skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Aplikasi Laporan Keuangan untuk Bisnis

Aplikasi laporan keuangan dapat menghemat waktu berjam-jam dibandingkan jika Anda membuat laporan keuangan bisnis secara manual dan jauh lebih efisien daripada menggunakan spreadsheet. Aplikasi ini menghemat waktu Anda karena Anda tidak harus terus-menerus memasukkan kembali data dan angka yang berlebihan seperti nilai pesanan, data penjualan dan pembelian, nilai stok barang dan sejenisnya. Bisnis kecil yang memiliki persediaan dan banyak karyawan serta pelanggan akan menghemat waktu dan memiliki pencatatan yang lebih akurat dengan menggunakan aplikasi ini. Sebagian besar aplikasi laporan keuangan atau software akuntansi sangat mudah digunakan sehingga Anda tidak perlu memiliki orang yang berpengalaman dalam akuntansi atau pembuatan laporan keuangan untuk mengoperasikannya.

Fitur yang Harus ada dalam Aplikasi Laporan Keuangan

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang aplikasi apa yang terbaik untuk perusahaan Anda, pikirkan tentang fitur akuntansi apa yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda. Sebagian besar fitur keuangan bisnis kecil meliputi:

  • Pelacakan penjualan
  • Manajemen persediaan
  • Penganggaran
  • Estimasi keuangan
  • Pengelolaan kontak pelanggan
  • Daftar gaji
  • Pelaporan pajak bisnis
  • Persyaratan khusus industri

Apa yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Aplikasi Laporan Keuangan untuk Bisnis?

Sekarang setelah Anda memikirkan tentang apa yang Anda butuhkan dari perangkat laporan keuangan untuk bisnis Anda, berikut adalah beberapa pertimbangan lain untuk Anda pikirkan saat Anda memilih aplikasi yang memudahkan Anda untuk mengelola keuangan bisnis Anda:

1. Apakah aplikasi ini akan mengakomodir kebutuhan bisnis Anda saat berkembang nantinya?

Jika Anda adalah bisnis kecil yang mengalami pertumbuhan, Anda memerlukan aplikasi yang dapat berkembang bersama kebutuhan bisnis Anda. Saat berebcaba untuk menggunakan aplikasi keuangan, cari tahu apakah aplikasi tersebut memiliki kemampuan dan fitur  yang Anda perlukan nantinya. Saat bisnis tumbuh dan mempekerjakan karyawan, fitur yang biasa ditambahkan contohnya adalah fitur payroll. Pastikan aplikasi yang Anda pilih memiliki fitur terlengkap. Sekalipun bisnis Anda tidak menggunakan seluruh fitur itu saat ini, kemungkinan besar Anda akan menggunakannya siring pertumbuhan bisnis Anda.

2. Pastikan aplikasi pengelolaan keuangan tersebut terintegrasi dengan akun Bank Anda

Anda dapat menghemat banyak waktu dengan perbankan Anda untuk bisnis kecil Anda jika Anda dapat mengunduh transaksi dari bank Anda secara manual. Saat mempertimbangkan aplikasi laporan keuangan untuk bisnis Anda, periksa untuk melihat apakah produk tersebut memiliki fitur yang terintegrasi dengan akun Bank Anda.

3. Pilih aplikasi online atau desktop?

Apakah Anda ingin menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan bisnis di komputer desktop dengan lisensi terbatas untuk mengakses program atau Anda ingin aplikasi berbasis cloud yang berjalan dengan aman melalui browser Internet? Jika Anda ingin mengakses data dan catatan Anda dari banyak komputer, aplikasi laporan keuangan online sangat mudah digunakan dan direkomendasikan.

4. Apakah aplikasi tersebut memiliki fitur pembatasan pengguna?

Ketika lebih dari satu orang menggunakan aplikasi keuangan, satu individu mungkin memiliki akses penuh ke semua fungsi, tetapi yang lain mungkin hanya memiliki akses ke area entri data dan bukan laporan. Hal ini karena laporan keuangan adalah data perusahaan yang berisi informasi sensitif. Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk memilih aplikasi pengelolaan keuangan bisnis yang memiliki fitur pembatasan pengguna dan hak akses.

5. Apakah Anda bisa mencoba aplikasi tersebut secara gratis?

Cara terbaik untuk mengetahui apakah aplikasi laporan keuangan tersebut akan bekerja untuk bisnis Anda adalah dengan mencobanya. Banyak aplikasi keuangan dan software akuntansi memiliki uji coba gratis, panduan, dan tutorial, sehingga Anda dapat memahami seperti apa menggunakan program tersebut. Salah satunya adalah Accurate Online

6. Apakah aplikasi laporan keuangan ini bisa diakses secara selular?

Aplikasi laporan keuangan yang berbasis cloud namun bisa digunakan pada perangkat selular memungkinkan pelanggan mereka untuk mengakses catatan keuangan mereka melalui perangkat seluler mereka, dimanapun dan kapanpun. Ini memungkinkan pemilik usaha kecil untuk memeriksa data keuangan dan memasukkan biaya dari mana pun mereka bekerja.

7. Apakah fiturnya mudah digunakan?

Memastikan aplikasi laporan keuangan untuk bisnis Anda mudah digunakan sangat penting bagi pemilik usaha kecil yang mungkin tidak memiliki latar belakang akuntansi. Anda ingin fungsi akuntansi yang mendasar pada aplikasi pengelolaan keuangan bisnis Anda dan dapat dengan mudah memahami cara memasukkan data yang benar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memikirkan tentang seberapa mudah aplikasi pengelolaan keuangan yang dapat Anda akses:

  • Apakah aplikasi memungkinkan Anda mengirim pesanan pembelian dan faktur secara online atau melalui email?
  • Bisakah aplikasi keuangan tersebut terintegrasi dengan rekening bank Anda?
  • Bisakah aplikasi itu diintegrasikan dengan perangkat lunak lain yang sering Anda gunakan seperti aplikasi kasir, atau pengelolaan toko online
  • Bisakah aplikasi itu mengubah data dari program akuntansi atau database lain?
  • Apakah Anda dapat dengan mudah mengekstrak dan memigrasi data yang ada?

8. Pastikan aplikasi tersebut memiliki layanan dan dukungan pelanggan yang baik

Saat Anda memilih aplikasi pengelolaan keuangan dan data finansial untuk bisnis kecil Anda, pertimbangkan pengalaman layanan dan dukungan pelanggan. Anda ingin memastikan Anda memiliki akses ke layanan pelanggan, halaman bantuan yang dapat ditelusuri, demo, dan akun contoh untuk Anda mulai menggunakannya. Pastikan juga Anda dapat menghubungi  orang yang ahli ketika Anda menghadapi masalah yang dapat dijawab melalui sumber daya online. Layanan dan dukungan pelanggan yang baik adalah kunci untuk mendapatkan pengalaman sukses dengan program atau aplikasi laporan keuangan pada bisnis Anda.

Perlukah Anda Mempelajari Laporan Keuangan saat Menggunakan Aplikasi Laporan Keungan pada Bisnis?

Menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan bukan berarti Anda tidak harus mempelajari laporan keuangan, terutama cara membaca laporan tersebut. Di sisi lain, Anda harus memastikan bahwa bisnis Anda mematuhi praktik akuntansi dan pajak yang sah dan diterima. Menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan dan akuntansi hanya menyederhanakan tugas sehari-hari dalam bisnis di tangan akuntan Anda dan menghemat uang pada bisnis. Jika Anda memilih software akuntansi dan pengelolaan data finansial yang baik, Anda akan memiliki akses ke laporan bulanan, triwulanan, dan tahunan yang dapat Anda cetak atau kirimkan dengan aman secara online ke akuntan Anda. Konsultasikan dengan akuntan Anda untuk melihat laporan apa yang dibutuhkan dan membuat Anda dapat membuatnya dengan aplikasi yang Anda pilih.

Sebagai permulaan, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur laporan keuangan terlengkap di Indonesia yaitu Accurate Online. Dengan menggunakan Accurate Online, hanya tidak akan mendpatkan solusi pembukuan terbaik, tetapi juga fitur esensial dalam pengembangan bisnis seperti, payroll, penghitungan aset, smartlink ebanking, rekonsilisasi transaksi otomatis, multi gudang, multi cabang, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi. Buatlah proses pembukuan dan pembuatan laporan keuangan lebih mudah dengan Accurate Online yang bisa Anda coba secara gratis selama 30 hari.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×