fbpx
skip to Main Content
Tips Membangun Bisnis Bengkel Yang Menguntungkan

Tips Membangun Bisnis Bengkel Yang Menguntungkan

Bagi banyak orang, memiliki bisnis adalah bagian dalam hidupnya dan jalan untuk mendapatkan pendapatan secara pribadi tanpa terikat.Jika Anda seorang mekanik atau bekerja untuk menjadi mekanik, mencapai impian itu mungkin dimulai dengan ide membuka bsinis bengkel otomotif  sendiri.

Anda dapat mengatur jam kerja, bekerja dengan pelanggan dan menentukan harga, mengkhususkan bengkel pada salah satu jenis kendaraan yang Anda bisa, dan mengambil kendali atas masa depankeuangan Anda.

Ketika Anda bekerja pada bengkel orang lain, penghasilan Anda mungkin berbatas pada gaji atau upah per jam. Saat Anda memiliki toko, satu-satunya batasan untung adalah kapasitas bengkel Anda. Sebelum Anda mulai mencari keuntungan  dari usaha bengkel Anda, perencanaan sangat penting. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda pikirkan sebelum membuka bengkel.

1. Dapatkan Pengalaman Terlebih Dahulu

Akan sulit bagi Anda untuk memulai suatu bisnis, namun tidak tahu apa yang akan Anda kerjakan nanti pada bisnis Anda, terutama jika bisis itu adalah sebuah bengkel yaang memerlukan penanganan berdasarkan skill. Anda harus mendapatkan pengalaman dalam memperbaiki mesin dari berbagai kendaraan.

Berbeda kendaraan kemungkinan akan berbeda karekteristik dan penanganan perbaikannya, belum lagi jika berbeda tahun pembuatan, akan ada banyak hal hal yang perlu Anda perhatikan. Akan lebih baik jika Anda bisa mengikuti pelatihan atau menjadi montir pada bengkel besar terlebih dahulu, dengan begitu Anda bisa mendapatkan pengalaman yang mumpuni.

2. Rancang Pembiayaan Usaha dengan Terperinci

Sebelum Anda menghabiskan uang untuk membuka bengkel Anda, Anda perlu mengetahui total biaya yang diproyeksikan untuk membangun dan mengoperasikan bengkel Anda. Jika tidak, Anda mungkin kehabisan dana sebelum mendapatkan pelanggan pertama Anda.

Meskipun tidak mungkin untuk memproyeksikan biaya tertentu hingge terperinci sebelumnya, buatlah daftar yang paling umum dan alat mahal mudah diprediksi seperti bangunan, kompresor angin atau alat bengkel lain yang harganya mahal.

3. Tentukan Spesialisasi Usaha Bengkel Anda

Dalam membuka usaha, akan lebih baik jika Anda memilih apa yang Anda kuasai, begitupun dengan usaha bengkel. Jika Anda sudah menguasai perbaiki mobil pabrikan Jepang, kemungkinan Anda akan sedikit kesulitan jika harus melakukan reparasi pada mobil pabrikan Eropa. Belum lagi jenis tertentu, misalnya sedan, truk, bus, atau lainnya.

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk menentukan spesialisasi pada usaha bengkel. Hal ini penting, karena Anda akan meembentuk pasar pelanggan Anda, dan hasil kerja bengkel Anda dipastikan akan lebih baik, karena Anda sudah terbiasa menangani kasus serupa dari waktu ke waktu. Reputasi bengkel Anda akan terbangun dengan baik

4. Rekrut Pegawai Terbaik

Jika Anda memiliki bengkel yang sangat kecil, Anda mungkin dapat melakukan semua pekerjaan sendiri, tetapi Anda mungkin masih membutuhkan setidaknya satu karyawan untuk menangani panggilan telepon dan pelanggan.

Tentunya Anda memiliki beberapa rencana dan ingin memaksimalkan pengembangan usaha lebih baik, dan akan membutuhkan mekanik tambahan untuk membantu servis kendaraan. Proses perekrutan harus dimulai setidaknya sebulan sebelum pembukaan usaha Anda, ini akan memberikan cukup waktu untuk memeriksa referensi, menemukan kandidat terbaik, dan negoisasi gaji.

5. Maksimalkan Pemasaran

Pemasaran adalah bagian besar lain untuk bisnis yang lebih baik. Pastikan untuk menjadwalkan Grand Opening, sehingga penduduk setempat bisa mampir dan melihat bisnis bengkel Anda.

Atau Anda mungkin ingin memberikan diskon khusus untuk hari tertentu atau minggu pertama  untuk mendapatakan lebih banyak pelanggan. Anda juga harus memiliki daftar harga dari setiap layanan yaang ada pada bengkel Anda sehingga Anda dapat memperkirakan potensi pendapatan Anda.

6. Gunakan Pembukuan yang Benar

Mencatat transaksi termasuk pembelian, penjualan, juga menghitung aset dari bisnis bengkel Anda adalah sesuatu yang penting dan harus Anda lakukan. Belum lagi masaalah perpajakan bagi bisnis Anda.

Masih banyak pemilik bisnis yang tidak menggunakan pembukuan pada saat mereka memulai suatu usaha, saat perusahaan tersebut sudah memiliki banyak transaksi, barulah mereka menggunakan pembukuan.  Padahal kenyataannya, banyak bisnis rintisan yang tidak bertahan lama sebelum bisnis tersebut besar dikarenakan mereka tidak menggunakan pembukuan sejak mendirikan bisnis.

Stigma bahwa pembukuan dan akuntansi itu susah menjadi anggapan bagi pemilik bisnis bahwa pembukuan memakan banyak waktu. Untuk membuat pembukuan lebih mudah, Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja Anda mau.

Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah dikembangkan sejak tahun 1999 dan telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pemilik bisnis. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau, sehinggan menjadikan Accurate menjadi software akuntansi terbaik peraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang.

Tidak percaya? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top