk melakukannya, maka cobalah untuk menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Software akuntansi ini akan membantu seluruh kegiatan akuntansi dan kegiatan membuat laporan keuangan, seperti membuat laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal dll.

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah mengakses laporan keuangan Anda dimana saja dan kapan saja, karena Accurate Online dikembangkan dengan sistem cloud computing yang aman dan terpercaya. Tertarik? Ayo gunakan Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari.

×